Antar Argentina Juara, Ini Deretan Rekor yang Dicetak Lionel Messi Sepanjang Piala Dunia 2022

Tak hanya mengantar Argentina meraih gelar juara, Lionel Messi juga sukses mencetak sejumlah rekor mentereng di Piala Dunia 2022. Beberapa di antaranya dapat disimak melalui artikel berikut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Des 2022, 19:13 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 09:00 WIB
Foto: Syukron Qatar, Messi Sah Angkat Trofi Piala Dunia
Timnas Argentina yang dimotori Lionel Messi sebagai kapten akhirnya kembali mengangkat trofi Piala Dunia. Sebelumnya, Tim Tango telah menunggu selama 36 tahun untuk menyabel lagi gelar tersebut. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi sukses menorehkan prestasi membanggakan bersama Timnas Argentina. Pemain berjuluk La Pulga itu baru saja mengantar La Albiceleste menjadi juara Piala Dunia 2022.

Hasil itu didapat usai Messi dan kolega menaklukkan Prancis lewat skema adu penalti di babak final pada Senin (19/12/2022) dini hari WIB. Raihan tersebut membuat bintang Paris Saint-Germain dipandang sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah.

Tak hanya memiliki pencapaian mentereng bersama tim, Messi juga belum bosan-bosan memecahkan rekor individual, baik di kancah domestik maupun internasional, meski usianya sudah memasuki 35 tahun.

Metro mencatat eks bintang Barcelona sebelumnya sudah cukup disegani berkat koleksi tujuh penghargaan Ballon d’Or, sebelas gelar liga, serta empat trofi Liga Champions yang dimiliki.

Kini, catatan gemilang Messi kembali bertambah lewat sejumlah rekor mengesankan baru yang ia torehkan sejak awal perhelatan Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui Messi belum lama ini mencatatkan penampilan ke-1000 dalam karier seniornya ketika melakoni pertandingan babak 16 besar FIFA World Cup kontra Australia di Stadion Ahmed bin Ali pada Minggu (4/12/2022). La Pulga juga turut menyumbangkan gol pembuka yang mengantar Argentina berjaya 2–1 atas Socceroos.

Teranyar, Messi kembali mencatatkan rekor penampilan saat berduel dengan Prancis di final. Pesepak bola kelahiran 1987 menjadi pemain pria yang mentas paling banyak dalam ajang Piala Dunia dengan catatan 26 pertandingan.

Raihan tersebut membuat Messi unggul atas pemain legendaris Lothar Matthaus asal Jerman. Ia juga nyaris tak terkejar dari rival abadi Cristiano Ronaldo yang memainkan empat laga Piala Dunia lebih sedikit ketimbang dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cetak Gol Terbanyak Argentina

Argentina Menang Dramatis Lawan Prancis di Final Piala Dunia 2022
Pemain Argentina Lionel Messi merayakan gol saat melawan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Bermain imbang 3-3 selama 120 menit, Prancis akhirnya tumbang 2-4 dari Argentina dalam drama adu penalti. (AP Photo/Petr David Josek)

Di samping membuktikan determinasi untuk tampil dalam berbagai laga bersama Timnas Argentina, Piala Dunia 2022 juga menunjukkan betapa tajamnya Lionel Messi di depan gawang.

Terbukti, Pemain Paris Saint-Germain (PSG) berhasil menggusur Gabriel Batistuta yang sempat menyandang predikat sebagai pencetak gol terbanyak Argentina sepanjang perhelatan Piala Dunia dengan torehan 10 angka.

Menariknya, rekor ini bahkan sudah direbut Messi saat ia dan timnya baru melewati babak semifinal kontra Kroasia. La Pulga kala itu satu kali membobol gawang lawan lewat tendangan penalti, sehingga memiliki total 11 gol di bawah namanya.

Keberhasilan Messi menambahkan dua angka lagi di menit 23 dan 108 dalam pertandingan final Piala Dunia 2022 melawan Prancis tak pelak membuat sang pemain kian menjauhi rekor legenda Tim Tango terdahulu.


Main di Lima Edisi Berbeda

Foto: Syukron Qatar, Messi Sah Angkat Trofi Piala Dunia
Setelah pemberian trofi Piala Dunia oleh Presiden FIFA, Lonel Messi lalu menghampiri rekan-rekannya yang sudah menantikan trofi tersebut di atas panggung. (AFP/Franck Fife)

Metro mencatat Messi juga telah tampil dalam lima edisi Piala Dunia berbeda. Ia secara berturut-turut membela Argentina di FIFA World Cup 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Piala Dunia yang baru saja dilakoninya konon bakal menjadi kali terakhir La Pulga mentas di ajang serupa. Kendati demikian, kapten La Albiceleste sudah patut berbangga.

Pasalnya, ia resmi dinobatkan sebagai satu dari enam pesepak bola pria di seluruh dunia yang mampu tampil dalam lima perhelatan FIFA World Cup berbeda.

Kemenangan yang diraih dalam Piala Dunia 2022 juga menandai perpisahan manis penggawa Paris Saint-Germain dengan kompetisi sepak bola terakbar empat tahunan itu.


Cetak Gol di Setiap Fase

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi mencetak gol ketiga Argentina ke gawang Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Martin Meissner)      

Rekor tak kalah unik lain yang ditorehkan Lionel Messi ialah keberhasilannya mencatatkan diri sebagai pesepak bola pertama yang sanggup mencetak gol dalam setiap fase atau babak kompetisi Piala Dunia.

Seperti diketahui, La Pulga telah membobol gawang Arab Saudi dan Meksiko saat penyisihan grup. Ia juga mencatatkan namanya di papan skor kala melakoni duel kontra Australia dalam fase 16 besar Piala Dunia 2022.

Tajinya berlanjut ketika Tim Tango meladeni Belanda di delapan besar. Ia pun kembali mengoyak jaring Kroasia dalam semifinal, sebelum melesakkan dua gol sekaligus di duel partai puncak melawan Prancis pada Minggu (18/12/2022) hingga Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya