Kenangan Terindah Cafu di Piala Dunia dan Pujian untuk Qatar

Cafu mengaku sangat menantikan pertandingan Piala Dunia 2022. Menurutnya, ini akan menjadi versi unik dari Piala Dunia karena berlangsung di negara Timur Tengah dan bertepatan dengan musim dingin.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 09 Sep 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2022, 10:00 WIB
Mantan Pesepak Bola Dunia Hadiri Drawing Piala Dunia 2022 Qatar
Mantan pesepak bola Brasil Cafu melambai saat tiba di atas panggung untuk membantu pengundian atau drawing Piala Dunia 2022 Qatar di Doha Exhibition and Convention Center di Doha, Qatar pada 1 April 2022. (AP Photo/Darko Bandic)

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Brasil Cafu membagikan kenangan indahnya tentang Piala Dunia saat melakukan tur ke Stadion Lusail, yang akan menjadi tuan rumah final tahun ini.

Cafu, yang merupakan Duta Warisan Qatar, baru-baru ini, mengunjungi venue berkapasitas 80.000 orang. Stadion Lusail akan menjadi tuan rumah 10 pertandingan selama Piala Dunia 2022 Qatar, dimulai dengan Argentina versus Arab Saudi pada 22 November.

Satu-satunya pemain yang tampil di tiga final Piala Dunia berturut-turut ini berbicara tentang momen-momen paling indah dalam kariernya sebagai pesepak bola.

“Bermain di empat Piala Dunia memang sangat luar biasa bagi seseorang yang hanya bermimpi menjadi pesepak bola. Tapi, mencapai tiga final Piala Dunia berturut-turut adalah hal yang tidak biasa," kata Cafu seperti dilansir Qatar2022

"Dan saya sangat bangga menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencapainya. lakukan itu,' ujar pria 52 tahun tersebut.

Bagi Cafu, bermain di Piala Dunia adalah puncak kesuksesan bagi pesepak bola. Sebab, semua pemain terbaik bersaing dari penjuru negara bersaing di ajang ini.

“Piala Dunia adalah impian setiap pemain. Anda bisa bermain melawan pemain terbaik dalam sepak bola. Itu adalah luar biasa," ucap eks pemain AC Milan tersebut.

Lebih lanjut, Cafu mengungkapkan, memori Piala Dunia favoritnya adalah ketika dia mengangkat trofi di Stadion Internasional Yokohama, Jepang, sebagai kapten Brasil pada 2002.

“Ketika wasit meniup peluit akhir, saya sangat gembira. Ada perasaan pencapaian dan mimpi yang menjadi kenyataan. Yang bisa Anda lakukan hanyalah memukul dada dan berkata 'Saya adalah juara dunia!'.” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Sabar

Legenda Sepak Bola yang Hadir dalam Edisi Khusus PES 2019
6. Cafu - Brazil (AFP)

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung mulai 20 November. Tim tuan rumah menghadapi Ekuador sebagai laga pembuka di Stadion Al Bayt.

Cafu mengaku sangat menantikan pertandingan yang dia yakini akan menjadi versi unik dari Piala Dunia. Karena, berlangsung di negara Timur Tengah dan bertepatan dengan musim dingin.

"Ini akan menjadi pengalaman baru bagi semua orang dan jika saya masih bermain sepak bola, saya akan senang bermain di Piala Dunia di sini," kata Cafu.

“Ini akan menjadi Piala Dunia pertama di Timur Tengah dan kawasan Arab, jadi ini adalah kesempatan untuk menjadi bagian pertama dalam sejarah pertandingan. Saya tahu dari pengalaman saya sendiri bahwa semua orang akan disambut dengan tangan terbuka di Qatar," jelasnya.


Puji Qatar

Pesepak Bola dengan Prestasi Menawan yang Gemar Tebar Senyuman
3. Cafu - Pemain yang begitu dihormati di lapangan terlebih bagi penikmat sepak bola Serie A. Hal yang unik dimiliki mantan bek AC Milan ini adalah senyuman yang ia perlihatkan saat melakukan protes kepada wasit. (AFP/Wanderlei Almeyda)

Dalam kesempatan yang sama, Cafu juga memberikan pujian kepada Qatar sebagai tuan rumah. Dia terkesan dengan pemerintah Qatar yang membuat satu stadion dengan stadion lainnya berdekatan,

"Qatar 2022 akan menjadi mimpi bagi para penggemar dan pemaiin. Empat pertandingan sehari - semua di stadion yang berdekatan - berarti orang akan dapat menghadiri dua pertandingan sehari,"kata Cafu.

"Memiliki turnamen yang kompak adalah peluang besar bagi para pemain juga karena mereka tidak perlu khawatir tentang perjalanan jarak jauh di antara pertandingan. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk berlatih dan beristirahat," jelasnya.


Bola dari Indonesia

Al Rihla
Al Rihla, bola resmi yang diklaim tercepat saat di udara ini akan dipakai selama Piala Dunia 2022 Qatar. (Dok. Adidas)

Meski belum berhasil mengirimkan tim ke Piala Dunia 2022 Qatar, Indonesia tetap memiliki andil dalam ajang empat tahuna ini.

Peran Indonesia justru terbilang penting lantaran menjadi pemasok bola yang akan digunakan, Neymar, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo.

Indonesia tampil lewat kehadiran bola resmi turnamen yang dibuat di Madiun, Jawa Timur. Hal tersebut terungkap dalam unggahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah membagikan momen ketika dirinya sedang melihat bola resmi Piala Dunia 2022 yang siap diekspor.

"Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terakbar di planet itu, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingan." tulis Khofifah dalam foto tersebut.

"Al Rihla si bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bola buatan Indonesia yang diproduksi di Madiun. Adidas mempercayakan Global Way Indonesia di Madidun untuk memproduksi bola yang bakalan ditendang oleh bintang-bintang sepak bola dunia," Khofifh menambahkan.


Disiarkan Emtek Grup

SCM Grup Siap Siarkan Laga Seru Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris
Direktur SCM, Imam Sudjarwo, Direktur Penyelidik dan Penyelesaian Sengketa-DJKI, Brigjen. Pol. Anom Wibowo, Direktur IEG, Hendy Lim, Senior Associate - K&K Advocates, Fajar Budiman Kusumo dan Kanit Tipidter Bareskrim Polri, Kompol Wisnu Hadi berpose usai menjadi narasumber di Studio 8 Emtek, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini.

 

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya