Semifinal Piala AFF 2022: Aturan Gol Tandang Bikin Media Vietnam Khawatir

Media Vietnam khawatir pada aturan gol tandang yang diterapkan di Piala AFF 2022. Dengan aturan ini, Indonesia berpeluang besar lolos ke babak final jika Skuad Garuda sanggup memaksa hasil imbang dengan gol saat bertandang ke markas Vietnam di leg kedua semifinal pada Senin (9/1/2023)

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 09 Jan 2023, 10:51 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2023, 10:50 WIB
Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan di Laga Kandang Semifinal Piala AFF 2022
Pemain depan timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan terkapar usai ditekel pemain Vietnam pada laga kandang semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Laga berlangsung ketat, kedua tim saling adu serang. Laga berakhir imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal bertandang ke markas Vietnam dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Duel antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung di My Dinh National Stadium pada Senin (9/1/2023).

Jelang menghadapi laga kontra Skuad Garuda, media Vietnam TheThao247 khawatir pada posisi The Golden Star. Mereka menilai anak-anak asuh Park Hang-seo punya kerugian besar saat main di rumah sendiri lantaran adanya aturan gol tandang.

Seperti diketahui, Timnas Vietnam sanggup menahan imbang Indonesia dengan 0-0 dalam pertarungan leg pertama babak empat yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (6/1/2023) lalu.

Capaian itu sebenarnya bisa dibilang apik. Pasalnya, The Golden Star sanggup mencegah Dendy Sulistyawan dan kolega menjebol gawang, meski mereka dihujani dukungan dari ribuan suporter yang memadati area SUGBK.

Namun, TheThao247 justru menganggap hasil seri tanpa gol membawa dampak merugikan bagi Vietnam. Tim racikan Park Hang-seo mau tak mau harus menang atas Indonesia jika ingin merebut tiket menuju partai puncak.

Apabila hasil imbang kembali tersaji, dengan duo tim memiliki jumlah gol yang sama, maka Timnas Indonesialah yang berhak lolos ke babak selanjutnya.

“Karena Piala AFF kembali menerapkan aturan gol tandang, pasukan Golden Star menghadapi banyak kesulitan. Kegagalan mencetak gol di kandang lawan pada leg pertama semifinal membuat Vietnam harus memenangkan laga kedua demi merebut tiket ke babak selanjutnya.”

“Jika kedua tim saling beradu mencetak gol, Indonesialah yang akan lolos ke final. Jika hasil imbang 0-0 kembali terulang, kedua tim harus melakukan adu penalti,” tulis TheThao247 dalam laporannya jelang semifinal leg kedua Piala AFF 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Format Kandang-Tandang

Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan di Laga Kandang Semifinal Piala AFF 2022
Pemain timnas Indonesia tertunduk usai melakoni laga kandang semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Laga berlangsung ketat, kedua tim saling adu serang. Laga berakhir imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekadar informasi, Piala AFF memang kembali mengusung format kandang-tandang dalam edisi 2022. Hal ini membuat aturan gol tandang–yang menjadi sumber kekhawatiran media Vietnam– lagi-lagi ikut diberlakukan.

Format tersebut sempat tak diterapkan di edisi sebelumnya. Kala itu, turnamen sepak bola level Asia Tenggara hanya digelar di Singapura sebagai buntut dari merebaknya pandemi COVID-19.

Dalam pertandingan babak semifinal, tiap-tiap tim diberi jatah sekali bermain di kandang (home) dan sekali bermain tandang (away). Indonesia sudah lebih dulu menjamu Vietnam di leg pertama semifinal pada Jumat (6/1/2023).

Adapun Vietnam baru memperoleh giliran menghelat pertandingan kandang di leg kedua. Duel tersebut dijadwalkan kick-off pada Senin (9/1/2023) mulai pukul 19.30 WIB.


Percaya Diri

Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan di Laga Kandang Semifinal Piala AFF 2022
Pemain tengah timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) berebut bola dengan Nguyen Hoang Duc (Vietnam) pada laga kandang semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Indonesia akan melakoni laga tandang semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam pada Senin (9/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Meski disebut memiliki kerugian, pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo cukup percaya diri pada kemampuan anak-anak asuhnya. Ia yakin pasukan The Golden Star lebih kuat dibanding Indonesia saat melakoni semifinal Piala AFF 2022.

“Memang Indonesia sangat kuat, tetapi saya pikir Vietnam lebih kuat. Seperti yang kita tahu, Shin Tae-yong sudah bekerja (lebih dari) dua tahun di Indonesia dan memiliki banyak pemain naturalisasi,” ujarnya dalam konferensi pers selepas laga di SUGBK, Jumat (6/1/2023).

“Akan tetapi, saya pernah mengalahkan Indonesia 4-0 (di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia). Sekali lagi, saya pikir Indonesia adalah tim yang kuat, tetapi kami lebih kuat,” tandas Park Hang-seo dalam kesempatan yang sama.

Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF
Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya