Liga Champions: Hanya 12 Pemain Siap, Xavi Putar Otak Jelang Barcelona Lawan Shakhtar Donetsk

Barcelona krisis pemain saat menghadapi Shakhtar Donetsk di matchday ketiga Liga Champions pada Rabu (25/10/2023) malam nanti.

oleh Defri Saefullah diperbarui 25 Okt 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 13:00 WIB
Barcelona, Liga Champions
Pemain Barcelona melakukan latihan jelang pertandingan melawan Shakhtar Donetsk pada matchday ketiga grup H Liga Champions (AFP)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona menjalani laga penting melawan Shakhtar Donetsk pada matchday ketiga penyisihan grup H di stadion Olympyc Companys, Rabu (25/10/2023). Ini laga penting buat Barca karena berpeluang taruh satu kaki di 16 besar Liga Champions kalau menang

Yang jadi masalah, Xavi Hernandez hanya punya 12 pemain inti yang bugar di pertandingan ini. Banyak pemain Barcelona yang mengalami cedera dan juga dikenai sanksi.

Gavi, salah satu pemain Barcelona yang absen karena sanksi larangan main. Dia mendapatkan kartu merah saat Barca menang 1-0 atas Porto pada matchday 2 lalu.

Jules Koundé, Pedri, Sergi Roberto, Frenkie de Jong, Robert Lewandowski dan Raphinha juga absen karena cedera. Ini membuat misi untuk menang sedikit terjal.

Karena masalah badai cedera, Xavi memutar otak lagi. Dia kembali harus melirik pemain Barcelona B untuk mengisi pos atau slot yang ada.

Setelah Lamine Yamal, Fermin, Astralaga dan Marc Guiu, kini Xavi butuh tambahan pemain Barcelona B lainnya. Mereka adalah Marc Casadó, Héctor Fort, Aleix Garrido dan Pau Cubarsí.

"Para pemain yang cedera tidak dalam kondisi 100 persen dan itulah mengapa mereka tidak ada dalam daftar. Saya masih optimistis bahwa beberapa dari mereka akan tampil di el Clasico, itu tidak akan mengubah apa pun," kata Xavi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tekad Ferran Torres di Barcelona

Gol Tunggal Raphinha Bawa Barcelona Taklukkan Athletic Bilbao di Liga Spanyol
Pemain Barcelona Ferran Torres gagal mencetak gol saat melawan Athletic Bilbao pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, 12 Maret 2023. Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 1-0. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

 

Salah satu pemain inti yang bugar yaitu Ferran Torres. Pemain ini pun kini jadi andalan di lini depan untuk gantikan Robert Lewandowski.

"Kami mengalami masalah dengan banyak yang cedera dan saya siap untuk mengambil peran di depan, saya merasa siap dan percaya diri dengan apa yang akan datang," ujarnya seperti dikutip sport.

"Saya merasa seperti orang tua (23 tahun) dibandingkan pemain-pemain muda Barca. Namun saya berusaha untuk memberi nasihat yang saya bisa, saya pernah juga di posisi mereka."

 


Torres Setuju Beri Pemain Muda Kesempatan

Barcelona Vs Athletic Bilbao
Pemain Barcelona Marc Guiu melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion Olimpiade Montjuic, Barcelona, Spanyol, Minggu (22/10/2023). Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 1-0. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Xavi memanggil 8 pemain Barcelona B untuk persiapan menghadapi Shakhtar Donetsk. Bagi Torres, pemain muda memang harus diberi kesempatan.

"Mereka sangat kuat dan punya banyak kualitas dan mencoba main yang terbaik dengan posisi start. Mereka punya banyak kualitas dan adaptasi dengan tim," kata Torres.

"Biarkan mereka keluarkan kemampuan mereka karena sulit untuk mengatur banyak tekanan di sepak bola elite, tapi mereka punya potensi besar."

 


Barcelona Klub Tersulit di Dunia

Barcelona, Liga Champions
Pemain Barcelona melakukan latihan jelang pertandingan melawan Shakhtar Donetsk pada matchday ketiga grup H Liga Champions (AFP)

Xavi sempat bilang kalau Barcelona klub tersulit di dunia. Ferran Torres setuju dengan perumpaan itu.

"Ya saya setuju dengan Xavi. Barca itu klub yang harus memenangkan semua kompetisi setiap tahun dan lingkungan memberi kita tekanan," ujarnya.

"Ini sesuai dengan sejarah klub, tapi ini tekanan yang bagus. Ini membuat kami sadar dimana berada dan apa yang wajib dilakukan."

 

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya