Sir Jim Ratcliffe Tetapkan 5 Aturan Buat Sosok yang Jadi Manajer Manchester United di Musim Depan

Selain mencari sosok manajer, pemegang saham minoritas Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah menetapkan lima aturan untuk diikuti Erik ten Hag atau pelatih kepala baru di Manchester United

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 31 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 06:00 WIB
Banner pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe
Banner pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United masih membahas posisi manajer klub untuk musim depan. Sejauh ini Setan Merah belum memastikan apakah mempertahankan Erik ten Hag atau menggantinya dengan sosok baru.

Meski sudah jadi juara Piala FA usai mengalahkan rival sekota Manchester City di final akhir pekan lalu, belum ada kepastian apakah Ten Hag akan mempertahankan tempatnya di klub musim depan.

Beredar kabar petinggi MU akan berpisah dengan pemain Belanda itu setelah Piala FA, menyusul musim liga yang buruk dan tersingkir lebih awal dari Liga Champions.

Di antara nama-nama terkenal yang muncul dalam beberapa pekan terakhir sebagai calon penerus Ten Hag adalah Roberto De Zerbi, Kieran McKenna, Thomas Frank, Thomas Tuchel, dan Mauricio Pochettino.

Terlepas dari penentuan itu, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah menetapkan lima aturan untuk diikuti Ten Hag atau pelatih kepala baru di Manchester United saat ia berupaya membimbing klub ke arah yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lima Aturan Baru Ratcliffe Buat Manajer Manchester United

Foto: Gol Dua Wonderkid MU Bawa Setan Merah Pecundangi Man City untuk Rebut Piala FA ke-13 Sepanjang Sejarah
Selebrasi para pemain Manchester United merayakan gol kedua ke gawang Manchester City yang dicetak Kobbie Mainoo (kedua kiri) pada laga final Piala FA 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Sabtu (25/5/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Menurut The Sun, siapa pun yang memimpin musim depan harus mematuhi lima aturan ketat yang ditetapkan oleh Sir Jim Ratcliffe, yang ia dan pimpinan klub yakini akan membawa klub lebih maju.

Ketentuan pertama adalah modifikasi terhadap kerangka rekrutmen, yang mewajibkan setidaknya lima pemain berusia 25 tahun atau lebih muda untuk dimasukkan ke dalam tim.

Arahan ini bertujuan untuk menyuntikkan lebih banyak energi ke dalam skuad dan mengurangi performa lesu yang terlihat sepanjang musim 2023/2024.


Ratcliffe Lebih Suka Cari Pemain Berbakat

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Harga saham Manchester United saat ini dilaporkan juga sedang mengalami kenaikan tajam di New York Stock Exchange. Saham ditutup pada $13,69 (£11,36), atau naik 7,1 persen. Semua kesepakatan untuk menjual saham minoritas diperkirakan tidak akan selesai sampai bulan September mendatang. (AFP/Valery Hache)

Dapat dipahami juga bahwa miliarder asal Inggris ini ingin mengungkap permata tersembunyi yang akan bersinar untuk United di masa depan ketimbang menghabiskan banyak uang untuk nama-nama besar yang belum tentu terbukti.

Sekitar 1,5 miliar pounds telah dihabiskan untuk penandatanganan pemain bernilai besar, seperti Antony, Jadon Sancho, Angel di Maria dan Romelu Lukaku. Namun, mereka gagal memenuhi harapan.


Manajer MU Diberi Pilihan Daftar Pemain

Foto: Diwarnai Gol Bunuh Diri Lisandro Martinez, MU Tumbang di Markas Tottenham pada Pekan Kedua Liga Inggris 2023/2024
Reaksi pemain Manchester United, Lisandro Martinez saat melakukan gol bunuh diri ke gawangnya sendiri pada laga pekan kedua Liga Inggris 2023/2024 melawan Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Minggu (20/08/2023) WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Aturan lain yang dibuat oleh Ratcliffe adalah bahwa dewan direksi United akan memberikan kepada manajer daftar tiga pemain untuk dipilih. Keputusan ini mengikuti pedoman bahwa manajer tidak akan menyarankan pemain tertentu untuk direkrut melainkan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam skuad.

Peraturan terakhir yang diperkirakan akan ditegakkan pimpinan INEOS adalah tidak terkait dengan transfer. Sebaliknya, hal ini melibatkan gaya permainan tim, yang diharapkan akan dirumuskan oleh Jason Wilcox, direktur teknik baru klub, dan bukan oleh manajer.


Manchester United Masih Evaluasi Posisi Ten Hag

MU Juara Carabao Cup 2022/2023 Usai Tekuk Newcastle United
Pelatih Manchester United atau MU Erik ten Hag dan anggota tim berpose dengan trofi juara Carabao Cup 2022/2023 usai kalahkan Newcastle United pada partai final di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). Ini adalah gelar pertama buat sang manajer Setan Merah Erik ten Hag. (AP Photo/Alastair Grant)

United saat ini sedang melakukan tinjauan akhir musim sebelum mengambil keputusan terhadap Ten Hag, yang telah dipantau secara ketat oleh Sir Dave Brailsford dan Wilcox dalam beberapa bulan terakhir.

Jika MU memilih untuk berpisah dengan pelatih asal Belanda itu, akan menarik untuk melihat siapa yang bisa mereka dapatkan untuk mengambil peran tersebut.

Brailsford, yang merupakan sekutu terpercaya Ratcliffe, menjadi ujung tombak rencana transfer musim panas Manchester United di tengah tertundanya kedatangan dua eksekutif penting.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya