Indonesia Disingkirkan China di Perempat Final Piala Sudirman 2023, Armand Darmadji: Kegagalan Kita Semua

Manajer tim bulu tangkis Indonesia Armand Darmadji menegaskan kegagalan di Piala Sudirman 2023 adalah kegagalan kita semua. Indonesia kalah 0-3 dari tuan rumah sekaligus unggulan teratas China pada laga perempat final.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 19 Mei 2023, 23:37 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 23:37 WIB
Armand Darmadji - Piala Sudirman 2023 - Bulu Tangkis
Manajer tim bulu tangkis Indonesia Armand Darmadji menegaskan kegagalan di Piala Sudirman 2023 adalah kegagalan kita semua. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan tim bulu tangkis Indonesia pada Piala Sudirman 2023 hanya sampai perempat final. Skuad Merah Putih ditaklukkan tuan rumah sekaligus unggulan teratas China 0-3 di Suzhou Olympic Sports, China, Jumat (19/5/2023).

Melawan China, Indonesia membuat kejutan pada partai pertama dengan memainkan ganda campuran dadakan Rinov Rivaldy/Gloria Emanuelle Widjaja. Pasangan ini memberi harapan setelah menang pada game pertama dengan skor 21-13.

Bahkan, Rinov/Gloria juga memiliki peluang memenangkan game kedua setelah unggul 19-14. Namun, pasangan China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong mampu membalikkan keadaan dan menang 23-21. Pada set ketiga atau penentuan, Rinov/Gloria kembali kalah 11-21.

Anthony Sinisuka Ginting yang turun di partai kedua juga kalah dari Shi Yu Qi. Tunggal putra peringkat dua dunia itu takluk 20-22 dan 14-21.

Tertinggal 0-2, Gregoria Mariska Tunjung menjadi harapan untuk menjaga asa Indonesia. Namun, juara Spain Masters 2023 juga harus mengakui keunggulan tunggal putri China Chen Yu Fei 20-22 dan 11-21.

Meski tak lolos ke semifinal Piala Sudirman, manajer tim Indonesia Armand Darmadji mengapresiasi perjuangan Skuad Merah Putih.

"Terima kasih kepada pemain, pelatih, dan tim pendukung yang sudah berjuang hebat hari ini. Kekalahan ini, bukan kekalahan seorang pemain, tetapi kegagalan kita semua," kata Armand Darmadji dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari PBVSI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mohan Maaf

Anthony Sinisuka Ginting - Piala Sudirman 2023 - Bulu Tangkis
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Shi Yu Qi dari China pada partai kedua perempat final Piala Sudirman 2023 di Suzhou Olympic Sports, China, Jumat (19/5/2023). Indonesia sementara tertinggal 0-2 dari China. (foto: PBSI)

Manajer tim Indonesia Armand Darmadji menambahkan: "Kami mohon maaf kepada badminton lovers dan masyarakat Indonesia karena belum mampu meraih kemenangan dan memboyong Piala Sudirman tahun ini."

"Para pemain sudah berjuang maksimal. Telah berjuang hingga titik darah penghabisan. Tugas berat sudah dilaksanakan, meskipun kita belum berhasil meraih kemenangan."

"Dalam olahraga, biasa ada kalah dan menang. Dalam olahraga tidak semuanya bisa berakhir indah dan manis, seperti di film-film," ucap Armand.

"Setelah kegagalan ini, pemain Indonesia harus bisa bangkit untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Kepala harus tetap tegak dan kegagalan ini jangan selalu jadi beban."

 


Sudah Berjuang

Gregoria Mariska Tunjung - Piala Sudirman 2023 - Bulu Tangkis
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Piala Sudirman 2023. (foto: PBSI)

Meski belum berhasil di Piala Sudirman 2023, Armand Darmadji mengaku sebagai manajer tim tetap bangga. Kebersamaan dan kekompakan tim ini menjadi energi positif yang sangat baik untuk terus dijaga. Kita harus bangkit, semua harus berbesar hati, jangan minder atau sampai down," tegasnya.

"Semua sudah berjuang mati-matian di lapangan. Saya bangga. Terima kasih atas perjuangan pemain, pelatih, dan tim pendukung. Semoga ke depan, kita bisa memboyong Piala Sudirman," pungkas Armand.

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya