Prediksi Piala Dunia 2022 Meksiko Vs Polandia: Dihantui Kebuntuan Lewandowski

Polandia akan berhadapan dengan Meksiko di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 22 Nov 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 11:00 WIB
Foto: 7 Striker dengan Catatan Hattrick Terbanyak di Laga Internasional, Cristiano Ronaldo Patahkan Rekor Sven Rydell
Robert Lewandowski. Striker Timnas Polandia berusia 33 tahun ini telah membuat 6 hattrick dari total 72 gol dalam 127 laga internasional. Hattrick pertamanya dibuat saat ia mencetak 4 gol ke gawang Gibraltar pada kualifikasi Piala Eropa, 7 September 2014 yang berkesudahan 7-0. (AFP/Pool/David Ramos)

Liputan6.com, Jakarta Empat tahun lalu, Robert Lewandowski tak mampu berbuat banyak di Piala Dunia 2018. Tampil trengginas sepanjang babak kualifikasi dengan torehan 19 gol, Lewandowski melempem saat di putaran final.

Piala Dunia 2018 seharusnya jadi momen spesial bagi Lewandowski. Seba ini kali pertama pemain Barcelona itu tampil di panggung tertinggi olahraha sebelas lawan sebelas tersebut.

Lewandowski sebenarnya datang dengan percaya diri. Ketajamannya cukup terasah pada babak kualifikasi dengan torehan 9 gol dan 4 assist.

Sayang, di Rusia, status Lewandowski sebagai striker tajam sama sekali tidak berbekas. Hingga Polandia akhirnya tersingkir di babak penyisihan, pemain Barcelona itu tak pernah sekalipun mencatatkan namanya di papan skor.

Empat tahun telah berlalu. Kini Lewandowski bertemu lagi dengan kejuaraan yang sama. Mantan pemain Bayern Munchen itu bakal memperkuat timnas Polandia di Piala Dunia Qatar 2022.

Tahun ini, Polandia kembali berhasil menembus babak utama. Polandia berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah meraih kemenangan 2-0 atas Swedia di final play-off jalur B zona Eropa, Maret lalu. 

Meksiko pun menjadi sasaran tembak pertama Lewandowski. Tim Sombrero mengadang Polandia pada pertandingan perdana Grup C, Selasa malam (22/11/2022), kick off pukul 23.00 WIB. Duel ini bisa Anda saksikansecara langsung lewat SCTV, Moji, Nex Parabola, dan live streaming di Vidio.

"Tentu saya kepikiran tentang Piala Dunia lalu," kata Lewandowski seperti dilansir dari Theanalyst.com.

"Mencetak gol di Piala Dunia, tentu jadi mimpi besar dan saya akan melakukan apapun untuk mimpi ini," bebernya.

Seperti halnya 4 tahun lalu, Lewandowski juga datang ke Qatar dengan catatan mentereng. Selama empat tahun terakhir, dia telah mencetak 211 gol di level klub untuk semua kompetisi.

Mampukah Lewandowski memecah kebuntuan di Piala Dunia 2022?

"Saya berharap itu bisa terjadi di Piala Dunia ini. Saya senang dengan apa yang sudah saya raih dan memori-memori Piala Dunia ini dan sekarang waktunya untuk menikmati," katanya.

Tidak mudah bagi Polandia mewujudkan mimpi ini. Sebab selama ini, Polandia seakan tak berjodoh dengan Piala Dunia. Dari lima Piala Dunia sejak 1986, Polandia tiga kali melaju ke putaran final dan seluruhnya kandas di babak penyisihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dalam Tekanan

PIALA DUNIA 2022 Meksiko vs Polandia
PIALA DUNIA 2022 Meksiko vs Polandia (Liputan6.com/Abdillah)

Sebaliknya, Meksiko selalu berhasil lolos ke fase knock out dalam 8 putaran final Piala Dunia terakhir yang dilalui. Kegagalan terakhir Meksiko melaju dari babak penyisihan grup terjadi pada tahun 1978 lalu.

Catatan menarik lainnya adalah, Meksiko selalu menang di pertandingan pertama dalam lima dari enam Piala Dunia terakhirnya. Di Grup C, Meksiko juga bergabung dengan Argentina dan Arab Saudi.

Tradisi ini berusaha diulang Tim Sombrero saat bertemu Polandia. Hanya saja, Pelatih Meksiko Gerardo Martino telah menerima banyak kritik menyusul hasil yang kurang memuaskan timnya setahun terakhir.  

Puncaknya adalah ketika Meksiko kalah 1-2 dari Swedia pada laga pemanasan sebelum ke Qatar. Ini merupakan kekalahan ketiga Meksiko dalam lima pertandingan terakhir. Hasil ini berbanding terbalik dengan Polandia yang berhasil memenangkan pertandingan secara beruntun tanpa pernah kebobolan.

“Saya melihat orang-orang senang rekan kerjanya kalah atau bekerja dengan buruk,” kata pelatih Meksiko, Gerardo Martino September lalu. "Saya sadar, lingkungan yang seperti itu sangat cocok dengan situasi seperti ini," beber Martino yang melabeli dirinya sebagai musuh publik nomor satu. 

 


Prediksi Susunan Pemain

Foto: Masih Cedera, 8 Pemain Bintang Berikut Tetap Masuk Skuad Pilihan Pelatih di Piala Dunia 2022 Qatar
Raul Jimenez. Striker Timnas Meksiko Ini telah melewatkan 8 laga terakhir bersama Wolverhampton sejak awal September 2022 karena mengalami cedera pangkal paha. Sebelumnya ia pernah menderita cedera lutut dan yang paling parah adalah cedera di bagian tengkorak yang memaksanya hingga kini mengenakan pelindung kepala saat berlaga. Timnas Meksiko tetap memasukkannya dalam skuad untuk berlaga di Piala Dunia 2022 dengan harapan cedera pangkal pahanya bisa segera pulih. (AFP/Getty Images/Christian Petersen)

Pertandingan Polandia Vs Meksiko bakal berlangsung di Stadion 974. Dalam laga ini, Polandia terancam kehilangan sejumlah Bartlomiej Dragowski, Jacek Goralski, dan Adam Buksa. Ketiganya mengalami cedera dan tidak ikut latihan bersama tim.

Matty Cash juga sempat bermasalah dengan bahunya. Beruntung, kondisinya sudah membaik. Meski demikian, pemain Aston Villa itu harus menghadapi persaingan ketat dalam mendapatkan posisi bek kanan di timnas Polandia saat bertemu Meksiko, malam ini.

Meksiko juga tidak sepenuhnya leluasa dalam menentukan skuad terbaiknya. Striker andalannya, Raul Jimenez yang telah mencetak 29 gol bagi Meksiko juga sempat bermasalah.

Pemain berusia 31 tahun itu tidak tampil untuk Wolverhampton Wanderers sejak Agustus karena masalah pangkal paha. Dalam tiga bulan terakhir, Jimenez baru tampil sekali sebagai pemain pengganti saat Meksiko kalah 1-2 dari Swedia, pekan lalu.

Kondisi ini tentu saja membuat posisi Jimenez di Starting XI Meksiko melawan Polandia diragukan. Henry Martin siap menggantikan peran Jimenez. Sementara Jesus Corona dipastikan absen sepanjang turnamen karena cedera pergelangan kaki.

Simak prediksi susunan pemain di bawah ini:

Meksiko:Ochoa; Sanchez, Montes, Moreno, Gallardo; Alvarez, Herrera, Guardado; Lozano, Martin, Vega

Polandia:Szczesny; Bednarek, Glik, Kiwior; Bereszynski, Krychowiak, Zielinski, Szymanski, Zalewski; Swiderski, Lewandowski


Statistik

Head-to-head

Pertemuan: 9

Meksiko menang: 3

Gol Meksiko: 13

Seri: 2

Polandia menang: 4

Gol Polandia: 10.

 

5 Pertemuan Terakhir

13/11/2017 Polandia 0-1 Meksiko (Friendly)

02/09/2011 Polandia 1-1 Meksiko (Friendly)

27/04/2005 Meksiko 1-1 Polandia (Friendly)

29/09/1993 Meksiko 0-1 Polandia (Friendly)

14/02/1989 Meksiko 3-1 Polandia (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Meksiko

01/09/22 Meksiko 0-1 Paraguay (Friendly)

25/09/22 Meksiko 1-0 Peru (Friendly)

28/09/22 Meksiko 2-3 Kolombia (Friendly)

10/11/22 Meksiko 4-0 Irak (Friendly)

17/11/22 Meksiko 1-2 Swedia (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Polandia 

12/06/22 Belanda 2-2 Polandia (UNL)

15/06/22 Polandia 0-1 Belgia (UNL)

23/09/22 Polandia 0-2 Belanda (UNL)

26/09/22 Wales 0-1 Polandia (UNL)

17/11/22 Polandia 1-0 Chile (Friendly).

 

Simak juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya