Raja Sapta Oktohari Kembali Terpilih Pimpin Komite Olimpiade Indonesia

Raja Sapta Oktohari akan kembali menjadi ketua umum NOC Indonesia periode 2023-2027.

oleh Thomas diperbarui 01 Jul 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 06:00 WIB
Raja Sapta Oktohari Kembali Terpilih Pimpin Komite Olimpiade Indonesia
Raja Sapta Oktohari Kembali Terpilih Pimpin Komite Olimpiade Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Raja Sapta Oktohari kembali terpilih menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Indonesia periode 2023-2027 pada Jumat (30/6/2023). Pada periode keduanya, pria yang akrab disapa Okto itu berduet dengan Ismail Ning sebagai wakil ketua.

Pada kongres NOC Indonesia yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta, itu Okto dan Ismail menjadi calon tunggal setelah pasangan Oegroseno-Djoko Pekik dinyatakan tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Duet Okto-Ismail kemudian terpilih secara aklamasi.

Ada 66 cabang olahraga yang berhak memberikan suara. Cabang olahraga olimpik memiliki bobot suara tiga. Total ada 33 cabor olimpik. Sedangkan cabor non olimpik hanya satu suara.

Kemudian perwakilan atlet memiliki satu suara ditambah satu suara dari WNI yang menjadi perwakilan Indonesia di IOC dalam hal ini adalah Erick Thohir. Sayangnya Erick Thohir berhalangan hadir karena sedang berada di luar negeri.

Usai terpilih, Okto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program yang sudah berjalan baik pada periode pertamanya menjabat (2019-2023). Dia pun yakin dapat berbagi peran dengan baik bersama Ismail Ning yang merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) di periode sebelumnya.

"Saya bersama saudara saya Ismail Ning sudah bekerja empat tahun sebagai Komite Eksekutif, tandeman lama formatnya beda," kata Okto.

"Setelah ini kami tidak akan berhenti karena programnya masih banyak.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PR Besar di Periode Kedua Okto di NOC Indonesia

Raja Sapta Oktohari Kembali Terpilih Pimpin Komite Olimpiade Indonesia
Raja Sapta Oktohari Kembali Terpilih Pimpin Komite Olimpiade Indonesia

Pada periode kedua ini, Okto mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk membawa olahraga Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depannya. Terutama dalam menaikkan positioning Indonesia di mata dunia.

“Peningkatan prestasi tak cuma dari sisi atlet, tapi juga bagaimana agar level pelatih dan wasit kita dapat meningkat. Bagaimana agar kita bisa menempatkan banyak perwakilan di organisasi olahraga regional, kontinental, dan dunia,” ujar Okto.

NOC Indonesia, kata Okto, akan berupaya mencarikan solusi, di antaranya menggandeng sektor swasta agar dapat membantu pembiayaan peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

“Banyak PR yang harus kita kerjakan, mulai soal mencari solusi untuk menambah pendanaan olahraga hingga menggelorakan Olympic Movement di Tanah Air. Saya akan berusaha keras, salah satu langkahnya dengan membuat Indonesia Olympic Academy yang terafiliasi dengan program IOC yaitu International Olympic Academy,” ujar Okto.


Ingin Hadirkan Prestasi Membanggakan untuk Indonesia

Sementara itu, Ismail Ning senang dapat menjadi wakil untuk Okto selama empat tahun ke depan. Di bawah kepemimpinan Okto yang kedua kalinya, Ismail optimistis NOC Indonesia dapat terus menghadirkan prestasi membanggakan di kancah internasional.

"Saya akan mencurahkan seluruh tenaga saya untuk membantu program beliau," ucap Ismail.


Daftar Lengkap Pengurus Komite Olimpiade Indonesia Periode 2023 - 2027

Ketua Umum: Raja Sapta Oktohari

Wakil Ketua Umum: Ismail Ning

Komite Eksekutif:

Olympic Sport

1. Jadi Rajaguguk - 99 suara

2. Hengky Silatang - 94 suara

3. Josephine Tampubolon - 88 suara

4. Endri Irawan - 79 suara

5. Antonius Adi W - 66 suara

6. Wisnu Wardhana - 56 suara

7. Hifni Hasan - 53 suara

Non Olympic Sport

1. Harry Warganegara - 102 suara

2. Zaenal Asikin - 69 suara

3. Krisna Bayu - 61 suara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya