Timnas Indonesia Senior Panggil 24 Pemain, Elkan Baggott dan Jordi Amat Berpisah

Timnas Indonesia senior kini benar-benar diisi skuad "senior" di FIFA Matchday. Sedangkan para yunior akan fokus di kualifikasi Piala Asia U-23.

oleh Defri Saefullah diperbarui 30 Agu 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 17:30 WIB
Piala AFF 2022: Indonesia vs Thailand
Bek Timnas Indonesia Jordi Amat tidak lagi bertandem dengan Elkan Baggott di Garuda Senior karena berdekatannya jadwal FIFA Matchday dengan kualifikasi Piala Asia U-23 (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia senior memanggil 24 pemain yang akan tampil di FIFA Matchday 8 September 2023. Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Turkmenistan di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Timnas Indonesia senior mengincar poin bagus dengan menghadapi Turkmenistan. Sebelumnya, Indonesia hanya meraih poin sedikit karena imbang 0-0 lawan Palestina dan kalah 0-2 dari juara Piala Dunia 2022, Argentina pada FIFA Matchday Juni lalu.

Penampilan Timnas Indonesia di FIFA Matchday kali ini bakal berbeda. Soalnya, pelatih timnas senior Shin Tae-Yong harus memilah-milah pemain terbaiknya.

Alhasil, STY (panggilan akrab coach Shin) harus memisahkan pemain terbaik yang masih berusia di bawah 23 tahun dengan Timnas Indonesia senior. Maka itu, dalam daftar 24 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil tak ada nama Elkan Baggott.

Untuk pertama kali di Timnas Indonesia senior, Elkan Baggott tak akan bertandem dengan Jordi Amat, bek tangguh Indonesia di lini belakang. Namun ini sudah bisa diantisipasi STY karena kedalaman skuad Garuda cukup bagus

Sebanyak 24 pemain ini akan berkumpul mulai tanggal 4 September mendatang. Pada pemanggilan ini juga ada pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC) dan lain-lain.

 


Wajah Baru Turut Dipanggil Timnas Indonesia, Persib Paling Laris

Foto: Aksi Jatuh Bangun Marselino Ferdinan saat Hadapi Argentina, Catatkan Statistik Apik hingga Dipuji Jurnalis Inggris
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kanan) berebut bola dengan pemain Argentina, Nicolas Gonzalez pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Selain itu, ada sejumlah debutan pemain yang turut dipanggil seperti Wahyu Prasetyo (PSIS), Ryan Kurnia (Persib), Aji Kusuma (Persija), dan lain-lain.

Persib Bandung menjadi penyumbang pemain paling banyak pada kesempatan kali ini yakni sebanyak 4 pemain, diikuti Borneo FC, PSM Makassar dan Persikabo yang masing-masing menyumbang 3 pemain.

Bagi Wahyu Prasetyo, dia mengaku bersyukur atas pemanggilan ini dan berjanji akan memanfaatkan pemanggilan ini untuk dapat berproses lebih baik dalam karirnya.

“Yang pasti bersyukur dan sangat senang dengan pemanggilan perdana saya di timnas Indonesia. Saya sendiri akan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya serta berusaha untuk maksimal baik di latihan dan bertanding saat diberi kesempatan oleh pelatih,” kata pemain asal PSIS tersebut.

 


Daftar 24 Pemain Timnas indonesia di FIFA Match Day

Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Grup A Piala AFF 2022
Dari kiri ke kanan: Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Pratama Arhan merayakan gol kedua timnya saat laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

1. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

2. Nadeo Argawinata - Borneo FC

3. Stefano Jantje Lilipaly - Borneo FC

4. Adam Alis Setyano - Borneo FC

5. Ricky Richardo Kambuaya - Dewa United FC

6. Egy Maulana Vikri - Dewa United FC

7. Jordi Amat Maas - Johor Darul Ta'zim FC

8. Asnawi Mangkualam Bahar - Jeonnam Dragons

9. Fachruddin Wahyudi Aryanto - Madura United

10. Saddil Ramdani - Sabah FC

11. Moh. Edo Febriansah - Persib Bandung

12. Marc Anthony Klok - Persib Bandung

13. Rachmat Irianto - Persib Bandung

14. Ryan Kurnia - Persib Bandung

15. Aji Kusuma - Persija Jakarta

16. Syahrul Trisna Fadillah - Persikabo

17. Andy Setyo Nugroho - Persikabo

18. Dimas Drajad - Persikabo

19. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

20. Reza Arya Pratama - PSM Makassar

21. Yance Sayuri - PSM Makassar

22. Yakob Sayuri - PSM Makassar

23. Shayne Elian Jay Pattynama - Viking FK

24. Sandy Henny Walsh - KV Mechelen

 

Infografis Indonesia vs Argentina
Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Senin (19/9/2023). Argentina tak mainkan Lionel Messi dan memboyong 23 pemain (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya