Terlambat ke Piala Afrika 2023, Kiper Manchester United Andre Onana Berpotensi Jalani Dua Laga dalam 24 Jam

Andre Onana baru bertolak ke Piala Afrika (AFCON) 2023 usai memperkuat Manchester United melawan Tottenham Hotspur.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 05 Jan 2024, 19:23 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2024, 15:00 WIB
Foto: Momen Blunder Andre Onana yang Jadi Awal Petaka MU Takluk dari Bayern Munchen dalam drama 7 Gol di Liga Champions
Kiper baru Manchester United, Andre Onana kembali jadi sorotan. Perannya untuk menggantikan posisi David De Gea tak berjalan mulus. Blunder demi blunder dibuatnya pada awal musim 2023/2024. Teranyar, kiper asal Kamerun tersebut harus kebobolan empat gol hingga akhirnya takluk 3-4 dari Bayern Munchen pada laga matchday pertama Grup A Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Munich, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB. Dari empat gol yang bersarang, gol pertama yang dilesakkan Leroy Sane pada menit ke-28 mutlak menjadi blunder Onana. Bola yang mengarah tepat ke arahnya tak mampu ditangkap dengan sempurna, hingga akhirnya lepas dan masuk ke dalam gawang. (AFP/Tobias Schwarz)

Liputan6.com, Jakarta Tugas berat menanti kiper Manchester United, Andre Onana pada Piala Afrika (AFCON) 2023. Sebab bukan tidak mungkin, Onana harus memainkan dua laga secara beruntun dalam tempo 24 jam.  

Kamerun yang memainkan laga perdananya di AFCON 2023 pada 15 Januari 2023 sebenarnya berharap Onana bisa datang lebih awal. Namun Federasi Sepak Bola Kamerun telah mencapai kesepakatan dengan Manchester United untuk menunda kedatangan mantan penjaga gawang Inter Milan itu. 

Andre Onana rencananya baru dilepas setelah Manchester United menyelesaikan pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (14/1/2024). Artinya, Onana juga dipastikan masih memperkuat Setan Merah saat berhadapan dengan Wigan Athletic pada ronde 3 Piala FA. 

Namun situasi ini jadi dilema bagi Onana. Sebab, dia harus memainkan dua laga secara beruntun dalam rentang 24 jam bila terpilih memperkuat Kamerun di laga perdana AFCON 2023 melawan Guinea.

Manchester United sebenarnya tidak menyangka bakal berhadapan dengan situasi ini. Sebab ketika didatangkan dari Inter Milan pada bursa transfer musim panas lalu, Onana sudah pensiun dari timnas Kamerun. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu memilih mundur setelah dipulangkan dari Piala Dunia 2022 Qatar usai berselisih dengan  sang pelatih Rigobert Song dan Presiden Fecafoot, Samuel Eto'o.  

Namun belakangan, Federasi Sepak Bola Kamerun menganulir keputusan Onana. Fecafoot kemudian memanggil Onana kembali memperkuat timnas Kamerun di Piala Afrika Pantai Gading 2023.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Federasi Sepak Bola Kamerun Melunak

Foto: Muka Bingung Pemain Manchester United Setelah Dipermalukan Nottingham Forest di Liga Inggris
Ekspresi pemain Manchester United, Andre Onana, setelah ditaklukkan Nottingham Forest pada laga pekan ke-20 Premier League 2023/2024, Minggu (31/12/2023) dini hari WIB. (AFP/Darren Staples)

Situasi ini menjadi tidak menguntungkan bagi Manchester United yang juga terpuruk belakangan ini. Kehadiran Onana sebagai kiper utama tentu sangat dibutuhkan saat menghadapi laga-laga krusial. 

Facefoot juga mengerti dengan situasi yang menimpa MU. Itu sebabnya, mereka memilih bersikap lunak dan mengizinkan mantan kiper Inter Milan itu datang terlambat ke Piala Afrika 2023.

 


Ke Mana Kiper Cadangan MU?

MU sendiri sebenarnya masih punya kiper cadangan United Altay Bayindir. Manajer Setan Merah, Erik ten Hag bahkan sempat menegaskan bahwa dia memiliki kepercayaan penuh pada pemain yang didatangkan dari Fenerbahce itu. Lalu kenapa Bayindir belum sekalipun tampil bersama Setan Merah?

"Kami sangat senang dengan Altay. Dia terbiasa dengan Liga Premier, dia terbiasa dengan sepak bola Eropa, yang sulit dilakukan ketika Anda datang dari Turki tetapi kami sangat senang dengan prosesnya. Dia melakukannya dengan sangat baik," kata ten Hag pada Desember lalu. 

"Dia harus bersabar tetapi jika dia bekerja dengan baik, jika dia terus mengalami kemajuan, dia akan mendapatkan peluangnya dan dia harus memanfaatkannya,” beber pria asal Belanda itu. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya