Berlangsung 15 Menit, Upacara Penutupan Piala Dunia 2022 Disaksikan Lebih dari 80 Ribu Penonton

Piala Dunia 2022 telah memasuki partai puncak. Upacara penutupan berdurasi 15 menit sempat digelar sebelum duel panas antara Argentina vs Prancis pada Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 18 Des 2022, 22:56 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 22:55 WIB
Penutupan Piala Dunia 2022
Kembang api menyala saat para pengisi acara tampil dalam upacara penutupan Piala Dunia Qatar 2022 menjelang pertandingan final sepak bola antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (Odd ANDERSEN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Piala Dunia 2022 telah memasuki partai puncak. Duel antara Argentina vs Prancis di Stadion Lusail yang berlangsung sejak pukul 22.00 WIB menjadi ajang penutup gelaran sepak bola terakbar empat tahunan tersebut.

Seperti halnya pada awal pelaksanaan, perhelatan FIFA World Cup edisi ini juga telah diakhiri dengan upacara penutupan (closing ceremony).

Menariknya, acara tersebut hanya berdurasi selama kurang lebih 15 menit dan mengusung konsep persatuan dunia dalam turnamen 29 hari melalui puisi dan musik yang ditampilkan.

Upacara penutupan Piala Dunia 2022 secara spesifik mengangkat tema bertajuk “A Night to Remember” dan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah musisi dari berbagai negara, yakni Davido, Aisha, Ozun, Gims, Nora Fatehi, Balqees, Rahma Riad, dan Manal.

Musik yang dibawakan dalam acara tersebut merupakan gabungan dari soundtrack resmi Piala Dunia Qatar 2022 seperti Hayya Hayya Better Together, Arhbo, dan Light the Sky.

Meski hanya berlangsung singkat, upacara penutupan Piala Dunia 2022 tetap menuai animo tinggi dari penggemar sepak bola dunia. Apalagi acara itu diikuti dengan duel sengit dari dua negara sepak bola papan atas, yakni Argentina dan Prancis.

FIFA dalam laman resminya memperkirakan terdapat kurang lebih 88.000 penonton yang hadir meramaikan penyelenggaraan tersebut. Jumlah ini sebenarnya terbilang cukup mengesankan.

Meski demikian, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan laga pemungkas Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Uruguay dan tuan rumah Brasil, dengan total penonton mencapai hampir 200.000 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Messi vs Mbappe

Messi
Lionel Messi dan Kylian Mbappe bertemu di Piala Dunia 2018. (AFP/Luis Acosta)

Final Piala Dunia 2022 juga menandai perang bintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi melawan Kylian Mbappe. Seperti diketahui, kedua pemain saat ini tengah berkarier dengan Les Parisiens di level klub.

Sudah bukan rahasia kalau Messi dan Mbappe juga sama-sama memahami pola permainan masing-masing. Pasalnya, mereka kerap kali diturunkan sebagai partner untuk mengawal lini depan PSG di kompetisi level domestik dan Eropa.

FIFA World Cup 2022 pun tak ayal menjadi tantangan besar buat kedua pemain. Messi dan Mbappe harus siap melepas embel-embel 'rekanan' untuk sementara waktu, demi mengantar negaranya memetik kejayaan di ajang sepak bola bergengsi dunia.

Laga final kali ini juga bisa menjadi ajang pembuktian dominasi kedua pemain. Messi berpeluang mengukuhkan predikatnya sebagai salah satu pesepak bola terbaik dengan prestasi mentereng jika sanggup mencuri trofi Piala Dunia 2022.

Sebaliknya, Mbappe juga punya kesempatan untuk mengakhiri masa-masa kedigdayaan La Pulga sekaligus menjadi raja baru di kancah sepak bola dunia apabila ia berhasil memepertahankan gelar juara dalam rengkuhan Les Bleus.


Susunan Pemain

Timnas Argentina Vs Timnas Kroasia Semifinal Piala Dunia 2022
Pemain Argentina, Julian Alvarez (kanan) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Kroasia saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (13/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Martin Meissner)

Berikut adalah daftar susunan pemain Prancis vs Argentina di final Piala Dunia 2022.

Argentina (4-3-3): Emiliano Martínez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez, Angel Di Maria

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphaël Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya