Hasil Copa America 2024: Tekuk Bolivia, Amerika Serikat Raih Poin Penuh di Laga Perdana

Mengawali laga perdana di Grup C Copa America, tuan rumah Amerika Serikat sukses meraih poin penuh usai menundukan Bolivia di Stadion AT&T, Arlington, Senin (24/6/2024).

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 24 Jun 2024, 07:02 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2024, 07:01 WIB
Copa America 2024
Penyerang AS Christian Pulisic merayakan gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola grup C turnamen Conmebol 2024 Copa America antara AS dan Bolivia di Stadion AT&T di Arlington, Texas pada 23 Juni 2024.Aric Becker / AFP

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat menorehkan hasil cemerlang di laga pembuka Grup C Copa America 2024 saat menghadapi Bolivia. Bermain di hadapan ribuan pendukungnya yang memadati Stadion AT&T, Arlington, Senin pagi (24/6/2024), mereka menang 2-0 berkat gol Christian Pulisic dan Folarin Balogun.

Dengan kemenangan ini Amerika Serikat memimpin klasemen sementara Grup C. Namun, posisi ini bisa berubah menunggu hasil pertandingan dua tim lainnya di grup ini Uruguay dan Panama.

Amerika Serikat begitu pertandingan dimulai langsung menggebrak pertahanan Bolivia. Tekanan terus menerus mendatangkan sejumlah peluang dan nyaris membuka keunggulan. Hingga akhirnya pada menit 3 Pulisic lewat tendangan kerasnya berhasil menjebol gawang Bolovia.

Gol pembuka Pulisic membuat Amerika Serikat makin agresif untuk menambah keunggulan. Bahkan, Timothy Weah hampir mencetak gol kedua jika saja bola tak membentur pemain Bolivia.

Bolivia mencoba melepaskan diri dari tekanan lawannya. Peluang pertama diperoleh Roberto Fernandes, namun bola tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Matt Turner.

Memasuki pertengahan babak pertama pertandingan berjalan makin sengit. Bolivia yang mengandalkan Fernando Saucedo di lini depan mula banyak mengganggu pertahanan Amerika Serikat.

Namun, Amerika Serikat justru yang mendapat peluang berbahaya di depan gawang Bolivia. Weah yang lolos dari sisi kanan melepaskan umpan ke kotak penalti, namun bola terlambat disambut rekan-rekannya.

Memasuki akhir babak pertama kedua tim masih silih berganti melakukan tekanan. Namun, melalui skema serangan balik Pulisic menyodorkan bola ke depan gawang Bolivia dan diselesaikan Balogun lewat tendangan terarah. Skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dominasi Amerika Serikat Berlanjut di Babak Kedua

Copa America 2024
Christian Pulisic dari Amerika Serikat berebut penguasaan bola dengan Leonel Justiniano dari Bolivia selama pertandingan Grup C CONMEBOL Copa America 2024 antara Amerika Serikat dan Bolivia di Stadion AT&T pada 23 Juni 2024 di Arlington, Texas. Omar Vega//AFP

Di awal babak kedua, Amerika Serikat langsung mengambil inisiatif penyerangan. Serangan yang dibangun Weah dan Balogun hampir menjebol gawang Bolivia.

Menit 52 Balogun akhirnya mampu mencetak gol kedua. Namun, dianulir wasit lantaran sebelumnya Weah yang memberikan umpan sudah berada dalam posisi offside.

Peluang menambah gol diperoleh lagi Amerika Serikat pada menit 58. Pulisic dari depan kotak penalti melepaskan tendangan keras, tapi bola masih bisa ditepis kiper Bolivia.

Amerika terus mendominasi permainan. Kesempatan emas didapat Ricardo Pepi untuk mencatatkan namanya di papan skor, sayang meski sudah di depan gawang, bola sontekannya malah melenceng ke sisi gawang.

Peluang mencetak gol kembali diperoleh Pepi menit 78. Menerima umpan matang dari Pulisic, bola langsung diteruskan dengan tendangan keras, namun Viscarra masih bisa menepisnya.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, Bolivia masih kesulitan mengembangkan permainan. Mereka kewalahan menahan gempuran pemain depan Amerika Serikat. Namun, sampai selesai pertandingan tak ada lagi gol tercipta.


Susunan Pemain

Copa America 2024
Ramiro Vaca dari Bolivia berebut bola bersama Johnny Cardoso dari Amerika Serikat pada pertandingan Grup C CONMEBOL Copa America 2024 antara Amerika Serikat dan Bolivia di Stadion AT&T pada 23 Juni 2024 di Arlington, Texas. Sam Hodde/Getty Images/AFP

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Joseph Scally, Chris Richards, Antonee Robinson, T Ream, Weston McKennie, Tyler Adams, G Reyna, Timothy Weah, Folarin Balogun, Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter.

Bolivia (4-5-1): G. Viscarra; Jose Segredo, Adrian Jusino, Luis Haquin, L. Justiniano, Diego Daniel Medina Roman; Roberto Fernandez, Fernando Saucedo, Gabriel Villamil, B Miranda, C.Menacho.

Pelatih: Antonio Carlos Zago.

Infografis Jadwal Copa America 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D
Infografis Jadwal Copa America 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya