Robert Lewandwoski Puji Calon Rekrutan Baru Arsenal: Pemain Luar Biasa

Bintang Barcelona dan Timnas Polandia Robert Lewandowski memuji Jakub Kiwior yang dirumorkan bakal segera menjadi rekrutan baru Arsenal di bursa transfer Januari. Menurutnya, sang pemain merupakan sosok luar biasa.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Jan 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 14:30 WIB
Jakub Kiwior
Bek Spezia, Jakub Kiwior (dua dari kanan) ketika mencoba menahan tembakan penyerang Lazio, Pedro Rodriguez. (AFP/Vincenzo Pinto)

Liputan6.com, Jakarta Bintang Barcelona dan Timnas Polandia Robert Lewandowski memberi pujian setinggi langit buat calon bek baru Arsenal Jakub Kiwior. Eks pemain Bayern Munchen itu menilai kompatriotnya merupakan sosok yang luar biasa.

Sekadar informasi, The Gunners memang telah membuat sejumlah pergerakan di bursa transfer Januari. Skuad asuhan Mikel Arteta baru saja menyelesaikan penandatanganan pertama mereka setelah Leandro Trossard diboyong dari Brighton dengan mahar 27 juta poundsterling.

Arsenal pun tak butuh waktu lama untuk mendaratkan pemain baru di Emirates. Klub yang menghuni puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 kabarnya nyaris merampungkan transfer Jakub Kiwior seharga 17,5 juta poundsterling dari Spezia.

Dilansir dari Metro, perekrutan Kiwior sejatinya menjadi hal yang cukup mengejutkan. Pasalnya, bek berusia 22 tahun tersebut bukanlah sosok yang familiar buat penggemar The Gunners.

Walau begitu, Kiwior punya reputasi yang baik di Italia. Pesepak bola asal Polandia juga berjasa membantu negaranya tembus ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, sekaligus menjaga dua clean sheet dalam empat pertandingan di kompetisi sepak bola terakbar dunia.

Tak heran jika kehadiran Kiwior mampu menarik perhatian kapten Timnas Polandia. Lewandowski sampai melontarkan pujian kepadanya, meski Kiwior baru melakoni debut di level internasional pada musim panas lalu.

“Dia (Kiwior) memiliki potensi besar. Saat pemanasan (jelang) pertandingan dengan Belanda, saya berpikir ‘Siapa orang ini?’ Kemudian selama pertandingan saya menyadari bahwa dia luar biasa,” tutur Lewy, seperti dilansir dari Metro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serba Bisa

Inter Milan Bantai Spezia di Stadion San Siro
Pemain Inter Milan Romelu Lukaku (kanan belakang) berebut bola dengan pemain Spezia Jakub Kiwior pada pertandingan sepak bola Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, 20 Agustus 2022. Inter Milan menang 3-0. (AP Photo/Luca Bruno)

Kiwior memang layak dikategorikan sebagai pemain yang serba bisa. Lewandowski bahkan sempat meminta Barcelona untuk mengontrak sang pemain tahun lalu.

Tak hanya tampil menjadi bek tengah, pesepak bola kelahiran tahun 2000 itu juga disebut mampu bermain di posisi bek kiri atau gelandang bertahan.

Metro mengeklaim peran ini kerap dimainkan Kiwior di Spezia, saat tim asal Italia masih ditukangi oleh mantan manajer sekaligus ikon lini tengah Thiago Motta.

“Dia tidak banyak bermain di awal, tetapi dia berlatih dengan baik. Kami memang butuh pemain yang mampu memberi kami lebih banyak keseimbangan, dan hal itu kami temukan dalam diri Jakub,” ujar Motta pasca debut Kiwior melawan Inter Milan.

“Kami juga mencoba memainkannya di lini tengah, dan dia adalah pemain yang cerdas serta bekerja keras. Itu peran yang sulit, tetapi dia berhasil melakukannya. Dia memberi kami keseimbangan, dan itulah yang kami cari,” sambung eks pelatih Spezia.


Rekrutan Lain

Foto: 5 Talenta Muda Harapan Real Madrid di Masa Depan
Eduardo Camavinga - Talenta muda asal Prancis ini menjadi pemain masa depan Real Madrid. Meski baru berusia 20 tahun namun Camavinga telah menunjukan atribut seorang bintang di masa mendatang. Ia memiliki kecepatan, umpan akurat dan berbahaya di depan gawang lawan. (AFP/Gabriel Bouys)

Meski bakal mendatangkan pemain apik sekelas Kiwior, Arsenal nampaknya belum akan menghentikan aktivitas mereka di bursa transfer Januari. Laporan terkini mengeklaim The Gunners tertarik meminjam Eduardo Camavinga dari Real Madrid.

Pemain berusia 20 tahun itu baru bergabung dengan Los Blancos pada 2021. Sayangnya, ia tak terlalu sering mendapat kepercayaan menjadi starter reguler di La Liga musim ini.

Camavinga pun dipandang cocok hijrah sementara ke Emirates. Bakat dan kemampuan teknisnya bisa menjadi senjata ampuh bagi tim racikan Mikel Arteta untuk menambah kedalaman skuad di paruh kedua Liga Inggris 2022/2023.

The Gunners rencananya tak bakal lama-lama meminjam Camavinga. Mereka hanya ingin menyewa jasanya selama enam bulan. Kendati demikian, belum diketahui apakah Real Madrid bersedia menyetujui kesepakatan pinjaman untuk penggawa internasional Prancis itu.


Rencana Jangka Panjang

Foto: 5 Sosok Calon Pengganti Fernandinho di Skuat Manchester City
Declan Rice merupakan piar utama lini tengah West Ham United asuhan David Moyes. Penampilan apiknya membuat Rice banyak diincar oleh beberapa klub top Liga Inggris. Namun, The Hammers mematok harga mahal bagi tim yang ingin memboyong pemain andalannya. (AFP/Daniel Leal)

Lebih lanjut, juru taktik The Gunners pun sudah menyiapkan rencana jangka panjang untuk menyongsong jendela transfer musim panas. Arsenal konon bakal menempatkan Kapten West Ham Declan Rice sebagai prioritas nomor satu mereka pada akhir musim.

Sekadar informasi, The Hammers memang tidak tertarik menguangkan sang pemain dalam bursa transfer Januari. Walau begitu, pihak klub kabarnya berambisi mengejar tawaran senilai 100 juta poundsterling untuk pemain internasional Inggris di pengujung musim.

Selain Rice, Arsenal juga mengantongi nama lain untuk memperkuat lini tengah skuadnya. Mereka diketahui sudah lama menaruh hati pada Youri Tielemans. Pemain Leicester itu bisa didatangkan secara gratis saat musim panas, jika dirinya tak menandatangani kontrak baru.

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya