Persija Berharap 4 Pemain Timnas Indonesia U-22 Tularkan Mental Juara SEA Games 2023 dalam Skuad

Persija Jakarta ucapkan selamat kepada 4 pemainnya yang sudah membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Presiden Persija berharap mental juara bisa menular dalam skuad.

oleh Defri Saefullah diperbarui 23 Mei 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 11:30 WIB
BRI Liga 1 2022/2023: Persija Jakarta vs Rans Nusantara FC
Pemain Persija Jakarta, Rio Fahmi (depan) bersama Muhammad Ferarri dua diantara pemain yang memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta menyumbangkan empat pemain di Timnas Indonesia U-22 yang juara dan rebut emas SEA Games 2023 cabor sepak bola. Ini membuat Macan Kemayoran bangga karena para pemain mereka memberi kontribusi

Witan Sulaeman, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, dan bek baru Persija, Rizky Ridho Ramadhani, bahu-membahu dengan pemain lain dalam membentuk skuad yang solid di SEA Games 2023. Keempat nama itu memiliki peran masing-masing di skuad besutan Indra Sjafri.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-22, khususnya kepada Witan, Rio, Ferarri, dan Ridho. Dia berharap 4 pemain ini bisa transfer mental juara ke dalam skuad Persija.

"Persija mengucapkan terima kasih kepada Timnas Indonesia U-22 yang akhirnya mampu menghentikan dahaga 32 tahun Indonesia akan medali emas SEA Games," kata Prapanca seperti dikutip situs resmi klub

"Kami sangat bangga dengan perjuangan seluruh elemen di Timnas. Pencapaian ini tentu menjadi motivasi kepada semua orang yang terlibat di dalam sepak bola nasional bahwa Indonesia bisa jadi yang terbaik di level internasional,” kata Prapanca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transfer Mental Juara ke Persija

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Filipina
Selebrasi bek Timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi setelah terjadinya gol Marselino Ferdinan ke gawang Filipina pada laga pertama SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Witan, Rio Fahmi, Muhammad Ferrari dan Rizky Ridho mendapatkan peran masing-masing di Timnas Indonesia U-22. Namun keempat pemain sama-sama berjuang maksimal demi emas SEA Games meski lalu ujian yang berat.

Semangat dan mental juara ini yang diharapkan bisa menular ke Persija Jakarta. Saat ini, Persija sudah memulai persiapan dengan melakukan tes fisik kepada pemain pada Senin (22/5/2023).

:Kami pun bersyukur bahwa Witan, Rio, Ferarri, dan Ridho, memiliki kontribusi yang besar bersama Timnas Indonesia U-22. Harapan kami semoga mereka tidak puas dengan pencapaian saat ini karena masih ada potensi dalam diri mereka yang harus terus dikembangkan," kata Muhamad Prapanca.

"Selain itu, semoga mental juara SEA Games bisa mereka transfer ke rekan-rekannya di Persija agar mentalitas kami semakin tangguh dalam mengarungi musim depan,” tuturnya lagi.

 


Persija Termotivasi Kembangkan Pemain Muda

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Filipina
Kapten Timnas Indonesia U-22, Rizky Ridho Ramadhani memasuki lapangan sebelum dimulainya laga Grup A SEA Games 2023 menghadapi Filipina di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Melihat prestasi yang didapatkan Timnas Indonesia U-22, Persija pun makin termotivasi dalam mengembangkang pembinaan usia muda.

“Rio dan Ferarri adalah produk dari program Persija Development. Setelah itu, mereka diberikan kepercayaan berupa menit bermain yang ideal bersama tim senior di Liga 1," katanya.

"Mereka telah matang di kompetisi sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Persija akan terus konsisten membina para pemain muda,” ucap Prapanca.


Dapat Libur Tambahan

SEA Games 2023: Final: Timnas Indonesia U-22 vs Thailand
Striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta dan Rizky Ridho Ramadhani ditempel ketat pemain Thailand pada laga final cabor sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Empat pemain Persija Jakarta yaitu Witan Sulaeman, Muhammad Ferarri, Ilham Rio Fahmi, dan Rizky Ridho mendapatkan libur tambahan usai membela Timnas Indonesia di SEA Games 2023. Mereka berkontribusi untuk perolehan medali emas di cabor sepak bola SEA Games 2023 yang sudah tidak didapatkan selama 32 tahun.

Usai mengikuti konvoi kemenangan Timnas Indonesia U-22, 4 pemain Persija itu langsung pulang ke kampung halamannya masing-masing. Sebelumnya, mereka belum merasakan libur usai Liga 1 2022/2023 berakhir. Sebab, keempat nama itu langsung bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 untuk berjuang di SEA Games, Kamboja.

Rio Fahmi dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Thailand dalam partai final di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam. Indonesia menang dengan skor akhir 5-2. Rio yang menyumbang satu assist pada partai final itu menjelaskan bahwa dirinya dan yang lain langsung bergegas pulang kampung setelah Timnas U-22 dibubarkan pada Jumat (19/5/2023) malam.

"Timnas sudah dibubarkan. Paginya saya langsung bergegas naik kereta pulang ke Banjarnegara. Begitu juga dengan yang lain, Ridho pulang ke Surabaya dan Witan pulang ke Palu. Kalau Ferarri enak sudah di Jakarta jadi sudah tidak perlu bepergian lagi," ucap Rio seperti dikutip situs Persija.

Meski pun pulang kampung, Rio belum bisa beristirahat total. Pasalnya, masih ada beberapa jadwal undangan yang harus dihadirinya.

"Saya belum bisa langsung bisa liburan setelah sampai di Banjarnegara karena saya mendapat undangan dari Gubernur Jawa Tengah dan beberapa undangan lainnya. Setelah itu baru saya bisa sedikit bernafas,” kata bek sayap Persija berumur 21 tahun itu.


Persija Sudah Mulai Berlatih

Foto: Persija Jakarta Kalahkan Persib Bandung 2-0
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu (kiri), berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Ciro Alves, dalam dalam laga tunda pekan ke-28 BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (31/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Masa libur yang tengah dijalani Rio, Ferarri, Ridho, dan Witan saat ini sudah mendapatkan izin dari juru taktik Persija, Thomas Doll. Sebab, sejatinya Persija sudah memulai persiapan musim depan pada Senin, 22 Mei 2023. Pada tanggal tersebut Persija mengagendakan fitnest test dan medical test.

Rio dan tiga pemain lainnya dipastikan akan mengikuti fitnest test dan medical test susulan pada 5 Juni 2023.

"Memang setelah Liga 1 sudah selesai, kami belum dapat liburan yang panjang. Berhubung para pelatih memberikan izin kepada kami untuk libur lebih lama, jadi kami akan melakukan tes susulan," ujar Rio.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya