Manchester United Dapat Lampu Hijau Rekrut 2 Pemain Incaran, Harus Siapkan Dana Rp4 Triliun

Manchester United dapat lampu hijau untuk memborong dua pemain Benfica yang sempat santer dikaitkan dengan Setan Merah, yakni Joao Neves dan Antonio Silva. Namun, Manchester United harus menyiapkan dana tak tanggung-tanggung jika ingin mengangkut keduanya sekaligus.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 12 Apr 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2024, 20:30 WIB
Manchester United
Manchester United dapat lampu hijau untuk membajak pemain Benfica yang jadi incarannya. Namun, MU harus siap menggelontorkan dana fantastis demi menebus klausul pelepasan mereka dari klub Portugal. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United dapat lampu hijau untuk memborong dua pemain Benfica yang sempat santer dikaitkan dengan Setan Merah, yakni Joao Neves dan Antonio Silva.

Klub Portugal kabarnya hendak melego penggawa bintangnya demi menyeimbangkan neraca keungan, sehingga situasi ini bisa dimanfaatkan MU untuk menambah kekuatan skuad jelang bursa transfer musim panas 2024.

Namun, Manchester United harus menyiapkan dana tak tanggung-tanggung jika ingin mengangkut Neves dan Antonio Silva sekaligus.

Kedua penggawa punya klausul pelepasan tinggi, yang membuat Setan Merah harus menyiapkan dana total 235 juta euro atau sekitar Rp4 triliun demi menyegel tanda tangan mereka.

Sekadar informasi, Manchester United memang diprediksi bakal melakukan perombakan signifikan jelang kampanye 2024/2025. Hal itu menyusul penampilan mengecewakan anak-anak asuh Erik ten Hag usai tersingkir dari ajang Liga Champions dan cuma mampu menduduki peringkat 6 klasemen sementara Premier League.

Kedatangan Sir Jim Ratcliffe sebagai investor baru membangkitkan semangat penggemar akan adanya perubahan nyata di Old Trafford.

CEO INEOS diyakini dapat mendorong MU melakukan aktivitas belanja yang dibutuhkan demi mendongkrak kekuatan skuad musim depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2 Pemain Benfica Dikaitkan dengan MU

Foto: Benfica Pastikan Satu Tiket ke Liga Malam Jumat setelah Bungkam RB Salzburg
Gelandang Benfica, Joao Neves (kanan) berebut bola dengan gelandang RB Salzburg, Oscar Gloukh pada laga matchday keenam Grup D Liga Champions 2023/2024 di Red Bull Arena, Salzburg, Austria, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Ada setidaknya dua pemain Benfica yang sejauh ini masuk radar Manchester United. Gelandang Joao Neves serta bek Antonio Silva santer dikaitkan dengan kepindahan menuju Setan Merah jelang jendela transfer pertengahan tahun 2024.

Adapun Neves memang dipandang sebagai salah satu talenta muda terbaik di Eropa saat ini. Kehadirannya bakal bermanfaat mengisi ruang kosong yang berpeluang ditinggalkan Christian Eriksen dan Casemiro pada musim panas mendatang.

Sementara itu, Silva masuk dalam daftar kandidat untuk memperkuat lini pertahanan Manchester United. Setan Merah diprediksi akan membiarkan mantan pemain kuncinya Raphael Varane pergi pada pengujung kampanye 2023/2024, sehingga mereka butuh sosok baru untuk dijadikan suksesor.


Peluang MU Terbuka Lebar

Foto: Deretan 5 Pencetak Gol Termuda di Liga Champions 2022 / 2023, Salah Satunya Jude Bellingham yang Kini Resmi Berseragam Real Madrid
Selebrasi bek Benfica, Antonio Silva setelah mencetak gol ke gawang Juventus pada laga matchday kelima Grup H Liga Champions 2022/2023 di Luz Stadium, Lisbon (25/10/2022). Antonio Silva mencetak gol tersebut dalam usia 18 tahun, 11 bulan dan 25 hari. Ia total bermain dalam 10 laga di Liga Champions 2022/2023 bersama Benfica dengan torehan 2 gol. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Laporan Football Transfers menyiratkan peluang MU untuk mengangkut Joao Neves dan Antonio Silva sekaligus kini terbuka cukup lebar. Hal itu lantaran Benfica sudah terang-terangan mengakui butuh dana tambahan dari penjualan nama-nama bintang.

“Tiap SAD (jenis perusahaan olahraga terbatas publik) pasti perlu menjual pemainnya. Kalau kita lihat, 90-95 persen klub-klub Eropa menjual pemain untuk menyeimbangkan keuangan mereka. Bahkan Real Madrid sendiri juga melakukan hal itu tahun lalu,” ucap Wakil Presiden Benfica Luis Mendes kepada O Jogo, seperti dilansir dari Football Transfers.

“Jika kami ingin berinvestasi pada (sarana) pelatihan, (atau membeli) pemain baru, kami harus menjual penggawa kami. Benfica harus menjual pemain. Hal yang harus Anda lakukan ketika menganalisasi waktu yang tepat ialah (melihat) apa yang bisa ditawarkan pasar kepada para pemain, lalu membuat keputusan.”

“Keputusan itu belum kami ambil saat ini. Namun, kami ada di bawah tekanan (untuk benar-benar menjual pemain) karena kami memiliki situasi permodalan yang memungkinkan kami mengakumulasi kerugian, meskipun kerugiannya kecil,” tambah Mendes.


Siapkan Dana Fantastis

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Hanya saja Manchester United harus siap menggelontorkan dana fantastis jika ingin memanfaatkan situasi finansial Benfica di bursa transfer musim panas 2024.

Joao Neves dan Antonio Silva masing-masing punya klausul pelepasan di atas 100 juta euro. Neves secara spesifik diyakini memiliki banderol 130 juta euro, sementara Silva punya klausul rilis seharga 105 juta euro.

Alhasil total dana 235 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp4 triliun harus dikantongi Manchester United apabila ingin mengangkut Neves dan Silva sekaligus ke Old Trafford.

Football Transfers sendiri menilai Setan Merah kemungkinan kecil sanggup memboyong duo pemain di tengah tingginya klausul pelepasan mereka. Walau begitu, pembicaraan bakal tetap dilakukan dengan Benfica ketika jendela transfer makin dekat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya