Skotlandia di Bawah Standar Lawan Jerman di Euro 2024, Bikin Kecewa Diri Sendiri

Skotlandia terlihat sangat lemah lawan Jerman pada laga pembuka Euro 2024. Sang pelatih pun beberkan penyebab dan kekecewaannya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 15 Jun 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 06:30 WIB
Jerman Vs Skotlandia
Kemenangan telak 5-1 ini jadi langkah awal yang sangat baik untuk Jerman di Euro 2024. (THOMAS KIENZLE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Skotlandia harus tertunduk lesu karena kalah telak 1-5 lawan Jerman pada laga pembuka Euro 2024 di stadion Allianz Arena, Sabtu (15/6/2024). Tartan Army, julukan Skotlandia hanya bisa mencetak 1 gol dan itupun gol bunuh diri Antonio Rudiger.

Jerman leluasa mencetak 5 gol ke gawang Skotlandia. Kelima gol itu dicetak oleh Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicklas Fulkrug dan Emre Can.

Skotlandia benar-benar underdog dan tak berkelas lawan Jerman. Kapten Skotlandia Andy Robertson pun merasakan kekurangan timnya.

"Babak pertama, kami membuat semuanya jadi salah, sama sekali tanpa perlawanan. Kami tidak agresif dan membiarkan pemain bagus mereka mendapatkan bola," kata bek kiri Liverpool itu.

"Babak dua, kami main dengan 10 pemain dan tim mampu adaptasi dengan baik. Kami harus segera bangkit karena banyak kesalahan di sini."

Skotlandia tak tercatat melepas satu tembakan pun ke arah gawang selama 90 menit melawan Jerman pada laga pembuka Euro 2024. Ini menunjukkan lemahnya koordinasi dan lini serang Skotlandia melawan tuan rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Skotlandia Tampil di Bawah Standar

Toni Kroos
Gelandang Jerman Toni Kroos kokoh dalam bertahan dan mengatur serangan Jerman saat melawan Skotlandia pada laga pembuka Euro 2024 (AP Photo/Antonio Calanni)

 

Komentar yang sama juga diungkapkan oleh pelatih Skotlandia Steve Clarke. Dia jujur kaget dengan penampilan di Bawah standar Skotlandia.

"Ini malam yang sulit. Kami benar-benar tak main sesuai standar kami," katanya kepada UEFA.com.

"Jerman memang luar biasa. Saya merasa kami mengecewakan diri sendiri, padahal kami lebih baik dari yang terjadi di lapangan malam ini. Semoga kami bisa tunjukkan itu di laga berikutnya."

 


Target Skotlandia Berikutnya di Euro 2024

Foto: 6 Pelatih Sukses Timnas yang Dulu Menjadi Pemain di Liga Inggris
Pelatih Skotlandia Steve Clarke kecewa berat dengan penampilan anak asuhnya (Foto: AFP/Andy Buchanan)

 

Skotlandia akan menghadapi dua laga lagi melawan Hungaria dan Swiss. Steve Clarke sudah mematok target agar Tartan Army bisa tetap lolos ke-16 besar.

"Kami butuh empat poin dari dua laga berikutnya. Itulah yang akan kami fokuskan usai pertandingan ini," ujar Steve Clarke.

 


Susunan Pemain Jerman vs Skotlandia

Jerman Vs Skotlandia
Gol Jerman dicetak oleh Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicklas Fulkrug dan Emre Can. (DAMIEN MEYER / AFP)

 

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Kimmich, Rudiger, Tah, Mittelstadt; Toni Kroos, Andrich; Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Florian Witz; Havertz

Skotlandia (3-4-2-1): A Gunn; R Porteous, J Hendry, K Tierney; A Raiston, McTominay, MacGregor, Andrew Robertson; R Christie, J McGinn; Che Adams

Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F
Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya