Hasil Piala AFF 2022 Thailand vs Malaysia: Seruduk Harimau Malaya, Gajah Perang Tantang Vietnam di Final

Thailand mengakhiri rekor buruk melawan Malaysia untuk melaju ke final Piala AFF 2022. Gajah Perang menyeruduk Harimau Malaya 3-0 pada leg kedua semifinal di di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023).

oleh Harley Ikhsan diperbarui 10 Jan 2023, 21:48 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 21:21 WIB
Foto: Barisan 5 Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF, Teerasil Dangda Terdepan dan Satu-satunya yang Berstatus Pemain Aktif
Teerasil Dangda membuka keunggulan Thailand atas Malaysia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (AFP/Roslan Rahman)

Liputan6.com, Jakarta - Thailand mengakhiri rekor buruk melawan Malaysia untuk melaju ke final Piala AFF 2022. Gajah Perang menyeruduk Harimau Malaya 3-0 pada leg kedua semifinal di di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023).

Teerasil Dangda ('19), Bordin Phala ('55), Adisak Kraisorn ('71) mencatatkan nama di papan skor untuk membawa Thailand memutar agregat jadi 3-1. Sebelumnya mereka menyerah 0-1 pada pertemuan pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1/2023).

Ini adalah kemenangan pertama Thailand atas Malaysia dalam delapan pertemuan terakhir. Anak asuh Alexandre Polking selanjutnya menghadapi Vietnam pada perebutan gelar Piala AFF 2022. Vietnam melaju ke partai puncak setelah unggul agregat 2-0 atas Indonesia.

Thailand berkesempatan mempertahankan gelar, sekaligus mempertegas dominasi, setelah memenangkan enam edisi. Sedangkan Vietnam memburu gelar ketiga sepanjang sejarah. 

Leg pertama final berlangsung di Hanoi pada 13 Januari mendatang, dengan duel kedua digelar di Pathum Thani tiga hari berselang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Susunan Pemain

Piala AFF - Ilustrasi Piala AFF 2022
Piala AFF - Ilustrasi Piala AFF 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

Thailand: Kampol Pathomakkakul; Sasalak Haiprakhon, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Sarach Yooyen, Peeradon Chamratsamee, Bordin Phala, Ekanit Panya, Teerasil Dangda

Malaysia: Ahmad Syihan Hazmi; Muhammad Azam Sharul Nazeem, Dominic Tan Jun Jin, Mohamad Faisal, Stuart John Wilkin, Darren Yee Deng Lok, Muhammad Fazly, Mohd Nor Hakim, Muhammad Mukhairi Ajmal, Brendan Seng Ling Gan

 
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya