Reaksi Erick Thohir usai Cek Kondisi Rumput SUGBK Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara setelah mengecek kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 05 Jun 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 12:00 WIB
Erick Thohir Tinjau SUGBK
Momen Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau kondisi rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Rabu (5/5/2024). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara setelah mengecek kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menilai kondisi rumput sudah baik berkat cepatnya proses recovery pasca digunakan untuk menggelar acara musik pada pertengahan Mei lalu.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menantang Filipina dan Irak dalam pertandingan yang digelar Kamis (6/6/2024) serta Selasa (11/6/2024). Duel ini menjadi momen krusial yang menentukan kelolosan skuad Garuda ke putaran 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers.

Dari segi posisi, tim racikan Shin Tae-yong sebenarnya ada di situasi yang cukup bagus. Mereka mampu menghuni urutan 2 klasemen sementara dengan perolehan 7 poin dari 4 pertandingan, sehingga Timnas Indonesia cuma butuh satu kemenangan lagi untuk menyegel tiket menuju ronde berikutnya.

Kondisi lapangan pun jadi aspek penting yang harus dicek guna menyukseskan misi Timnas Indonesia dalam laga melawan Irak dan Filipina. Apalagi, kondisi rumput SUGBK sempat menuai kekhawatiran lantaran sempat dipakai menggelar acara hiburan bulan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Erick Thohir usai Tinjau SUGBK

Erick Thohir Tinjau SUTBK
Erick Thohir menilai kondisi rumput di SUGBK sudah baik, jelang duel Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Erick Thohir selaku nakhoda federasi sepak bola Indonesia pun hadir langsung untuk meninjau kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sehari jelang pelaksanaan laga Timnas Indonesia vs Irka di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia sempat berkeliling lapangan dengan didampingi Sekjen PSSI Yunus Nusi serta Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo. Erick Thohir menilai lapangan SUGBK sudah ada dalam kondisi baik. Hal itu berkat cepatnya proses recovery lapangan selepas dipakai mengadakan event non-olahraga.

"(Kondisi lapangan) oke, oke. Recovery-nya baik karena tentu tadi, persiapannya sudah ada waktu cukup," ungkap Erick Thohir saat ditemui awak media selepas meninjau lapangan SUGBK pada Rabu (5/6/2024) pagi WIB.


Sudah Bangun Komitmen dengan PPKGBK

Erick Thohir Tinjau SUGBKK
Kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Lebih lanjut Erick Thohir mengeklaim, pihaknya memang sudah membangun komitmen dengan PPKGBK terkait pengelolaan stadion untuk kepentingan olahraga. Ke depannya, PPKGBK akan terus melalukan sinkronisasi serta penyesuaian jadwal demi bisa mengakomodasi kebutuhan penggunaan lapangan bagi tim nasional

"Ya Alhamdulillah kan memang saya, sama Dirut GBK punya komitmen sama-sama bahwa kita harus terus mengeratkan jadwal-jadwal supaya jangan sampai negara kita tidak ada konser atau hiburan lain, tetapi prioritas tim nasional sepak bola juga harus dijaga," ucap Erick.

"Ini contoh yang baik bagaimana kita sama-sama ketika jadwal tim nasional itu sudah dibicarakan, beliau tetap juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan untuk mempromosikan negara kita seperti buat konser dan lain-lain.Kita bisa lihat hasilnya, kalau sinkronisasi ini bisa terjadi, maka nanti kondisi rumputnya bagus."

"Tadi kita juga diskusi sama beliau mengenai lapangan latihan yang kita mesti sinkronisasikan juga agar jangan sampai nanti persepsinya seakan-akan tim tamu tidak dilayani. Lalu tim nasional kita terkena cedera karena kualitas (kurang). Nah ini sama, habis ini baru (diurus) yang lapangan latihan, dan beliau komit," tandas Erick

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya