Akibat Memphis Depay, Cody Gakpo Bersedia Terima Saran Van Gaal di Piala Dunia 2022

Cody Gakpo sadar diri, sulit baginya bertarung dengan Memphis Depay memperebutkan posisi di sektor kiri permainan Belanda pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 06 Nov 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2022, 21:00 WIB
Foto: 5 Pemain Belanda yang Bisa Jadi Opsi Erik Ten Hag untuk Diboyong ke Manchester United
Cody Gakpo merupakan jebolan akademi PSV Eindhoven yang saat ini telah bermain secara reguler di tim utama. Ia menunjukkan performa yang cukup baik pada musim ini dengan mencetak 18 gol dan 15 assist dari 42 penampilan di semua kompetisi. (AFP/Olaf Kraak)

Liputan6.com, Jakarta - Wonderkid PSV Eindhoven Cody Gakpo mengaku telah berbicara dengan pelatih Timnas Belanda Louis van Gaal soal posisinya di skuat De Oranje pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Gakpo yang dikaitkan dengan sejumlah klub besar, khususnya dari Liga Inggris, seperti Arsenal, Liverpool dan Manchester City, diprediksi akan jadi salah satu pemain yang masuk daftar 26 pemain Belanda di Piala Dunia Qatar.

Meski di PSV sering dimainkan sebagai winger kiri dan striker, Gakpo ternyata ingin bermain di posisi gelandang ketika berseragam timnas sesuai saran Van Gaal. Gakpo punya alasan logis hingga tertarik pada ide Van Gaal untuk memaksimalkan tenaganya di posisi gelandang serang.

Adalah Memphis Depay yang menjadi alasan dirinya menerima saran Van Gaal bermain di belakang tiga penyerang. Gakpo sadar sisi kiri penyerangan Belanda saat ini mutlak milik Depay meski pemain Barcelona itu tak banyak mendapat banyak menit bermain musim ini karena cedera.

"Dia bertanya kepada saya apa posisi pilihan saya, secara umum. Saya adalah pemain sayap kiri. Dalam sistem yang dimainkan Belanda, Memphis yang utama di posisi striker kiri," kata Cody Gakpo dikutip dari ESPN.

"Menurut Van Gaal, saya memiliki sedikit atau tidak ada peluang di sana (sektor kiri), karena itu posisi Memphis bermain."

"Selain itu, dia berpikir bahwa saya harus mampu bermain di posisi 10 (gelandang serang), dengan kualitas yang saya miliki. Dia menempatkan saya di sana dua kali, saya mengincar posisi itu untuk Piala Dunia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memphis Depay Masih Cedera

Foto: Termasuk Memphis Depay, 6 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Timnas Belanda
Memphis Depay tercatat telah menyumbangkan 12 gol untuk Belanda dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hingga saat ini, Depay tercatat mampu mengoleksi total 37 gol bersama Skuat De Oranje. Skuat De Oranje tak mengalami kendala yang berarti untuk lolos dari kualifikasi. (AFP/ANP/Maurice Van Steen)

Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November 2022, yang dibuka laga tuan rumah Qatar lawan Ekuador. Belanda akan bermain melawan Senegal sehari kemudian.

Seperti halnya para pelatih lain, Van Gaal merasakan ketegangan jelang Piala Dunia 2022 berlangsung. Banyak pelatih yang harap-harap cemas pemain andalannya dalam kondisi fit saat turnamen digelar. Depay, Matthijs de Ligt, Denzel Dumfries, dan Marten de Roon berada dalam kategori itu di Belanda. 

Depay mengalami cedera hamstring pada 22 September saat pertandingan timnas Belanda di Polandia. Sejak itu, dia tidak bermain lagi bersama Barcelona maupun De Oranje.

Depay hanya bermain 116 menit di liga untuk Barcelona musim ini. Masing-masing 59 menit melawan Elche dan 57 menit melawan Cadiz serta di Liga Champions, dia tidak bermain lebih dari 15 menit, di pertandingan kandang melawan Viktoria Plazen pada 7 September 2022.

Pelatih Xavi Hernandez juga belum membawa Depay untuk pertandingan Liga Champions malam ini di Viktoria Plzen. Kini tersisa satu pertandingan liga yang akan dilakoni Barcelona dan jadi kesempatan Depay untuk comeback sebelum kompetisi diliburkan, yakni melawan Osasuna pada 8 November.

Sementara De Ligt sedang berjuang dengan cedera lutut saat bertugas mengawal lini belakang Bayern Munchen melawan FSV Mainz 05 dalam pertandingan Bundesliga Jerman, akhir pekan lalu.

De Ligt digantikan di tengah-tengah pertandingan oleh Benjamin Pavard. Kemudian saat Bayern Munchen hadapi Inter Milan di matchday terakhir fase grup Liga Champions, De Ligt absen.

"Dia mengalami sedikit keseleo pada ligamen lututnya," kata pelatih Julian Nagelsmann saat konferensi pers jelang pertandingan, seperti dikutip dari NOS. "Kami akan merotasi. Kami tidak mengambil risiko apa pun, beberapa minggu terakhir ini sangat intens."


Ogah Ambil Risiko

Foto: Sering Ditikung, Manchester United Gantian Menikung Bek Feyenoord Tyrell Malacia dari Olympique Lyon
Tyrell Malacia dipastikan akan memperkuat Timnas Belanda asuhan Louis van Gaal di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/ANP/Gerrit van Keulen)

Van gaal juga dibuat cemas oleh kondisi dua pemain pilarnya yang bermain di Serie A Italia, Denzel Dumfries dan Marten De Roon.

Dumfries yang tampil baik bersama di sisi kanan permainan Inter Milan, mengalami cedera saat melakukan pemanasan ketika melakoni laga melawan Sampdoria pada akhir pekan lalu.

Dumfries tetap menjalani permainan selama 78 menit, sebelum kemudian ditarik keluar oleh pelatih Inter, Simone Inzaghi. Dumfries sendiri mengindikasikan dalam beberapa hari terakhir bahwa dia tidak mengalami masalah besar.

Dumfries tetap masuk dalam skuat Inter saat hadapi Bayern Munchen di laga terakhir fase grup Liga Champions 2022. Tetapi dia hanya duduk di bangku cadangan, melihat penggantinya Raoul Bellanova beraksi di sisi kanan permainan Inter Milan.

Sedangkan De Roon, sampai sekarang masih menjalani pemulihan cedera. Gelandang Atalanta itu mengalami cedera hamstring saat bentrok dengan Lazio pada 23 Oktober 2022. Dia absen ketika Atalanta melakoni pertandingan melawan Empoli.

Waktu hampir habis untuk keempat pemain tersebut, hanya Dumfries yang peluangnya lebih besar untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Van Gaal sendiri akan mengumumkan daftar 26 pemain terakhir Belanda yang akan berangkat ke Qatar pada Jumat depan. Mereka harus fit, karena Van Gaal baru-baru ini menjelaskan tentang pemain yang cedera.

Dia ogah mengambil risiko membawa pemain cedera ke Piala Dunia 2022. "Tim nasional Belanda bukanlah pusat rehabilitasi," tegasnya dinukil dari NOS.

 


Prediksi 26 Pemain Belanda Pilihan Van Gaal

Foto: Deretan Jersey Timnas di Piala Dunia yang Tidak Ada Unsur Warna Bendera Negaranya
Belanda memliki jersey kandang dengan warna oren. Warna ikonik itu diilhami oleh wangsa asal Willem van Oranje yang kemudian dikenal sebagai Bapak Bangsa Belanda. Corak tersebut digunakan oleh Willem ketika memimpin perang kemerdekaan melawan Spanyol pada periode 1568 hingga 1648. Awalnya, Oranye merupakan salah satu dari tiga bagian warna bendera mereka. Hingga 1937, warna itu secara resmi digantikan dengan merah seperti kita kenal saat ini. (AP/Peter Dejong)

Van Gaal sebelumnya sudah merilis daftar 39 pemain dalam skuat sementara De Oranje untuk menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar. Tidak ada nama Georginio Wijnaldum yang harus melupakan Piala Dunia kali ini karena harus menjalani pemulihan pasca operasi cedera patah tulang kering.

Dari 39 nama dalam daftar skiuat sementara Belanda, ada nama bek keturunan Indonesia yang membela Leeds United, Pascal Struijk. Nantinya, van Gaal harus memilih 26 pemain untuk skuat akhir Belanda yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Artinya ada 13 pemain yang dicoret.

Di posisi penjaga gawang Van Gaal telah memilih lima penjaga gawang dalam skuat sementaranya. Jasper Cillessen diprediksi akan jadi pilihan utama seperti saat van Gaal memimpin De Oranje di Piala Dunia 2014. Kiper NEC Nijmegen itu adalah satu-satunya dari lima penjaga gawang Belanda yang berpengalaman main di Piala Dunia.

Berikut prediksi 26 pemain Timnas Belanda pilihan Louis van Gaal di Piala Dunia 2022:

Kiper

Terpilih: Jasper Cillessen, Remko Pasveer, Justin Bijlow

Dicoret: Mark Flekken dan Andries Noppert

Bek

Terpilih: Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Jurrien Timber, Nathan Ake, Virgil van Dijk, Sven Botman, Denzel Dumfries, Jeremie Frimpong, Daley Blind, Pascal Struijk

Dicoret: Devyne Rensch, Tyrell Malacia, Mitchell Bakker, Micky van de Ven

Gelandang

Terpilih: Frenkie de Jong, Marten de Roon, Teun Koopmeiners, Davy Klaassen, Kenneth Taylor, Steven Berghuis

Dicoret: Guus Til, Jordy Clasie, Ryan Gravenberch

Depan

Terpilih: Memphis Depay, Steven Bergwijn, Cody Gakpo, Vincent Janssen, Luuk de Jong, Xavi Simons, Arnaut Danjuma

Dicoret: Donyell Malen, Wout Weghorst, Noa Lang, Brian Brobbey

 


Jadwal Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Belanda tergabung di Grup A Piala Dunia 2022, dan akan melakoni laga pertama menghadapi juara Afrika, Senegal yang sedang menikmati masa keemasan dengan Sadio Mane sebagai simbol kejayaan mereka saa ini.

Senegal di atas kertas adalah lawan terkuat Belanda di Grup A, tetapi De Oranje juga tak boleh meremehkan Qatar yang pastinya dibalut spirit berlipat sebagai tuan rumah, dan wajib ekstra waspada mengantisipasi kejutan Ekuador.

Senin 21 November 2022

23.00 WIB Senegal vs Belanda

Jumat 25 November 2022

23.00 WIB Belanda vs Ekuador

Selasa 29 November 2022

22.00 WIB Belanda vs Qatar.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya