Sikap Tegas Erik ten Hag, Hanya Pemain Muda Berlevel Dunia yang Dapat Tempat di Manchester United

Para pemain muda Manchester United harus berada di level kelas dunia di usia mereka agar mendapat kesempatan dari manajer Belanda tersebut.

oleh AY Yustiawan diperbarui 23 Jun 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2023, 14:00 WIB
Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (Darren Staples / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag akan memberikan kesempatan kepada pemain muda yang punya prospek kelas dunia untuk berlatih di Old Trafford.

Pelatih asal Belanda itu mengizinkan sejumlah pemain muda untuk berlatih dengan tim utama Manchester United musim lalu. Sejauh ini hanya Alejandro Garnacho yang mendapat kesempatan reguler di starting XI.

Kobbie Mainoo dan Facundo Pellistri adalah beberapa bintang muda lainnya yang tampil di kompetisi dan kontinental, dengan sejumlah talenta yang dipinjamkan Ten Hag.

Ada juga yang sudah meraih kesuksesan penting, termasuk penampilan bek sayap kiri Alvaro Fernandez di Preston North End dan Amad Diallo di Sunderland.

Kedua pemain dilaporkan diharapkan akan dinilai oleh Ten Hag di pramusim untuk mendapatkan peluang masuk tim utama mereka sendiri.


Pemain Muda Berbakat MU Diincar Klub Belanda

Zidane Iqbal
Pemain Manchester United, Zidane Iqbal saat menghadapi Melbourne Victory dalam laga pramusim 2022/2023 di Melbourne Cricket Ground, Australia, Jumat (15/7/2022). (AP/Asanka Brendon Ratnayake)

Tapi ada kepergian penting dari klub secara permanen. David Ornstein dari The Athletic melaporkan bahwa Manchester United telah menerima tawaran 1 juta euro dari klub Belanda FC Utrecht supaya mau menjual gelandang Zidane Iqbal.

Pemain berusia 20 tahun itu melakukan debutnya di Liga Champions untuk United pada 2021, dan berlatih dengan tim utama di bawah Ten Hag musim ini.


Keptusan Ten Hag Sangat Menentukan

Foto: Mengintip Persiapan MU yang Dihantam Badai Cedera Jelang Leg kedua Perempatfinal Liga Europa Kontra Sevilla
Gelandang Manchester United, Zidane Iqbal memainkan bola saat sesi latihan di pusat latihan Carrington, Manchester, Senin (17/4/2023) sebagai persiapan jelang laga leg kedua Liga Europa 2022/2023 menghadapi Sevilla. (twitter.com/ManUtd)

Kepergiannya, terutama dengan jumlah yang rendah, mengejutkan para penggemar United - tetapi sikap umum Ten Hag yang dilaporkan tentang pemain yang lebih muda dapat menjelaskan mengapa keputusan itu diambil.

Menurut penulis Manchester Evening News, Rich Fay, Ten Hag memainkan 'peran aktif' dalam menentukan pemain United U21 mana yang akan berlatih dengan tim utama - artinya dia tahu seberapa bagus setiap pemain.


Garnacho Salah Satu wonderkid yang Dapat Manfaat dari Ten Hag

Duel Alejandro Garnacho vs Asnawi Mangkualam, Timnas Indonesia vs Argentina
Duel antara pemain sayap Timnas Argentina, Alejandro Garnacho, berduel dengan kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Laporan tersebut menambahkan bahwa penjualan Iqbal adalah pengingat dari 'standar yang sangat tinggi yang ditetapkan oleh Ten Hag'. Para pemain muda harus berada di level kelas dunia untuk usia mereka agar mendapat kesempatan dari manajer Belanda tersebut.

Garnacho adalah salah satu wonderkid yang akan mendapat manfaat dari kepelatihan Ten Hag untuk tahun-tahun mendatang, setelah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan klub awal tahun ini.


Ten Hag Akui Tuntutan Buat Garnacho Lebih Tinggi

Alejandro Garnacho_FIFA Matchday_Timnas Indonesia Vs Argentina
Pemain Argentina, Alejandro Garnacho (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Saya pikir dia memiliki hadiah [kontrak], dan itu adalah hadiah. Dia juga menunjukkan bahwa dia dapat membuat langkah selanjutnya, tidak hanya dalam bakat tetapi juga dia berhasil," kata Ten Hag setelah kesepakatan ditandatangani.

"Sekarang, ini awal baru, restart, karena sekarang ekspektasi akan lebih tinggi, tuntutan pasti akan lebih tinggi. Dia sedang dalam perjalanan, dia adalah karakter yang kuat, dan itulah mengapa dia ada di level ini saat ini. Dia melakukannya sendiri."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya