International Stuntbike Street Show 2023 Bikin MotoGP Mandalika 2023 Komplet

Penonton yang hadir untuk menonton MotoGP Mandalika 2023 tak hanya menyaksikan balapan. Namun bisa menyaksikan aksi freestyle dari freestyler asal Brasil selama pekan balapan.

oleh Defri Saefullah diperbarui 16 Okt 2023, 20:47 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 19:40 WIB
MotoGP Mandalika 2023
Moh Chandra Kurniawan (kanan) dari CRK Entertainment hadirkan aksi siburan sport automotive International Stuntbike Street Show di MotoGP Mandalika (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta MotoGP Mandalika 2023 yang baru saja selesai pada Minggu (15/10/2023) kemarin tak hanya menampilkan balapan saja. Dari sisi hiburan, banyak acara yang tersaji seperti aksi International Stuntbike Street Show 2023 (ISSS 2023) yang digelar oleh CRK Entertainment.

CRK Entertainment merupakan kelanjutan dari gebrakan yang dilakukan Moh Chandra Kurniawan atau akrab disapa Charock. Sebelumnya, dia pernah menggebrak dunia otomotif lewat CRK Pictures dan CRK Motorsport.

Bekerjasama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dyandra , ISSS 2023 berhasil menghibur ribuan pengunjung di Mandalika dengan aksi Freestyle kelas dunia yang mengagumkan, antusiasme pengunjung pun sangat luar biasa, terlihat dengan penuhnya booth ISSS yang didatangi pengunjung mancanegara untuk berfoto bersama para stuntman.

“Perhelatan International Stuntbike Street Show 2023 menghadirkan juara dunia stuntbike asal Brasil, Jefferson Matheus, yang dikenal dengan akun Instagram @jeh_stunt, dan king stuntbike asia asal Indonesia, Reza SS, yang populer dengan akun Instagram @reza_ss,” ujar Charock seperti rilis yang diterima media.

Menurut Charock, ajang ini akan diadakan di dua kota berbeda. Pertama, di Lombok, tepatnya di Mandalika Pertamina International Circuit pada tanggal 14-15 Oktober 2021. Kemudian, acara dilanjutkan di Jakarta, tepatnya di Symphony of the Sea, Ancol Taman Impian pada tanggal 20-22 Oktober 2021.

“Acara ini juga tak hanya sekedar hiburan semata, namun juga menjadi ajang promosi Indonesia International Stuntman Show 2024 yang akan diadakan pada Juni-Juli 2024, dimana pada acara tersebut akan menghadirkan deretan stuntman terbaik dunia, mulai dari Italia, Spanyol, Brasil, Rusia, serta puluhan mobil atraktif dan Monstertruck. Semua ini akan dihandle oleh Marco Giony, yang juga merupakan stuntman terbaik di dunia versi Guinness Book of Record dan creative director di Mirabilandia Theme Park Italia,” paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo Beri Dukungan

International Stuntbike Street Show 2023
International Stuntbike Street Show 2023 turut meramaikan MotoGP Mandalika. Penonton bisa menyaksikan aksi free style selain balapan

 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo, mengungkapkan dukungannya terhadap perhelatan ini. Menurutnya, ISSS 2023 makin memeriahkan event MotoGP Mandalika 2023.

"Sehingga bisa semakin menguatkan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP dunia yang spektakuler, dengan turut menghadirkan berbagai side event menarik yang tak pernah ada dalam penyelenggaraan MotoGP di berbagai negara dunia lainnya," katanya.

Selain itu, Bambang Soesatyo menekankan bahwa International Bikestunt Street Show 2023 akan memberikan hiburan yang atraktif bagi masyarakat dan memperkuat sport automotive tourism di Mandalika dan DKI Jakarta. Hal ini juga akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat dan pelaku usaha swasta di industri event otomotif.


Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Lebih dari 100 Ribu

Foto: Momen-Momen Tak Terlupakan di MotoGP Indonesia 2023, Selebrasi Batman Vinales hingga Apesnya Marc Marquez
Sejumlah pembalap memacu motornya saat MotoGP Indonesia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (15/10/2023). Berbeda dengan tahun lalu, balapan pada tahun ini diwarnai dengan cuaca cerah dan terik. Selain itu, beberapa kekurangan baik infrastruktur maupun pelayanan yang sempat banyak mendapatkan kritikan mampu diperbaiki pada tahun ini. (AFP/Sonny Tumbaleka)

Jumlah penonton selama perhelatan MotoGP Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023 mencapai 102.929 orang.

Ia menjelaskan jika membandingkan jumlah penonton MotoGP 2022, jauh lebih banyak pada tahun ini.

"Kalau pada saat MotoGP tahun 2022 penonton sebanyak 102.801 orang, maka selisihnya sebanyak 128 orang dibanding tahun 2022," ujarnya pula.

Pihak penyelenggara menyediakan sebanyak 69 ribu lembar tiket dari seluruh kategori tempat duduk, baik VIP premier, VIP deluxe, grand stand premium, grand stand regular, dan festival.


Penumpang Pesawat

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, NTB mencatat telah melayani sedikitnya 31 ribu penumpang selama periode penyelenggaraan MotoGP Mandalika 11 hingga 14 Oktober 2023, naik 20 persen dibandingkan jumlah penumpang pada pekan sebelumnya.

"Rinciannya, ada sebanyak 18.700 penumpang tiba dan 12.500 penumpang yang berangkat dari Bandara Lombok selama periode 11-14 Oktober 2023," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Ia mengatakan jika dirata-rata, selama empat hari jelang final race MotoGP 2023 jumlah penumpang ada di angka 7.800 orang per hari, atau meningkat sebesar 20 persen dibandingkan rata-rata harian sekitar 6.500 penumpang per hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya