Tanpa Lionel Messi, Timnas Indonesia Masih Bisa Belajar dari Skuad Inti Timnas Argentina

Timnas Indonesia tetap menghadapi pemain berkelas dunia meski Timnas Argentina tidak diperkuat Lionel Messi. Soalnya Argentina membawa skuad inti yang main di PIala Dunia 2022 lalu.

oleh Defri Saefullah diperbarui 17 Jun 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 11:15 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Sambut Langsung Kedatangan Argentina
Duel antara Timnas Indonesia vs Argentina dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/6/2023) malam WIB. (FOTO: instagram.com/erickthohir/)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina akan melanjutkan tur Asia melawan Timnas Indonesia usai main melawan Australia di Beijing China pada 15 Juni 2023 lalu. Argentina pun sudah tiba di Jakarta pada Jumat (16/6/2023) malam dan disambut langsung Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Pertarungan Timnas Indonesia dengan Timnas Argentina ini menurut Erick menjadi ajang untuk mengadu nyali, skill, mental dan taktik untuk belajar dari ranking 1 dunia.Meski tanpa kehadiran Lionel Messi, juara dunia sepak bola tetap serius untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Keseriusan ini dapat dilihat dari Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia yang memboyong pemain kelas dunia ke Indonesia. Mereka yang datang ke Jakarta juga pemain yang main di Piala Dunia Qatar seperti Emiliano Martinez (Aston Villa), Enzo Fernandez (Chelsea), Rodrigo De Paul (Atletico Madrid), Julian Alvarez (Manchester City) dan Alexis Mac Allister (Liverpool).

Pengamat sepak bola, Pangeran Siahaan menilai tanpa kehadiran Messi, pertandingan antara Timnas Indonesia mrlsesn Argentina tetap jadi tontonan menarik untuk fans sepak bola Indonesia. Duel ini juga disebutnya akan menjadi sarana bagi masyarakat Indonesia untuk belajar banyak dari juara piala dunia 2022.

"Tim Argentina yang dating merupakan tim inti yang membawa Argentina menjadi juara dunia di Qatar tahun 2022 yang lalu. Memang ada beberapa pemain yang tak bisa hadir ke Indonesia karena liburan. Tanpa adanya Messi atau pemain lain yang masih melakukan liburan tak akan mengurangi status Argentina sebagai juara dunia 2022," kata Pangeran Siahaan seperti keterangan tertulis yang diterima media.

"Apa lagi skuad yang diboyong Argentina bukan kaleng-kaleng. Saya melihat pertandingan Timnas Indonesia dan Timnas Argentina ini masih menjadi suguhan yang sangat menarik untuk disaksikan oleh masyarakat Indonesia," dia menambahkan.

 


Pertandingan Bersejarah Timnas Indonesia Melawan Argentina

Alejandro Garnacho
Pemain Timnas Argentina, Alejandro Garnacho, tiba di Indonesia, Jumat (16/6/2023). (Dok AFA)

 

Saat ini Ketua PSSI Erick Thohir adalah orang yang bisa mengukir sejarah dengan menghadirkan tim paling top yang pernah datang dan bertanding di Indonesia. Terakhir laga Timnas Indonesia dengan tim besar dunia dilakukan tahun 2013.

Saat itu Timnas Indonesia menghadapi Timnas Belanda. Kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia merupakan sebuah kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk menghadapi juara dunia sepak bola.

Pertandingan ini akan menjadi pembelajaran yang sangat bagus bagi Timnas Indonesia.Jika dilihat dari ranking, kualitas dan performa antara Timnas Indonesia dengan Timnas Argentina, Pangeran melihat adanya gap yang sangat jauh.

Namun kesempatan untuk melawan juara dunia di lapangan hijau dinilai Pangeran merupakan sebuah kesempatan yang langka dan tak dimiliki oleh semua negara. Dia menilai berapapun skor yang tercipta bukan hal yang utama.

“Ada atau tidaknya Messi, pertandingan ini merupakan pertandingan yang harus disaksikan oleh masyarakat dan pencinta bola di Indonesia. Pertandingan dengan tim besar dunia tak setiap saat dapat dilakukan. Apa lagi Timnas Indonesia yang berada di peringkat 149 akan bertanding dengan peringkat pertama FIFA," katanya.


Melihat Kemampuan Timnas Argentina Sang Juara Piala Dunia

Enzo Fernandez
Enzo Fernandez dkk.tiba di Jakarta, Jumat (16/6/2023) malam. Pengawalan untuk pemain Timnas Argentina sangat ketat. (Dok PSSI)

Pangeran Siahaan mengatakan, Timnas Indonesia bisa belajar banyak. Meski hanya 90 menit, pemain Indonesia bisa belajar bagaimana memainkan permainan sepak bola yang bagus.

"Saya berharap nantinya pertandingan akan kompetitif. Skor menurut saya tak terlalu penting bagi pertandingan persahabatan seperti di FIFA Match Day ini," ujarnya.

"Namun yang penting adalah dapat melihat Timnas Indonesia dengan Timnas Argentina dan melihat bagaimana skil, taktik, performa pemain itu yang penting bagi saya. Sebab ini untuk prestasi Timnas Indonesia kelak," dia menambahkan.

Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022
Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya