Bos MU Erik Ten Hag Sempat Ditawari 9 Gelandang Sebelum Pilih Marcel Sabitzer

MU mendatangkan Marcel Sabitzer pada hari terakhir bursa transfer Januari 2023 dari Bayern Munchen dengan status pemain pinjaman. Sebelum memilih Sabitzer, Manajer MU Erik ten Hag sempat ditawari sembilan gelandang lain.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 07 Feb 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2023, 11:30 WIB
Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Manchester - Manchester United mendatangkan Marcel Sabitzer dari Bayern Munchen pada hari terakhir bursa transfer Januari 2023. Gelandang berusia 28 tahun itu pindah ke Old Trafford dengan status pemain pinjaman sampai akhir musim 2022/2023.

MU mendatangkan Sabitzer setelah Christian Eriksen mengalami cedera. Pemain Denmark yang menjadi salah satu mesim Setan Merah itu akan absen hingga April mendatang.

Wakil manajer Man Utd Andy O'Boyle, kepala perekrutan Steve Brown, dan direktur ilmu data klub Dominic Jordan terlibat dalam proses perekrutan Sabitzer. ESPN mengungkapkan, Erik ten Hag sempat ditawari sembilan gelandang lain sebelum memutuskan memilih Sabitzer.

Pemain Austria itu dinilai bagus dengan bola di kakinya dan memiliki kemampuan menembak dari luar kotak penalti. Selanjutnya, sikap Sabitzer adalah aset bagi tim mana pun.

"Kami sangat senang dengan transfer ini karena kami membutuhkannya. Untuk mendatangkan pemain berkualitas pada hari tenggat waktu, itu sulit, tapi kami mendapat kesempatan ini," kata Ten Hag seperti dikutip Daily Star.

Direktur olahraga MU John Murtough mengatakan klub telah lama memantau Sabitzer. "Marcel adalah pemain yang telah kami pantau sejak lama. Peluang muncul dengan cepat dan kami tahu bahwa dia adalah seseorang dengan kemampuan dan karakter untuk memberikan pengaruh," paparnya.

"Dia menambah kualitas skuad kami dan pengalaman di ruang ganti, dan kami semua senang menyambutnya di United."

 


Debut Marcel Sabitzer di Manchester United

Marcel Sabitzer - Manchester United - Liga Inggris
Gelandang Manchester United Marcel Sabitzer dalam pertandingan Liga Inggris antara MU dan Crystal Palace di Old Trafford. Manchester, Sabtu, 4 Februari 2023. (Foto AP / Dave Thompson)

Marcel Sabitzer menjadi cameo saat Manchester United menang 2-1 atas Crystal Palace pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (4/2/2023) lalu. Dia menggantikan Antony pada menit ke-81.

Sabitzer hanya melakukan empat sentuhan bola dan menyelesaikan dua dari tiga percobaan operannya. Selain itu, dia dilanggar sekali dan membuat satu sapuan selama pertandingan.

Manajer MU Erik ten Hag memuji debut Sabitzer. "Dia mengerti sepak bola. Anda melihatnya langsung dari awal. Anda telah melihatnya dalam pelatihan juga, tapi ya, dia melakukannya dengan cukup baik," kata Erik Ten Hag dilansir dari situs resmi Manchester United.

Ahli taktik asal Belanda itu menambahkan Sabitzer cukup tenang saat menguasai bola. Ia pun optimistis Sabitzer bisa memberikan dampak positif bagi Manchester United.

"Dia benar-benar tenang saat menguasai bola dan dia tahu cara bertahan sehingga Anda membutuhkan pemain seperti itu yang memahami permainan dan akan membawa semangat yang tepat," ucap Ten Hag.

 


Janji Surga

Foto: Aksi Debut Marcel Sabitzer Bareng MU, Bantu Setan Merah Kantongi Tiga Poin dengan 10 Pemain di Liga Inggris
Pemain baru Manchester United, Marcel Sabitzer (kanan) berebut bola dengan pemain Crystal Palace, Eberechi Eze pada laga pekan ke-22 Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford, Manchester, Sabtu (04/02/2023). Ini merupakan laga debut Sabtizer setelah dirinya didatangkan dari Bayern Munchen dengan status pinjaman pada bursa transfer Januari 2023. (AFP/Lindsey Parnaby)

Meski cuma ban serep, Marcel Sabitzer memberikan janji surga kepada fans Manchester United. Eks pemain Red Bull Leipzig itu akan memberikan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya selama di Old Trafford.

"Saya akan memberikan segalanya untuk jersey ini. Saya sangat senang berada di sini, saya akan memberikan yang terbaik dan kita lihat apa yang terjadi, tapi saya di sini untuk memenangkan trofi," ujar Sabitzer kepada MUTV.

"Manchester United adalah klub besar dengan penggemar yang fantastis. Old Trafford adalah stadion besar, saya pernah bermain di sana sekali - saat itu kosong - tapi saya merasa itu sangat menyenangkan."


Peringkat

ilustrasi liga inggris
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya