Piala AFF 2022: Lawan Filipina, Indonesia Waspadai Rumput Sintetis Stadion Rizal Memorial

Indonesia akan mewaspadai efek dari rumput buatan (sintetis) Stadion Rizal Memorial, Manila, saat melawan Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 01 Jan 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 14:00 WIB
Timnas Indonesia Gagal Tundukkan Thailand pada Lanjutan Kualifikasi Grup A Piala AFF 2022
Timnas Indonesia akan mewaspadai efek dari rumput buatan (sintetis) Stadion Rizal Memorial, Manila, saat melawan Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin, 2 Januari 2023. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia mewaspadai efek dari rumput Stadion Rizal Memorial, Manila, saat akan melawan Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan ini akan dimainkan pada Senin, 2 Januari 2023 pukul 19:30 WIB.

"Di Indonesia, kami tidak biasa bermain di lapangan sintetis. Jadi, kami mesti beradaptasi, tidak ada jalan lain," kata striker Timnas Indonesia Ilija Spasojevic di Manila seperti dikutip dari Antara.

Menurut pemain yang akrab disapa Spaso tersebut, rumput artifisial membuat bola tidak mengalir dengan kecepatan seperti di rumput alami. Karena itu, skuad Garuda harus terus membiasakan diri mengontrol bola meski sebelumnya sudah berlatih di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, yang juga berumput sintetis.

"Cara berlari juga mesti berbeda. Itulah kenapa kami segera berangkat ke Filipina setelah laga melawan Thailand, untuk beradaptasi," ucap Spaso.

Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata yakin Indonesia tidak kesulitan bertanding di lapangan sintetis. Ini karena mayoritas pemain sudah pernah berlaga pada lapangan rumput artifisial, termasuk di Stadion Rizal Memorial.

Nadeo merupakan salah satu pemain yang pernah merasakan rumput Stadion Rizal Memorial pada SEA Games 2019. Ada juga nama-nama Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Muhammad Rafli dan Egy Maulana Vikri.

"Jadi tidak ada masalah besar. Meski begitu, kami tetap perlu membiasakan diri,"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiket semifinal

Timnas Indonesia Gagal Tundukkan Thailand pada Lanjutan Kualifikasi Grup A Piala AFF 2022
Pemain belakang timnas Indonesia, Jordi Amat Maas (kanan) mendapat kartu kuning dari wasit M Khied S Al Hoish pada lanjutan kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022). Laga berakhir imbang 1-1 meski Indonesia sempat unggul lewat gol yang dicetak Marc Anthony Klok lewat titik putih. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Laga melawan Filipina penting bagi Timnas Indonesia. Sebab, hasil pertandingan ini akan menentukan langkah skuad Garuda ke fase berikutnya.

Indonesia cukup bermain imbang melawan Filipina untuk mendapat tiket semifinal. Tetapi, untuk menjadi juara grup, skuad racikan Shin Tae-yong harus menang besar untuk melampau selisih gol Thailand yang pada laga terakhir akan melawan Kamboja.

Saat ini, Indonesia di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Sedangkan Thailand di puncak klasemen juga dengan tujuh poin, tetapi unggul selisih gol (+9).

Sementara Kamboja di posisi ketiga dengan enam poin. Kemudian Filipina dengan tiga poin dan Brunei Darussalam yang di dasar klasemen belum memiliki poin. Filipina dan Brunei Darussalam sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

 


Jadwal pertandingan

Piala AFF 2022: Indonesia vs Thailand
Para pemain Timnas Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Senin, 2 Desember 2022

19:30 WIB, Filipina vs Indonesia

Venue: Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina

19:30 WIB, Thailand vs Kamboja

Venue: Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand

Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF
Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya