FIBA World Cup 2023: 4 Pemain NBA yang Akan Berlaga di Indonesia

Sejumlah pemain NBA akan berlaga pada FIBA World Cup 2023 yang akan berlangsung di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, pada 25 Agustus hingga 10 September.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 12 Jul 2023, 21:01 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023, 21:01 WIB
Cleveland Cavaliers - Ricky Rubio
Pemain klub NBA, Cleveland Cavaliers, Ricky Rubio akan memperkuat Spanyol pada FIBA World Cup 2023 yang akan berlangsung di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, 25 Agustus hingga 10 September. (Sarah Stier / Getty Images / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - FIBA World Cup 2023 akan digelar di tiga negara, yakni Indonesia, Filipina, dan Jepang. Kompetisi bola basket dunia ini akan berlangsung mulai 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah untuk pertandingan di Grup G dan Grup H. Kedua grup ini berisi negara-negara kuat dengan pemain bintang NBA.

Grup G dihuni oleh Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Spanyol merupakan juara bertahan FIBA World sekaligus juara FIBA EuroBasket 2022.

Sementara Grup H berisikan Prancis, Kanada, Latvia, dan Lebanon. Kanada dipastikan akan berlaga di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, karena permintaan Indonesia sebagai tuan rumah. Sebab, Kanada diperkuat sejumlah pemain NBA.

Mereka antara lain Shai Gilgeous-Alexander, Jamal Murray, Dwight Powell, Shaedon Sharpe, dan Caleb Houstan. Prancis juga dihuni oleh sejumlah pemain NBA, seperti Rudy Gobert, Nicola Batum, dan Evan Fournier.

Berikut 4 Pemain NBA yang akan bertanding pada FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ricky Rubio

Cleveland Cavaliers - Ricky Rubio
Pemain klub NBA, Cleveland Cavaliers, Ricky Rubio. (Patrick Smith/Getty Images/AFP)

Spanyol kembali akan mengandalkan Ricky Rubio pada FIBA World Cup 2023. Point guard Cleveland Cavaliers ini pernah menjadi MVP FIBA World Cup 2019.

Rubio menjadi pemain termuda dalam final bola basket Olimpiade. Itu terjadi ketika Spanyol bertemu Amerika Serikat di Olimpiade Beijing 2008. Spanyol meraih medali perak setelah kalah 107-118. Satu tahun kemudian, Rubio membawa Spanyol meraih medali emas EuroBasket 2009 di Polandia.

Dia pernah terpilih sebagai salah satu dari FIBA World Cup All-Star Five. Empat pemain lainya adalah pemain Serbia Bogdan Bogdanovic, Evan Fournier dari Prancis, pemain Spanyol Marc Gasol, dan Luis Scola asal Argentina.

Rubio juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia. Di Olimpiade Tokyo 2020, ia memecahkan rekor poin terbanyak saat melawan Tim Amerika Serikat dengan 38 poin. Rekor sebelumnya adalah 35 poin yang dicetak oleh Butch Lee di Olimpiade Montreal 1976.

 


2. Dillon Brooks

Memphis Grizzlies - Dillon Brooks
Pemain klub NBA, Memphis Grizzlies, Dillon Brooks. (Ronald Martinez/Getty Images/AFP)

Dillon Brooks akan memperkuat Kanada pada ajang FIBA World Cup 2023 yang dimainkan di Indonesia. Pemain yang berposisi small forward ini sekarang bermain untuk klub NBA, Memphis Grizzlies.

Pada 24 Mei 2022, Brooks menyetujui komitmen tiga tahun bermain untuk timnas Kanada. Sebelumnya dia pernah membawa Kanda meraih medali perak pada ajang Pan American Games 2015.

 


3. Rudy Gobert

Minnesota Timberwolves - Rudy Gobert
Pemain klub NBA, Minnesota Timberwolves, Rudy Gobert. (Gregory Shamus/Getty Images/AFP)

Prancis bakal diperkuat Rudy Gobert di FIBA World Cup 2023. Center berusia 31 tahun tersebut saat ini bermain untuk Minnesota Timberwolves.

Gobert sebelumnya pernah memperkuat Prancis di Olimpiade 2012, 2016, dan 2020. Di Olimpiade 2022 Tokyo, dia memimpin Prancis merebut medali perak dan mencatat rata-rata 12,2 poin serta 9,3 reboundpada setiap pertandingan.

Pebasket dengan tinggi 2,16 meter tersebut juga pernah berlaga di FIBA World Cup 2014 dan 2019, serta EuroBasket 2015 bersama Prancis.

 


4. Kristaps Porzingis

Washington Wizards - Kristaps Porzingis
Pemain Washington Wizards Kristaps Porzingis. (Patrick Smith/Getty Images/AFP)

Kristaps Porzingis akan menjadi andalan Latvia pada FIBA World Cup 2023 di Indonesia. Sebelumnya, ia sempat absen lima tahun dan kembali memperkuat Latvia di putaran kedua kualifikasi FIBA World Cup 2023 sejak Agustus tahun lalu.

Power forward Boston Celtics ini rata-rata mencetak 25,5 poin, 14 rebound, dan 3 blok per pertandingan. Sebelumnya bersama Latvia, dia telah bermain dalam ajang EuroBasket 2017 dan tersingkir di perempat final.

Selain Celtics, ia juga pernah membela klub NBA lainnya seperti New York Knicks, Dallas Mavericks, dan Washington Wizards.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya