Begini Tahapan Pemilihan Ketum dan Waketum PSSI Pasca Kongres Biasa 2023

PSSI tengah berburu pengurus baru untuk menakhodai federasi sepanjang periode 2023-2027. KP dan KBP akan mengawal proses hingga terlaksananya Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Jan 2023, 22:04 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2023, 18:00 WIB
Didampingi Sultan Milenial, Erick Thohir Resmi Daftar Jadi Calon Ketua Umum PSSI
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Kaesang Pangarep, Baim Wong saat mengembalikan formulir pendaftaran calon Ketua Umum PSSI di Gedung GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023). Erick Thohir bakal maju dalam bursa calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - PSSI telah menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/1/2033). Salah satu agenda penting dalam acara tersebut ialah pengesahan anggota Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Seperti diketahui, PSSI tengah berburu pengurus baru untuk menakhodai federasi sepanjang periode 2023-2027. Adapun KP dan KBP nantinya akan mengawal proses hingga terlaksananya Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang.

Ketua KP Amir Burhanuddn menjelaskan tahap-tahapan pencalonan hingga pada pemilihan Ketum, Waketum, dan Exco PSSI bulan depan. Ia mengungkap, pihaknya bakal melakukan pendataan calon pasca ditutupnya pendaftaran pada Senin (16/1/2023) sore, lalu menetapkan daftar calon sementara.

"(Agenda) yang terdekat adalah masa penutupan tanggal 16 (Januari) pukul 18.00. Selanjutnya kita akan melakukan pendataan seluruhnya, siapa calon ketua, siapa calon wakil ketua, dan siapa calon komite eksekutif, baik yang didukung maupun yang dengan sendirinya mengajukan.

"Nanti akan ada rekapitulasi daftar nama calon. Kita verifikasi, kemudian kita umumkan calon sementara," ujarnya pasca Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu (15/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masa Banding

Pendaftaran dan Penyerahan Berkas Bakal Calon Ketua Umum PSSI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Bakal Calon Ketua Umum PSSI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyerahkan berkas pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum PSSI kepada Staff PSSI yang berlangsung di GBK Arena, Jakarta, Jumat (13/01/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lebih lanjut, Amir juga memaparkan akan ada masa banding bagi calon yang dinyatakan gugur. Setelahnya, daftar nama akan dikembalikan kepada KP untuk kemudian diumumkan daftar calon tetap.

"Nanti ada masa banding. Nama-nama yang dinyatakan gugur, kalau mempunyai hak mengajukan banding, maka akan ada masa banding. Setelah masa banding, persidangan, nama-nama akan dikembalikan lagi kepada komite pemilihan, lalu komite pemilihan akan menetapkan calon tetap."

"Setelah calon tetap, nanti kita akan memberikan peluang bagi seluruh calon untuk menemui voters, menyampaikan visi misinya dan lain sebagainya. Kalau pun, misalnya itu dilakukan dalam sehari, maka kami akan mengatur jamnya, mungkin si calon 'A' pukul 13.00 - 14.00 WIB, lalu si 'B' setelahnya. Kami menghindari debat."

"Saat pemilihan akan dipilih sendiri-sendiri, tidak satu paket. Ketua dilipih sendiri, wakil dipilih sendiri, komite eksekutif dipilih sendiri," sambung dia.


Daftar KP dan KBP

Arif Burhanudin Ketua KP PSSI
Amir Burhanudin terpilih sebagai ketua Komite Pemilihan (KP) pada Kongres Biasa PSSI, Minggu (15/1/2023) di Hotel Sultan, Jakarta. (Bola.com/Hery Kurniawan)

Sekadar informasi, terdapat total sebelas nama yang disahkan sebagai anggota KP dan KBP dalam Kongres Biasa PSSI 2023. Sebanyak tujuh di antaranya merupakan bagian dari KP, sementara empat sisanya tergabung dalam KBP.

Berikut daftar nama anggota Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) Kongres PSSI 2023.

A. KOMITE PEMILIHAN

1. Amir Burhanuddin

2. Sudarmadji

3. Ismu Puruhito

4. M. Armisyam Latuconsina

5. Aulia Arief

6. Paska Sembiring

7. Aditya Yando

B. KOMITE BANDING PEMILIHAN

1. Gusti Randa

2. Aven Hinelo

3. Diego Saputra

4. Joko Tetuko

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya