Dafar 26 Pemain Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Timnas telah mengumumkan skuad terakhirnya untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Setengah di antaranya adalah pemain muda.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 07 Nov 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2022, 10:00 WIB
Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Kosta Rika
Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Kosta Rika (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Kosta Rika, Luis Fernando Suarez telah mengumumkan skuad terakhirnya untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam daftar tersebut, hampir setengahnya terdiri dari pemain berusia 25 tahun atau lebih muda. Selain itu, 11 anggota dari 26 pemain juga memiliki kurang dari 10 penampilan internasional.

Veteran Keylor Navas (35 tahun), Kendall Waston (34), Celso Borges (34), Bryan Ruiz (37), dan Joel Campbell (30) masih ada di dalam skuad.

Pemilihan 26 pemain ini juga mengejutkan karena ada sejmlah pemain yang tidak dibawa Mereka adalah gelandang serang Randall Leal (Nashville SC), pemain sayap Alonso Martinez (Lommel SK), Ariel Lassiter (Inter Miami), dan bek kanan Cristian Gamboa (VfL Bochum).

Menariknya, Fernando Suarez tetap memasukan Ronaldo Matarrita ke dalam skuadnya meski sang pemain cedera. Dia beralasan bawah sang pemain akan bisa pulih tepat waktu.

Selanjutnya, Los Ticos akan menghadapi Nigeria pada 9 November dalam pertandingan persahabatan terakhirnya sebelum berangkat ke Qatar pada 10 November.

Dalam perjalanan itu, Kosta Rika akan singgah sebentar di Kuwait untuk menghadapi Irak pada 17 November. Mereka akan membuka Piala Dunia bermain pada Rabu, 23 November 2022.

Timnas Kosta Rika menjadi penumpang terakhir dalam bus menuju Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung 20 November - 18 desember.

Kosta Rika mengamankan satu tiket tersisa menuju Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Selandia Baru pada laga playoff.

Di Piala Dunia 2022, Kosta Rika tergabung di Grup E. Mereka bakal bersaing dengan Spanol, Jerman dan Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar skuad Kosta Rika

Foto: Aksi Joel Campbell Bawa Kosta Rika Raih Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2022 Qatar
Timnas Kosta Rika memastikan menjadi negara terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai memenangi laga play-off melawan wakil Zona Oseania (OFC) Selandia Baru dengan skor tipis 1-0 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Gol tunggal yang memastikan kuota 32 peserta pesta sepak bola dunia empat tahunan telah terisi penuh dicetak oleh Joel Campbell, sayap kanan Kosta Rika milik Leon yang berlaga di Liga Meksiko. (AFP/Karim Jaafar)

Penjaga gawang: Keylor Navas (PSG)Esteban Alvarado (Herediano)Patrick Sequeira (Klub Deportivo Lugo)

Belakang: Francisco Calvo (Konyaspor)Juan Pablo Vargas (Millonarios)Kendall Waston (Saprissa)Oscar Duarte (Al-Wehda)Daniel Chacon (Colorado Rapids)Keysher Fuller (Herediano)Carlos Martinez (San Carlos)Bryan Oviedo (Danau Garam Asli)Ronald Matarita (Cincinnati)

Tengah: Yeltsin Tejeda (Herediano)Celso Borges (Alajuelense)Youstin Salas (Saprissa)Roan Wilson (Yunani)Gerson Torres (Herediano)Douglas López (Herediano)Jewison Bennette (Sunderland)Alvaro Zamora (Saprissa)Anthony Hernandez (Puntarenas)Brandon Aguilera (Hutan Nottingham)Bryan Ruiz (Alajuelense)

Depan: Joel Campbell (León)Anthony Contreras (Herediano)Johan Venegas (Alajuelense).


Tim Tersukses Amerika Tengah

Foto: Aksi Joel Campbell Bawa Kosta Rika Raih Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2022 Qatar
Meski dikepung tiga pemain Selandia Baru di dalam kotak penalti, ia mampu menyelesaikan umpan dari skema serangan balik di sisi kanan pertahanan Selandia Baru dengan sebuah sentuhan kaki kiri yang mengarah ke pojok kiri gawang Oliver Sail. (AFP/Karim Jaafar)

Meski terseok-seok di babak kualifikasi, Kosta Rika adalah tim yang paling konsisten tampil ke Piala Dunia.

Mereka menjalani debut di ajang empat tahunan tersebut pada edisi 1990 di Italia. Saat itu, Kosta Rika berhasil tmenembus babak 16 besar.

Pada Piala Dunia 2014, Kosta Rika mencapai penampilan terbaiknya dalam sejarah dengan menempati urutan pertama di fase grup.

Kosta Rika memimpin atas tiga mantan juara Piala Dunia: Uruguay, Italia, dan Inggris.

Pada babak 16 besar mereka mengalahkan Yunani 5-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1. Dalam laga tersebut, Keylor Navas menyelamatkan lebih dari 15 tembakan.

Mereka mencapai perempat final untuk pertama kalinya tetapi dikalahkan oleh Belanda, juga dalam adu penalti (3–4) setelah bermain imbang tanpa gol pada 5 Juli.

Pelatih Kosta Rika Fernando Suarez, mungkin bukan manajer yang sangat terkenal. Pelatih asal Kolombia itu menghabiskan sebagian besar karierya di level klub negaranya

Namun, Suarez punya mahakarya bersama "tim nasional Ekuador", di mana ia memimpin tim ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman.

Dia juga berhasil mengantarkan Ekuador lolos ke babak 16 besar sebelum kalah 0-1 dari Inggris melalui gol tendangan bebas David Beckham.

Ini adalah ketiga kalinya Fernando Suarez tampil di Piala Dunia sebagai pelatih. Sebelumnya, dia membawa Ekuador lolos Piala Dunia 2006 dan Honduras pada Piala Dunia 2014.

"Piala Dunia ketiga ini adalah obsesi yang ingin saya penuhi. Ini bagus dan sangat sedikit pelatih yang melakukannya dan itu membuat saya bangga,” katanya, dilansir FIFA.


Pemain Bintang

Foto: Aksi Joel Campbell Bawa Kosta Rika Raih Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2022 Qatar
Dengan hasil ini, zona Concacaf berhasil mengirim 4 wakilnya ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebelumnya tiga negara telah memastikan lolos, Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. (AP/Hussein Sayed)

Kosta Rika bisa saja memberikan kejutan pada Piala Dunia 2022. Selain memiliki pelatih berpengalaman seperti Suarez, mereka juga dianugerahi pemain-pemain bintang.

Para pemain Kosta Rika yang harus diperhatikan lawan adalah Keylor Navas. Penjaga gawang tangguh dari Paris Saint-Germain ini telah meraih banyak trofi di Eropa.

Navas Siap berdiri sebagai pertahanan terakhir bagi penggemar sepak bola Kosta Rika agar merasa nyaman

Kosta Rika juga memiliki pemain terkemuka seperti Joel Campbell Mantan striker Arsenal, 30 tahun, yang sekarang memperkuat klub Meksiko Leon. dan satu lagi yang tidak bisa dilewatkan adalah Brian Ruiz.

Kapten tim ini telah bermain dengan banyak klub terkenal di Eropa, termasuk Fulham, Twente, PSV Eindhoven, Sporting Lisbon, hingga sekarang bermain di liga domestik, Alaju Lance.

 


Jadwal Pertandingan

Foto: Daftar 5 Pemain PSG dengan Caps Terbanyak saat Membela Timnas, Beda Nasib Sergio Ramos dan Lionel Messi
Keylor Navas. Kiper Kosta Rika berusia 35 tahun yang sejak awal musim 2019/2020 berseragam PSG usai meninggalkan Real Madrid ini tercatat telah mengoleksi 107 caps bersama Timnas Kosta Rika sejak melakukan debut pada 11 Oktober 2008. Total 41 clean sheet telah dicetaknya bersama Timnas Kosta Rika yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/Mustafa Abumunes)

Rabu, 23 November 2022

20: WIB - Jerman vs Jepang

23:00 WIB - Spanyol vs Kosta Rika

Minggu, 27 November 2022

17:00 WIB - Jepang vs Kosta Rika

Senin, 28 November 2022

02:00 WIB - Spanyol vs Jerman

Kamis, 2 Desember 2022

02:00 WIB - Jepang vs Spanyol

02:00 Kosta Rika vs Jerman.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya