FIBA Asia Cup 2022: Kemenangan atas Arab Saudi Tambah Kepercayaan Diri Timnas Basket Indonesia

Kepercayaan diri timnas basket Indonesia meningkat usai menang atas Arab Saudi di laga pembuka FIBA Asia Cup 2022.

oleh Thomas diperbarui 13 Jul 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2022, 18:30 WIB
Timnas Basket Indonesia Awali Laga Perdana di FIBA Asia Cup 2022 dengan Kemenangan
Pebasket Timnas Indonesia, Andakara Prastawa Dhyaksa (kanan) mencoba mengecoh pebasket Arab Saudi pada Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Timnas Basket Indonesia mengawali kiprah di FIBA Asia Cup 2022 dengan menundukkan Arab Saudi dengan skor 80-54. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas basket Indonesia sukses mengawali langkah di FIBA Asia Cup 2022 dengan cemerlang. Kemenangan atas Arab Saudi di laga pertama itu membuat pasukan Milos Pejic makin percaya diri. 

Seperti diketahui, Timnas Basket Indonesia menghajar Arab Saudi 80-54 di laga pertama Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan pada Selasa (12/7/2022). Kemenangan ini membuat Indonesia memuncaki klasemen Grup A. 

Hasil positif ini membuat peluang Indonesia memenuhi target masuk 8 besar FIBA Asia Cup 2022 semakin besar. Dengan masuk 8 besar maka Indonesia akan lolos ke putaran final FIBA World Cup 2023. 

Di laga kedua Indonesia akan berhadapan dengan Yordania pada Kamis (14/7/2022) sore WIB. Indonesia makin percaya diri menghadapi Yordania. 

"Kemenangan atas Arab Saudi merupakan suatu semangat tambahan yang luar biasa. Membuat tim semakin percaya diri. Harusnya kita bisa menang lawan Yordania jika melihat hitungannya," ujar Sekjen Perbasi Nirmala Dewi. 

Laga melawan Yordania juga jadi ajang balas dendam. Indonesia kalah 52-77 dari Yordania pada laga terakhir Kualifikasi FIBA World Cup 2023 pekan lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suporter

Ketum Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen Nirmala Dewi
Ketum Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen Nirmala Dewi

Kemenangan timnas Basket Indonesia atas Arab Saudi ini juga tak lepas dari dukungan luar biasa pecinta basket yang memadati Istora Senayan. Perbasi pun berterima kasih kepada fans. 

"Luar biasa seluruh laga Indonesia sudah habis tiketnya untuk spot terbaik. Ini dukungan luar biasa dari pecinta basket yang sangat mendukung kita," ucap Nirmala. 


Pertandingan

Bertanding dihadapan sekitar 5.000 penonton, Indonesia mengawali laga dengan baik. Pasukan Milos Pejic langsung tancap gas unggul 10-0. Delapan poin awal disumbangkan pemain naturalisasi Marques Bolden ditambah dua free throw Brandon Jawato.

Disiplin Indonesia saat bertahan membuat Arab Saudi mati kutu. Mereka tak bisa membuat angka di empat menit awal pertandingan. Indonesia terus mempertahankan ritme positif ini sampai kuarter pertama berakhir. Indonesia unggul 18-13.

Indonesia makin percaya diri di kuarter dua. Dunk dari Bolden dan layup Arki menjaga keunggulan Indonesia hingga pertengahan kuarter dua. 

Tembakan tiga angka Juan Laurent Kokodiputra dan jump shot Abraham Damar membuat Indonesia unggul sampai 13 poin dengan tersisa di bawah dua menit. 

Kuarter kedua akhirnya ditutup Indonesia dengan keunggulan 14 poin, 44-30 berkat dua tembakan bebas sempurna dari Brandon Jawato. 

Memasuki kuarter tiga Indonesia makin percaya diri. Alley-oop dunk dan tembakan tiga angka Bolden membuat Indonesia sempat unggul 19 poin. 

Kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan 16 poin untuk Indonesia setelah Abraham Damar Grahita melepaskan buzzer beater dua poin. Indonesia 61-45 Arab Saudi. 

 

 


Bolden

Sudah unggul jauh, Indonesia makin bermain lepas di kuarter empat. Giliran Prastawa yang tampil cemerlang di kuarter empat.

Pras menghasilkan empat angka beruntun dan membuat dua assists apik untuk diselesaikan oleh Derrick Michael dan Bolden dengan dunk guna membawa Indonesia unggul 24 poin. Indonesia akhirnya menutup laga dengan skor 80-54.

Bolden tampil begitu perkasa di laga ini dengan 32 poin, 16 rebound dan 6 blok shot. Damar finis dengan 13 angka. Prastawa juga main apik dengan 10 angka dan sembilan assists. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya