Dipercaya Lagi Jadi Manajer Manchester United, Ten Hag Harus Ikhlas Menerima Pemotongan Gaji, Ini Penyebabnya

Seperti pemain Manchester United, Erik ten Hag akan menghadapi pemotongan gaji sebesar 25 persen musim depan setelah Setan Merah gagal lolos ke Liga Champions

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 13 Jun 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 13:00 WIB
MU Juara Carabao Cup 2022/2023 Usai Tekuk Newcastle United
Pelatih Manchester United atau MU Erik ten Hag dan anggota tim berpose dengan trofi juara Carabao Cup 2022/2023 usai kalahkan Newcastle United pada partai final di Stadion Wembley, Senin dini hari WIB (27/2/2023). Ini adalah gelar pertama buat sang manajer Setan Merah Erik ten Hag. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan evaluasi dan peninjauan, Manchester United kemungkinan besar Erik ten Hag akan tetap menjadi manajer. Namun, dia bisa saja menghadapi pemotongan gaji yang signifikan jika ia tetap menjalankan peran tersebut.

Ten Hag diperkirakan akan meninggalkan United musim panas ini setelah hanya mampu membawa timnya finis di urutan kedelapan di Liga Inggris. Ini catatan terendah mereka sejak mengikuti kompetisi ini.

Tapi, setelah kemenangan 2-1 yang tidak terduga di final Piala FA melawan rival lokalnya Manchester City, kini pelatih asal Belanda itu diperkirakan akan tetap menjadi manajer Manchester United untuk musim 2024/2025.

Meskipun ada pertemuan antara pemilik baru INEOS dan beberapa manajer lainnya, Sir Jim Ratcliffe ternyata masih tetap percaya pada Ten Hag. Namun, kabarnya menjelang musim ketiganya di Old Trafford, Ten Hag terpaksa menerima pengurangan gaji yang besar.

Menurut ESPN, Ten Hag akan menghadapi pemotongan gaji sebesar 25 persen musim depan setelah timnya gagal lolos ke Liga Champions. Pasalnya, seperti banyak pemain Manchester United, dia diyakini mendapat kontrak insentif yang berubah karena kinerja tim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nilai Kontrak Erik ten Hag di MU Bakal Turun

Foto: Masih Bela MU, Ini Dia 5 Pemain Aktif Setan Merah dengan Penampilan Terbanyak di Semua Ajang
Striker Manchester United, Marcus Rashford mendapat instruksi dari pelatih Erik ten Hag saat bersiap kembali memasuki lapangan menghadapi Leeds United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds (12/2/2023). Marcus Rashford hingga kini telah bermain dalam 345 laga di semua ajang sejak dipromosikan dari tim U-18 pada tengah musim 2015/2016. Ia telah mencetak total 118 gol dan 66 assist dari jumlah laga tersebut.(AFP/Oli Scarff)

Meskipun sudah memenangkan Piala FA mengamankan tempat di Liga Europa, kegagalan lolos ke kompetisi top Eropa UEFA berarti kontrak tahunan Ten Hag senilai 9 juta pounds akan turun menjadi 6,75 juta pounds.

Dan ini bukan pertama kalinya hal ini terjadi di klub. Cristiano Ronaldo dilaporkan mengungkapkan rasa frustrasinya karena menerima pemotongan gaji sebesar 25 persen setelah United gagal lolos ke Liga Champions setelah finis di peringkat keenam yang mengecewakan pada musim 2021/2022.


Pernah Menimpa Cristiano Ronaldo Sebelum Hengkang

Portugal vs Irlandia Laga Uji Coba
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Irlandia pada laga uji coba internasional terakhir jelang putaran final Euro 2024 di Stadion Municipal de Aveiro, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Luis Vieira)

Ronaldo akhirnya pergi pada November 2022 sebagai agen bebas setelah melakukan wawancara kontroversial yang mengkritik kebijakan klub. Tak lama kemudian dia bergabung dengan klub Liga Pro Saudi Al Nassr.

Namun, Ten Hag berpotensi menghindari pemotongan gaji karena dia dilaporkan sedang dalam pembicaraan mengenai kontrak baru dengan United. Masa kerja dia saat ini akan berakhir pada akhir musim mendatang.


Sir Jim Ratcliffe Sempat Pertimbangkan Thomas Tuchel

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Sebelumnya, Sir Jim Ratcliffe sempat mempertimbangkan Thomas Tuchel, yang meninggalkan Bayern Munchen bulan lalu, sebagai kandidat pengganti Ten Hag.

Mantan bos Chelsea itu bertemu dengan petinggi United Selasa lalu di Monaco, tetapi ternyata dia memutuskan untuk istirahat dari olahraga tersebut.

Sementara itu, Mauricio Pochettino juga dipertimbangkan untuk pekerjaan tersebut setelah ia menyatakan minatnya untuk bertahan di Liga Premier setelah meninggalkan Chelsea kurang dari tiga minggu lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya