Ups, Koleksi Trofi Lionel Messi Ternyata Belum Lengkap Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022

Masih ada trofi yang menghilang dari koleksi Lionel Messi setelah membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 23 Des 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 06:00 WIB
Foto: Lionel Messi Bersama Dua Trofi Bergengsi
Bintang Argentina Lionel Messi sukses meraih pemain terbaik Piala Dunia 2022 usai mengantarkan Argentina juara. (Instagram/fifaworldcup)

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi menambah daftar trofi ketika membawa Argentina juara Piala Dunia 2022. Meski begitu, koleksinya ternyata tidak sepenuhnya lengkap.

Messi merupakan salah satu pemain tersukses sepanjang masa. Berbagai gelar yang tersedia sudah dimenangkannya, baik secara kolektif atau individu.

Kehormatan internasional sempat lama menghilang dari capaiannya. Namun, Messi mampu meraihnya di dua tahun terakhir.

Pada 2021 dia memenangkan Copa America di Brasil. Sementara akhir pekan lalu Argentina menguasai Piala Dunia 2022.

Tim Tango mengalahkan Prancis 4-2 di final lewat drama adu penalti untuk menambah koleksi gelar menjadi tiga usai sukses 1978 dan 1986.

Kedua tim sebelumnya berbagi skor sama kuat 3-3 sampai 120 menit berakhir. Tim Tango sempat unggul 2-0 sampai menit ke-79 lewat gol penalti Lionel Messi di menit ke-23 dan gol Angel Di Maria pada menit ke-36. Namun keunggulan dua gol itu disamakan oleh Kylian Mbappe pada menit ke-80 dan menit 81.

Di babak extra time Lionel Messi kembali membawa Tim Tango unggul 3-2, namun lagi-lagi Mbappe mencetak hattrick-nya dan kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Pada babak adu penalti, kiper Argentina, Emiliano Martinez menjadi pahlawan setelah menepis dua tendangan pemain Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni.

Kesuksesan di Qatar pun membuat banyak orang menyangka koleksi trofi Messi komplet. Kenyataannya tidak demikian. Ada satu ajang yang belum dimenangkannya meski sudah tampil di sana.

Kompetisi itu bernama Piala Prancis atau Coupe de France.

 


Lengkap di Barcelona

Perjalanan Manis The Real Goat Lionel Messi di Kancah Sepakbola Dunia
Penyerang Barcelona, Lionel Messi memegang trofi Piala Dunia Klub FIFA 2009 saat ia merayakan kemenangan di Zayed Sports City Stadium di Abu Dhabi pada 19 Desember 2009. Barcelona mengalahkan Estudiantes de La Plata dari Argentina 2-1. (AFP PHOTO /MARWAN NAAMANI)

Messi sudah menguasai seluruh trofi yang tersedia di klub yang membesarkan namanya: Barcelona. Di domestik ada La Liga, Copa del Rey, serta Piala Super Spanyol alias Supercopa de Espana.

Bersama El Azulgrana pula Messi menjuarai turnamen regional dan internasional, mulai Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Pada 2021, Messi terpaksa bercerai dengan Barcelona. Dia pun hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG). Di sinilah Messi mulai merasa ada yang hilang.

Pada musim debut di PSG, Messi langsung mencicipi gelar Ligue 1. Dia kemudian meraih Piala Super Prancis 2022 beberapa bulan lalu.

Namun, Messi sudah bermain di Piala Prancis musim lalu. Pemain kelahiran Rosario itu gagal membawa PSG bicara banyak karena sudah tersingkir di babak 16 besar. Mereka kalah dari Nice melalui adu penalti.

 


Bisa Coba Musim Ini

Foto: 5 Legenda Barcelona yang Bisa Saja Kembali ke Camp Nou setelah Xavi Hernandez dan Dani Alves
Lionel Messi. Kemungkinan Lionel Messi kembali ke Barcelona diungkapkan oleh Presisen Barcelona, Joan Laporta dalam acara presentasi kembalinya Dani Alves. Ia mengisyaratkan akan membuka pintu bagi La Pulga dengan tetap menghormati kontraknya bersama PSG hingga Juni 2023. (AFP/Bertrand Guay)

Tentu Messi masih punya kesempatan melengkapi trofi dan memenangkan Piala Prancis. PSG bakal memulai petualangan pada kompetisi musim ini dengan menghadapi LB Chateauroux di babak 16 besar, awal 2023 mendatang.

Kalaupun gagal, Messi bisa berharap dapat mencapai kehormatan musim depan. Sebab, dia dikabarkan bakal meneken perpanjangan kontrak di PSG.

Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022
Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya