Kilas Balik Euro 2012: Era Emas Sepak Bola Spanyol

Spanyol mempertegas status sebagai kekuatan utama sepak bola dunia ketika menjuarai Euro 2012. Mereka jadi negara pertama yang sukses mempertahankan gelar Piala Eropa.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 07 Jun 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 12:00 WIB
Foto Trivia Euro: 7 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Piala Eropa, Cristiano Ronaldo Rajanya Bersama Timnas Portugal
Spanyol juara Euro 2012. (AFP/Damien Meyer)

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol mempertegas status sebagai kekuatan utama sepak bola dunia ketika menjuarai Euro 2012. Mereka jadi negara pertama yang sukses mempertahankan gelar Piala Eropa.

Negeri Matador bahkan mencetak hattrick karena turut menjuarai Piala Dunia 2010. Ini adalah kali pertama ada yang mampu menguasai tiga turnamen besar secara beruntun.

Pada turnamen yang berlangsung di Polandia-Ukraina, Spanyol sudah unjuk gigi dengan menguasai Grup C. Padahal ada Italia dan kuda hitam Kroasia di sana.

Pada persaingan lain, status sebagai salah satu tuan rumah berbuah debut bagi Ukraina di Piala Eropa. Namun, mereka gagal melangkah ke babak gugur karena kalah bersaing melawan Inggris dan Prancis di Grup D. Polandia juga kandas di Grup A, plus finalis Piala Dunia 2010 Belanda.

Timnas Spanyol lalu menyisihkan Prancis dan Portugal dalam perjalanan menuju final. Mereka kembali bersua Italia yang menyingkirkan Inggris dan Jerman.

Kedua tim bermain tanpa gol di grup. Meski begitu, La Furia Roja membuktikan kualitas sebenarnya di Stadion Olimpiade Kiev. Mereka menghajar Italia empat gol tanpa balas.

"Ini adalah era emas bagi sepak bola Spanyol," kata pelatih Vicente del Bosque.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bintang Euro 2012

Foto: 5 Pemain yang Gagal Meraih Ballon d'Or saat Menjuarai Euro Bersama Timnas, Pertanda Buruk Bagi Wakil Italia?
Andres Iniesta. Meraih gelar Euro 2012 bersama Timnas Spanyol dan menjadi pemain terbaik turnamen tak cukup membawanya merebut Ballon d'Or 2012. Ia hanya menempati posisi ketiga. Gelar jatuh ke tangan Lionel Messi yang tampil tajam dengan 91 gol bersama Barcelona. (AFP/Damien Meyer)

Mengikuti jejak Xavi Hernandez empat tahun sebelumnya, gelandang mungil lain merebut gelar pemain terbaik turnamen. Kali ini Anders Iniesta yang membawa pulang trofi.

"Gelar juara ini lebih sulit dari 2008 karena waktu sudah berjalan. Seluruh lawan juga ingin mengalahkan juara bertahan Piala Dunia dan Piala Eropa," tandasnya.

Namun, seperti Xavi, kinerja Iniesta pada Euro 2012 tidak membuahkan Ballon d'Or. Dia harus mengakui keunggulan rekannya di Barcelona kala itu, Lionel Messi. 

 


Fakta Menarik Euro 2012

Foto: Dipanggil Kembali ke Timnas Italia, Mario Balotelli Bakal Reuni dengan Roberto Mancini saat di Gli Azzurri dan Man City
Prestasi terbaiknya selama berseragam Gli Azzurri adalah saat menjadi runner-up pada ajang Piala Eropa 2012 saat dibesut Cesare Prandelli. Dalam babak final yang digelar di Olympic Stadium, Kiev, (1/7/2012) Italia dikalahkan Spanyol dengan skor 0-4. (AFP/Christof Stache)
  • Pada usia 73 tahun 93 hari, Giovanni Trapattoni jadi pelatih tertua yang bekerja di Piala Eropa ketika Republik Irlandia pimpinannya bertemu Italia.
  • Sebanyak 22 gol tandukan tercipta pada Euro 2012, tertinggi sepanjang sejarah turnamen.
  • Vicente del Bosque menjadi pelatih pertama yang merebut gelar Liga Champions, Piala Dunia, dan Piala Eropa.
  • Iker Casillas meraih caps ke-100 pada final melawan Italia. Dia juga jadi kapten pertama yang membawa timnya mempertahankan gelar Euro.
  • Fernando Torres menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol di final Piala Eropa atau Euro.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya