Manchester United Susah Payah Jinakkan Coventry, Perasaan Ten Hag Campur Aduk

Pelatih Manchester United, Erik Ten Hag akui MU telah lolos dari tantangan berat melawan Coventry di semifinal piala FA dan berhasil mengamankan satu tiket di Final.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 22 Apr 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 16:00 WIB
Foto: Kembali Gagal Raih Kemenangan usai Ditahan Imbang Bournemouth dan Peluang ke Eropa Kian Tipis, MU Tak Kunjung Pecat Erik ten Hag
Manchester United kembali menuai hasil minor saat ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah Bournemouth pada laga pekan ke-33 Premier League 2023/2024, Sabtu (13/4/2024). Hasil ini menjadikan Setan Merah gagal menang dalam 4 laga terakhir di Premier League dengan hasil satu kali kalah dan 3 kali imbang. Mengemas total 50 poin dari 32 laga, MU kini ada di posisi ke-7 di bawah Newcastle United yang unggul selisih gol dan terpaut 10 poin dari Aston Villa dan Tottenham Hotspur di peringkat 4 dan 5, sebagai batas peringkat ke kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa musim depan. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Erik ten Hag mengakui bahwa Manchester United telah "lolos" setelah mengalami tantangan berat melawan Coventry City. Pada laga itu MU membuang keunggulan tiga gol mereka sebelum memenangkan semifinal Piala FA dengan adu penalti di Wembley, London, pada hari Minggu (21/4/2024).

MU memimpin dengan skor 3-0 di pertengahan babak kedua sebelum Coventry bangkit dengan luar biasa, mencetak tiga gol dalam 20 menit terakhir pertandingan.

Bahkan Coventry hampir mencetak gol kemenangan di akhir perpanjangan waktu, gol itu dianulir oleh VAR. United kemudian memenangkan pertandingan melalui adu penalti, dengan Rasmus Højlund menjadi pahlawan setelah mencetak gol penentu.

Kemenangan ini membawa MU ke final Piala FA untuk kedua kalinya berturut-turut, di mana mereka akan menghadapi tetangga sekotanya, Manchester City, pada akhir Mei.

"Perasaan saya campur aduk, itu pasti," kata Ten Hag dalam konferensi pers pasca pertandingan. "Namun, ini merupakan pencapaian besar untuk kami, masuk ke final Piala FA dua tahun berturut-turut. Meskipun kami memiliki kendali dan unggul 3-0, kami seharusnya bisa menutup pertandingan dengan lebih baik."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ten Hag Akui Kesalahan dan Bela Kemenangan MU

Foto: Derby Manchester Terwujud, MU Lolos ke Final Piala FA setelah Atasi Perlawanan Pantang Menyerah Coventry hingga Adu Penalti
Selebrasi para pemain Manchester United merayakan kemenangan 4-2 atas Coventry City dalam adu penalti pada laga semifinal Piala FA 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Minggu (21/4/2024). (PA via AP Photo/Bradley Collyer)

Setelah pertandingan dramatis melawan Coventry, pelatih Manchester United, Erik ten Hag, tidak hanya mengakui kesalahan timnya tetapi juga mempertahankan kemenangan mereka sebagai pencapaian besar, menolak pandangan bahwa pertandingan tersebut merugikan reputasi klub.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, Ten Hag dengan jujur ​​mengakui bahwa timnya melakukan kesalahan yang merugikan, terutama setelah menit ke-70. "Ada momen di mana kami mengecewakan satu sama lain," ungkapnya dengan tegas. Namun, dia menambahkan, "Pada akhirnya, kami berhasil lolos."

Kemenangan ini menghasilkan pertanyaan apakah kemenangan yang susah payah seperti itu merugikan reputasi Manchester United, terutama melawan tim Championship seperti Coventry yang sebelumnya kalah tiga kali dari empat pertandingan.

Namun, Ten Hag dengan tegas menolak pandangan tersebut. "Saya tidak melihatnya sebagai hal memalukan," katanya mantap. "Ini adalah pencapaian besar bagi kami, meskipun kami menyadari bahwa ada ruang untuk perbaikan."

Meskipun mengakui kesalahan, dia tetap fokus pada prestasi positif mereka. 


Masa Depan Ten Hag di Old Trafford : Antara Tantangan dan Keyakinan

Foto: Derby Manchester Terwujud, MU Lolos ke Final Piala FA setelah Atasi Perlawanan Pantang Menyerah Coventry hingga Adu Penalti
Selebrasi para pemain Manchester United merayakan gol pertama ke gawang Coventry City yang dicetak Scott McTominay (tengah) pada laga semifinal Piala FA 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Minggu (21/4/2024). (AP Photo/Alastair Grant)

Meskipun Ten Hag berhasil membawa MU ke final Piala FA dan membuka peluang untuk meraih trofi kedua dalam beberapa musim terakhir, masa depannya di Old Trafford masih diselimuti ketidakpastian. Namun, ia menegaskan bahwa penampilan timnya melawan Coventry tidak seharusnya merusak posisinya.

"Menilai posisi saya berdasarkan satu pertandingan akan tidak adil," katanya. "Kami menghadapi tantangan besar dengan cedera yang dialami tim, namun para pemain memberikan segalanya. Mereka bermain dengan semangat, bahkan ketika tidak berada dalam kondisi terbaik mereka. Itulah yang saya hargai dari mereka."

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya