Hasil Euro 2024 Serbia vs Inggris: Gol Jude Bellingham Beri Three Lions Kemenangan Tipis

Timnas Inggris hanya menang tipis 1-0 atas Serbia pada laga grup C Euro 2024. Jude Bellingham menjadi pembeda lewat golnya di babak pertama.

oleh Defri Saefullah diperbarui 17 Jun 2024, 03:54 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2024, 03:54 WIB
Timnas Inggris Euro 2024
Pemain Inggris merayakan gol yang dicetak Jude Bellingham ke gawang Serbia pada laga grup C Euro 2024 di stadion Veltins Arena (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris meraih kemenangan penting usai unggul 1-0 atas Serbia pada laga grup C Euro 2024 yang berlangsung di stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen, Senin (17/6/2024). Satu gol dari Jude Bellingham memberi Three Lions, julukan Inggris, kemenangan tipis.

Meski hanya menang 1-0, ini sudah cukup mengantarkan Inggris ke puncak klasemen grup C Euro 2024. Soalnya mereka raih 3 poin, di atas Denmark dan Serbia yang berbagi 1 poin saja di laga sebelumnya.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan gebrakan dan penguasaan bola yang dilakukan Inggris. Sampai menit ke-3, serangan itu belum membuahkan hasil.

Duel Serbia melawan Inggris menjadi yang pertama sejak Serbia menjadi negara merdeka di 2006. Bahkan sejak Yugoslavia pecah di 1990 lalu, Inggris baru bertemu satu kali pada 2003 lalu.

Serbia tampak berhati-hati dan lebih banyak bertahan di belakang. Negara Eropa Timur ini mencoba untuk meredam serangan Inggris ketimbang lakukan serangan sampai menit ke-10.

Inggris akhirnya sukses membongkar pertahanan Serbia di menit ke-13. Jude Bellingham membuat skor 1-0 usai menyambar umpan Bukayo Saka.

Alexander Arnold mencoba peruntungan di menit ke-19. Tembakannya masih melebar dan skor pun tak berubah 1-0 untuk Inggris.

Bukayo Saka melepas umpan kepada Kyle Walker yang melaju hingga ke kotak penalti di menit ke-25. Tembakan atau upaya untuk mengumpannya tak menghasilkan apa-apa.

Bukayo Saka lagi-lagi merobek pertahanan Serbia lewat sayap kanan di menit ke-37. Namun umpan tariknya tak disambut siapapun. Skor bertahan 1-0 untuk Inggris.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Inggris masih unggul 1-0 atas Serbia. Apakah Serbia bisa membalas di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Serbia vs Inggris

Jude Bellingham Euro 2024
Jude Bellingham dan Trent Alexander Arnold melakukan selebrasi unik usai Inggris mencetak gol ke gawang Serbia pada laga grup C Euro 2024 (AP)

Serbia mencoba untu mengejar ketinggalan gol lawan Inggris di babak kedua. Usaha pertama dilakukan pemain pengganti Ivan Ilic yang menusuk dari sayap kiri dan melepas umpan Tarik di menit ke-53, tapi tak ada pemain Serbia yang menyambut umpan ni.

Serbia lagi-lagi membuka peluang berbahaya di menit ke-59. Aleksandr Mitrovic nyaris cetak gol tapi dia terjatuh dan tampak seperti dijatuhkan Kieran Trippier, tapi wasit tak memberi penalti.

Setelah kegagalan itu, Alexander Mitrovic langsung ditarik keluar diganti Dusan Tadic. Begitupun Sasa Lukic yang digantikan Luka Jovic di menit ke-61. Serbia mengejar gol dengan 2 striker masuk langsung.

Inggris membuka peluang lewat sundulan Declan Rice di menit ke-72. Pemain Inggris melanjutkan sundulan itu yang mengenai pemain belakang Serbia.

Inggris nyaris menambah gol lewat Harry Kane di menit ke-77. Sundulannya hasil umpan Jarod Bowen sayang sekali membentur tiang dan tak masuk ke gawang.

Dusan Vlahovic bikin Jordan Pickford terkejut lewat tendangannya di menit ke-82. Untung saja, dia masih bisa menepisnya sehingga anya menghasilkan tendangan sudut.

Sergej Milinkovic Savic juga mencoba peruntungan di menit ke-89 lewat tendangan jauh yang masih jauh dari sasaran. Wasit memberi 4 menit tambahan Waktu.

Hingga pertandingan berakhir, Inggris berhasil menjaga keunggulan 1-0 lawan Serbia. Three Lions benar-benar kerja keras untuk ini.


Susunan Pemain Serbia vs Inggris

Serbia vs Inggris Euro 2024
Momen saat Jude Bellingham menyambar umpan Bukayo Saka menjadi gol untuk Inggris saat melawan Serbia di stadion Veltins Arena (AP)

Serbia (3-4-1-2): Rajkovic; Veljkovic, Milenkovic, Pavlovic; Zivkovic, Lukic, Gudel, Kostic; Milinkovic Savic; Mitrovic, Vlahovic

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Guehi, Trippier; Trent Arnold, Declan Rice; Bukayo Saka, Jude Bellingham, Phil Foden; Harry Kane

Euro 2024 Grup D : Polandia, Belanda, Austria, Prancis
Euro 2024 Grup D : Polandia, Belanda, Austria, Prancis (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya