Live Report Piala Dunia U-17 2023 Maroko vs Timnas Indonesia: Demi Tiket 16 Besar

Timnas Indonesia melawan Maroko pada laga penutup Grup A Piala Dunia U-17 2023. Pertandingan berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 16 Nov 2023, 21:02 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 21:02 WIB
Timnas Indonesia U-17 vs Timnas Panama U-17: Grup A Piala Dunia U-17 2023
Timnas Indonesia menghadapi Maroko pada laga penutup Grup A Piala Dunia U-17 2023. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia melawan Maroko pada laga penutup Grup A Piala Dunia U-17 2023. Pertandingan berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

Partai ini adalah duel hidup mati bagi pasukan Bima Sakti. Mereka membutuhkan kemenangan untuk memastikan lolos ke babak gugur Piala Dunia U-17 2023. 

Saat ini timnas U-17 Indonesia menempati peringkat tiga dengan raihan dua poin. Maroko berada satu tingkat dan satu angka lebih baik, dengan Ekuador menguasai puncak usai memiliki empat nilai.

Indonesia dan Maroko sama-sama memiliki kepentingan di partai ini karena belum pasti lolos. Dapatkan prediksi pertandingan di sini...

Bukan cuma juara dan runner-up grup yang akan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Terdapat empat tiket bagi peringkat tiga terbaik. Apakah Indonesia masuk kategori tersebut? Baca selengkapnya di sini...

Berbagai cara dilakukan PSSI untuk memotivasi pemain Timnas Indonesia jelang duel melawan Maroko. Salah satunya dengan mendatangkan orang tua Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Informasinya ada di sini...

Untuk menjaga keamanan, aparat menurunkan ribuan personel pada pertandingan Maroko vs Indonesia.

Pelatih Maroko dan Indonesia sudah merilis starter untuk pertandingan di GBT. Lihat komposisi susunan pemain di sini...

Dari persaingan Grup B, Mali menaklukkan Kanada 5-1 untuk menjadi runner-up. Mereka hanya tertinggal dari Spanyol yang bermain 2-2 dengan Kazakhstan pada waktu bersamaan.

Timnas Indonesia memiliki berbagai skenario untuk mencapai babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah meladeni Maroko. Dapatkan penjabarannya di sini... 

Pertandingan dimulai. Morten Krogh dari Denmark bertindak sebagai wasit pertandingan.

Indonesia memulai pertandingan dengan positif. Mereka mendapat sepak pojok usai serangan di sisi kiri pertahanan Maroko. Namun, tim tamu mendapat peluang terlebih dahulu. Beruntung tendangan Anas Alaoui masih melebar. 

Arkhan Kaka melepas tembakan yang mudah diantisipasi kiper Maroko. Namun, secara keseluruhan Singa Atlas mampu meredam serbuan Indonesia dengan permainan tenang. Mereka bahkan nyaris memimpin jika tendangan Anas Alaoui tidak dibuang Hanif Ramadhan di garis gawang.

Maroko terus mengancam, kali ini lewat tendangan jarak jauh Abdelhamid Maali. Namun, usahanya bisa dimentahkan kiper Ikram Al Giffari. 

Indonesia tidak bisa lepas dari tekanan Maroko. Namun, usaha mereka selalu gagal. Tekanan Maroko akhirnya berbuahkan kesalahan. Welber Jardim menjatuhkan Mohamed Hamony di area terlarang. Anas Alaoui yang bertindak sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa negaranya memimpin di menit ke-29.

Di tempat terpisah, Ekuador sudah memimpin 1-0 atas Panama berkat gol Elkin Ruiz.

Kondisi tertekan membuat pemain Indonesia kehilangan disiplin. Figo Dennis dan Ji Da Bin mendapat kartu kuning karena melanggar lawan. 

Maroko mempertegas dominasi atas Indonesia. Kapten Abdelhamid Aït Boudlal menanduk sepak pojok untuk mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-38.

Harapan bagi Indonesia. Nabil Asyura memaksimalkan tendangan bebas untuk memperkecil kedudukan di menit ke-42. 

Tidak ada tambahan gol dengan babak pertama mendapat tambahan waktu enam menit.

Babak kedua dimulai. Indonesia memasukkan striker Achmad Zidan untuk menggantikan Figo Dennis untuk menambah daya dobrak. 

Tidak mau kalah dari Nabil Asyura, gelandang Maroko Abdelhamid Maali mengancam dari tendangan bebas. Namun sepakannya masih melebar.

Indonesia mendapat tendangan bebas yang diambil Achmad Zidan. Tendangannya mengenai tangan pemain Maroko Abdelhamid Maali yang menjadi tembok. Meski mendapat rekomendasi VAR untuk melihat tayang ulang, Krogh tidak memberikan tendangan penalti. 

Maroko mendapat peluang tidak lama berselang. Beruntung tandukan Anas Alaoui melebar. Ji Da Bin kemudian keluar digantikan Amar Brkic. Turut masuk Jehan Pahlevi menggantikan Nabil Asyura. Jehan Pahlevi langsung mendapat peluang, tapi eksekusinya belum tepat sasaran.

Maroko jadi tim yang akhirnya mengubah skor. Melalui serangan cepat, winger kiri Mohamed Hamony menerobos pertahanan Indonesia sebelum melepas tendangan yang gagal diantisipasi Ikram Al Giffari pada menit ke-64. Maroko unggul 3-1 atas Indonesia.

Keunggulan dua gol tidak membuat Maroko mengendurkan serangan. Mereka berkali-kali mendapat peluang meski tidak ada yang berbuah gol. Pada laga lain, Panama sukses menyamakan kedudukan melalui Oldemar Jimenez. 

Indonesia kehabisan waktu. Jangankan peluang, mereka kesulitan mencapai gawang Maroko. Sebaliknya, Singa Atlas terus membuang peluang untuk memperbesar keunggulan.

Ofisial pertandingan memberi tambahan waktu sembilan menit. Namun, skor tidak berubah. Ekuador bermain 1-1 melawan Panama. Artinya, tetap menempati peringkat tiga Grup A dan terancam gagal lolos ke babak 16 besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Jadwal Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak Fase Grup
Infografis Jadwal Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Babak Fase Grup (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya