Cetak Gol di Piala Asia 2023, Marselino Ferdinan Diminta Keluar dari Zona Nyaman dengan Timnas Indonesia

Keluarga meminta Marselino Ferdinan untuk keluarkan kemampuan lebih baik dengan Timnas Indonesia. Setelah cedera, Lino disebut sering berada di zona nyaman.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Jan 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 19:30 WIB
Foto: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Menonjol saat Melawan Irak
Marselino Ferdinan menjadi pemain yang paling menonjol di Timnas Indonesia saat melawan Irak. Selain menjadi pencetak gol satu-satunya bagi skuad Garuda, Marselino juga mampu merepotkan bek lawan dan tergolong garang dalam berupaya memotong alur serangan lawan. Ia tercatat melepas tujuh tekel pada laga ini. (AP Photo/Hussein Sayed)

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dinilai masih belum maksimal meski cetak satu gol di Piala Asia 2023. Hal itu diungkapkan kakaknya yang juga gelandang Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando.

Menurut dia, Marselino Ferdinan belum mengaluarkan permainan terbaiknya. Kekhawatiran itu bahkan sudah dirasakan sang kakak saat Marselino membela Timnas Indonesia di uji coba jelang Piala Asia 2023.

Marselino seperti diketahui baru pulih dari cedera. Itu membuat dia agak kurang berani tampil habis-habisan, tapi keluarga ingin melihatnya bangkit.

"Ada sedikit cerita saat lawan Libya, di pertandingan kedua keluarga sempat kecewa dan memberikan tekanan kepada Marsel supaya dia bisa keluar dari zona nyaman, karena permainannya sangat underperform dan harus segera mempersiapkan diri dengan baik di Piala Asia 2023," ujar Oktafianus Fernando seperti dikutip antara.

Oktafianus Fernando yakin Marselino Ferdinan bisa lebih baik lagi dengan Timnas Indonesia. Itu diharapkan bisa keluar saat melawan Vietnam pada laga keduda grup D Piala Asia 2023.

"Keluarga menilai performa dia masih jauh dari baik, dan keluarga sempat kecewa dengan pola permainannya, terutama setelah penampilan yang kurang memuaskan dalam pertandingan uji coba melawan Libya," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pompa Semangat Marselino Ferdinan Lewat Grup Chat

Marselino Ferdinan - Timnas Indonesia - Piala Asia 2023
Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan dan pemain Irak Bashar Resan berebut bola dalam pertandingan Grup D Piala Asia AFC 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al -Rayyan, Senin, 15 Januari 2024. (KARIM JAAFAR / AFP)

Keluarga Marselino punya cara jitu untuk memompa semangat sang pemain bintang. Itu bisa dilakukan lewat fasilitas grup chat.

"Untuk kemarin secara keseluruhan masih belum baik performanya, makanya di grup keluarga kami terus memberikan dorongan agar meningkatkan performa. Bersyukur dia kemarin bisa mencuri gol, tapi secara keseluruhan permainan harus lebih ditingkatkan," katanya.

Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol termuda keempat di Piala Asia pada abad ke-21 atau mulai tahun 2001. Ini menyusul golnya pada laga pembuka Piala Asia 2023 Qatar saat melawan Irak dengan skor akhir 1-3 di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1).

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu terpaut hampir satu tahun dari pencetak gol termuda Piala Asia abad ke-21 yang dipegang bintang Tottenham Hotspur di Korea Selatan Son Heung-min.

 


Marselino Sayangkan Gol Kedua Irak ke Gawang Timnas Indonesia

Foto: Gol Cantik Marselino Ferdinan Gagal Hindarkan Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak pada Laga Pertama Piala Asia 2023
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (tengah) bersama Yakob Sayuri setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Kontroversi mewarnai duel Indonesia vs Irak. Gol kedua Singa Mesopotamia berbau offside.

Marselino Ferdinan menyayangkan keputusan wasit yang tidak menganulir gol tersebut. Bahkan, setelah melihat tayangan VAR, wasit Tantashev Ilgiz yang memimpin laga penyisihan Grup D Piala Asia 2023 itu tidak mengubah keputusannya.

"Disayangkan juga di pertandingan pertama ini kami tidak beruntung. Ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol," kata Marselino.

 

 


Tekad Marselino di Laga Kedua Piala Asia 2023

Foto: Gol Cantik Marselino Ferdinan Gagal Hindarkan Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak pada Laga Pertama Piala Asia 2023
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (Dok. PSSI)

 

Marselino tak mau menyia-nyiakan kesempatan bisa bermain di Piala Asia mewakili Indonesia. Terakhir kali Skuad Garuda lolos ke kompetisi empat tahunan itu 16 tahun silam atau pada 2007.

"Kami sangat bangga setelah 16 tahun tidak ada di (Piala) AFC. Kami maksimalkan semua, kami berjuang untuk bangsa. Saya merasa bangga dan senang, jadi pemain termuda dan satu-satunya scorer bagi timnas. Tapi tetap saja kami kalah," kata pemain yang mencetak gol ke gawang Irak itu..

Setelah kalah 1-3 dari Irak, Marselino ingin memperbaiki penampilannya pada pertandingan kedua melawan Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya