Paling Nyantol, Yuk Nostalgia 5 Lagu Piala Dunia Paling Top

Sederet lagu yang pernah menjadi soundtrack atau lagu top Piala Dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 21:00 WIB
Aksi Heboh Shakira di Penutupan World Cup 2014
Sejumlah penari tradisional dan musisi lokal mengiringi atraksi penutupan Piala Dunia 2014 di Stadion Macarana, Brasil, Senin (14/7/14). (AFP PHOTO/GABRIEL BOUYS)

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA dari tahun ke tahun menghadirkan memori dan cerita-cerita yang berbeda. Mulai dari pertandingan, pemain, drama, dan segala serba-serbi yang ikut mewarnai.

Tak ketinggalan pula dengan satu hal penting lainnya yakni lagu resmi turnamen. Lagu yang enak didengar dapat membangkitkan euforia perayaan Piala Dunia. 

Penggunaan lagu dalam perayaan Piala Dunia pertama kali datang pada tahun 1962 di Chile. Kala itu Los Ramblers membawakan lagu resmi berjudul "The Rock of The World Cup" atau dalam bahasa Spanyol "El Rock del Mundial".

Bagai sayur tanpa garam, sejak itu lagu resmi selalu hadir di tiap gelaran Piala Dunia. Bahkan, lagu-lagu resmi Piala Dunia yang easy listening dari beberapa dekade lalu masih nyantol di kepala para penggemar sepak bola seluruh dunia. Tak jarang, beberapa lagu bahkan digunakan untuk acara-acara di berbagai bidang olahraga, lho.

Lantas, lagu-lagu apa saja yang pernah begitu mengguncangkan dunia sepak bola internasional? Yuk bernostalgia kembali mengintip sederet lagu yang pernah menjadi soundtrack Piala Dunia berikut ini!

1. K’naan - Wavin’ Flag (2010)

Lagu “Wavin’ Flag” dirilis menjelang Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan. Hingga hari ini, lagu itu masih dianggap mahakarya yang sempurna dalam mempresentasikan dunia olahraga. Lagu ini mampu membangkitkan euforia penonton di seluruh dunia. Tak sedikit penonton pun ikut menggunakan alat-alat musik sederhana untuk mengiringi lagu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

2. Pitbull - We Are One (Ole Ola) ( 2014)

J-Lo Tampil Seksi Saat Buka Piala Dunia 2014
J-Lo yang tampil bersama Pitbull dan Claudia Leitte tampak semangat menyanyikan lagu We Are One (Ola Ole), yang merupakan lagu resmi Piala Dunia 2014, Brasil, Kamis (12/6/14). (AFP PHOTO/Pedro Ugarte)

Lagu “We Are One” memiliki makna bagaimana sepak bola dapat menyatukan dunia. Lagu resmi Piala Dunia Brazil 2014 ini menonjolkan budaya Brasil. Mulai dari tarian, pakaian, hingga permainan pantai yang membuat penonton juga ikut berdendang. Lagu yang dibawakan oleh musisi terkenal Pitbull,  juga dinyanyikan bersama  Claudia Leitte dan Jennifer Lopez. 


3. Shakira - Waka Waka (2010)

Jabulani (© AFP 2010)
Jabulani, bola resmi untuk Piala Dunia 2010 diperkenalkan oleh Adidas di Cape Town. AFP PHOTO/ADIDAS

Lagu Waka Waka yang dibawakan Shakira berhasil marik jutaan penayangan di YouTube. Bahkan, setelah 12 tahun berlalu angka penayangannya terus bertambah. Piala Dunia 2010 mampu membuat mata dunia menyorot budaya Afrika Selatan. Tarian dan irama lagu ini membuat penyelenggaraan sepak bola internasional tahun itu begitu bergelora. 


4. Ricky Martin - The Cup Of Life (1998)

Ilustrasi sepak bola
Ilustrasi Sepak Bola. (Photo by Emilio Garcia on Unsplash)

Tidak peduli sudah berapa lama sejak dirilis, lagu resmi Piala Dunia Prancis 1998 masih mampu membius para penonton sepak bola. Ricky Martin berhasil membawa lagu ini melekat ingatan pecinta dunia sepak bola hingga hari ini. Lagu “The Cup of Life” atau dalam bahasa Spanyol dikenal sebagai “La Copa de la Vida”. 


5. Queen - We Are The Champions (1994)

Ilustrasi trofi piala dunia
Ilustrasi trofi piala dunia (AFP)

Meskipun bukan lagu resmi Piala Dunia Amerika Serikat 1994, lagu ini sering digunakan di segala macam bidang olahraga. Hingga hari ini lagu ini terus diputar di berbagai belahan dunia. Lagu memang cocok untuk merayakan kemenangan. 

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya