Jadi Sorotan, Wasit Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022 Ternyata Pernah Kena Kasus Narkoba dan Prostitusi

Slavko Vindic pernah ditahan karena kasus narkoba, prostitusi dan senjata api ilegal.

oleh Anry Dhanniary diperbarui 23 Nov 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 06:00 WIB
Nonton Bareng Piala Dunia 2022 antara Argentina Vs Arab Saudi Saat Peluncuran Produk Baru Aice
Siluet pengunjung saat nonton bareng Piala Dunia 2022 antara Timnas Argentina melawan Timnas Arab Saudi setelah launching produk baru Aice di Asthana Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta sepak bola dikejutkan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Timnas Argentina tumbang di tangan Arab Saudi. Ternyata ada sebuah cerita unik dari sang wasit.

Pertandingan Piala Dunia antara Argentina melawan Arab Saudi digelar di Lusail Iconis Stadium, Selasa (22/11/2022).

Hebatnya, Arab Saudi berhasil menang 2-1 atas sang favorit juara. Ini adalah hasil mengejutkan pertama di Piala Dunia Qatar.

Wasit dalam pertandingan ini cukup menjadi sorotan setelah banyak keputusannya dinilai menguntungkan Timnas Arab Saudi saat menganulir gol-gol yang diciptakan Argentina, karena dinilai offside berkat bantuan VAR.

Ternyata, pengadil bernama Slavko Vindic ini punya sebuah cerita mengejutkan yang membuatnya ditangkap polisi beberapa tahun lalu.

Peristiwa ini terjadi di Bosnia pada 2020. Ia ditahan oleh polisi selama beberapa jam dan harus menjalani pemeriksaan terkait kasus prostitusi, senjata ilegal dan narkoba.

Ceritanya Vindic saat itu menghadiri sebuah pesta dimana polisi menyita kokain, uang tunai 10.000 Euro dan juga senjata api ilegal. Dan tiba-tiba dirinya pun terjebak dalam situasi yang sulit.

Hal ini membuat Vindic harus digelandang ke kantor polisi dan merasakan dinginnya ruang pemeriksaan. Namun, dirinya tetap yakin tidak bersalah karena merasa barang-barang ilegal tersebut tidak terkait dengan dirinya.


Penjelasan Sang Wasit

Argentina Tumbang dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Pemain Arab Saudi Saleh Al-Shehri mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Menurut akuntannya, pria asal Slovenia itu mendatangi pesta tersebut atas undangan rekan bisnisnya di Bosnia. Tetapi sama sekali tidak mengetahui soal barang-barang ilegal tersebut.

"Saya duduk di meja bersama teman saya dan tiba-tiba polisi masuk. Saya tidak tahu kenapa, dan saat memberikan kesaksian, saya mengatakan kalau tidak ada hubungannya dengan hal-hal tersebut," ujar Vincic, seperti yang dilansir dari El Grafico.

"Setelah pertemuan dengan beberapa rekan bisnis, kami diundang ke sebuah pesta. Setelah penggerebekan polisi, kami diperiksa dan menjelaskan kalau tidak kenal dengan orang-orang tersebut. Saya dilepas setelah beberapa jam dan bisa kembali ke Slovenia," cerita pria 42 tahun itu.

Prestasi Vincic di lapangan hijau saat ini sedang mencapai titik tertingginya. Ia pun dipercaya untuk memimpin laga-laga penting mulai di kompetisi Eropa hingga internasional.

Ini adalah pengalaman pertama Vincic menjadi wasit di ajang Piala Dunia level senior. Memegang status wasit FIFA sejak 2010, ia sudah pernah memimpin laga Piala Dunia U-17 pada 2017 dan Piala Dunia U-20 pada 2019.

Pada level klub, Vincic adalah wasit utama dalam final Europa League lalu yang mempertemukan Eintracht Frankfurt dengan Rangers.


Bagusnya Kepemimpinan Vincic

Argentina Tumbang dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Pemain Arab Saudi Mohamed Kanno (kiri) dan pemain Argentina Rodrigo De Paul memperebutkan bola pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. (AP Photo/Luka Bruno)

Dalam laga Argentina kontra Arab Saudi yang dipimpin Vincic, Argentina langsung menekan sejak peluit ditiupkan sang wasit.

Tekanan sejak awal laga La Albiceleste berbuah manis. Saud Abdulhamid melanggar Leandro Paredes di area terlarang. Messi yang menjadi algojo tidak kesulitan memasukkan bola ke gawang pada menit ke-10.

Argentina tidak puas dengan keunggulan satu gol. Melihat Arab Saudi bermain lebih ke depan, mereka beberapa kali melepas umpan terobosan.

Messi dan Lautaro Martinez (dua kali) bisa lolos dan sukses menyarangkan bola ke gawang. Namun, gol-gol itu dianulir Vincic karena terperangkap offside.

Argentina terus menekan, tapi tidak ada gol tercipa di sisa babak pertama meski mendapat peluang melalui Rodrigo De Paul dan Angel Di Maria.

Yang tidak terbayangkan terjadi di awal babak kedua. Arab Saudi membalikkan kedudukan lewat gol Saleh Al Shehri (48') dan Salem Al Dawsari (53'). Skor 2-1 untuk Arab Saudi bertahan sampai peluit panjang.

Vincic memimpin laga dengan sangat baik. Keputusan-keputusannya pun dinilai sangat tepat. Kita nantikan saja bagaimana penampilannya di sisa Piala Dunia 2022 ini.

 

Lihat sukses Arab Saudi membungkam Argentina di tautan berikut ini... 

Infografis Grup C Piala Dunia 2022
Infografis Grup C Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya