Hasil Copa America 2024: Kolombia Menang Tipis Atas Paraguay di Laga Perdana Grup D

Dua gol yang dilesakkan Daniel Munoz dan Jefferson Lerma sudah cukup membawa Kolombia meraih kemenangan atas Paraguay di laga perdana Grup D Copa America 2024.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 25 Jun 2024, 07:01 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 07:01 WIB
Copa America 2024
Daniel Munoz merayakan gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola grup D turnamen Conmebol 2024 Copa America antara Kolombia dan Paraguay di Stadion NRG di Houston, Texas pada 24 Juni 2024.Aric Becker / AFP

Liputan6.com, Jakarta Kolombia berhasil menaklukkan Paraguay 2-1 di laga pembuka Grup D Copa America 2024, Selasa (25/6/2024), di Stadion NRG, Houston, Amerika Serikat. Dua gol kemenangan Los Cafeteros dicetak Daniel Munoz dan Jefferson Lerma. Paraguay hanya mampu membalas satu gol lewat Julio Enciso

Kolombia dan Paraguay bermain cukup hati-hati di awal pertandingan. Kedua tim masih banyak memainkan bola di lini tengah sebelum melakukan serangan.

Kolombia mendapat peluang pertama melalui Richard Rios. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis di sisi mistar gawang Paraguay.

Gantian Paraguay yang mengancam gawang Kolombia pada menit 16. Berawal dari tendangan bebas di depan kotak penalti, tembakan Julio Enciso masih bisa dimentahkan kiper Vargas.

Kolombia dan Paraguay mulai agresif menggempur pertahanan masing-masing lawannya. Meski usaha kedua tim sering gagal dalam penyelesaian akhir.

Menit 27 Paraguay melakukan serangan balik memanfaatkan kesalahan bek Kolombia. Namun, Enciso terburu-buru melepaskan tendangan sehingga bola meleset dari sasaran.

Namun, Kolombia justru yang membuka keunggulan lebih dahulu pada menit 33. Bola dari umpan terukur James Rodriguez dari sisi kanan ditersukan Munoz dengan tandukan terarah. Skor 1-0.

Kolombia yang mulai tampil percaya diri menambah keunggulan di menit 42. Bola lambung dari tendangan bebas disundul Lerma yang unggul dalam duel udara dengan pemain Paraguay. Kedudukan 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Paraguay Hanya Mampu Balas Satu Gol Lewat Julio Enciso

Copa America 2024
James Rodriguez dari Kolombia berebut bola dengan Mathias Villasanti dari Paraguay pada pertandingan Grup D CONMEBOL Copa America 2024 antara Kolombia dan Paraguay di Stadion NRG pada 24 Juni 2024 di Houston, Texas. Logan Riely/Getty Images/AFP

Paraguay tak banyak membuang waktu langsung menekan pertahanan Kolombia sejak awal babak kedua untuk mengejar ketinggalan. Namun, upaya mereka masih dengan mudah dipatahkan pemain lawan.

Sebaliknya, meski lewat serangan balik tekanan Kolombia lebih membahayakan gawang Paraguay. Menit 58 tendangan Luiz Diaz hampir menjebol gawang Morinigo.

Paraguay memperoleh peluang mencetak gol pada menit 63. Espinoza yang merangsek ke depan kotak penalti melepaskan tendangan keras, namun bola masih bisa diamankan Vargas.

Usaha Paraguay mencetak gol akhirnya terwujud menit 69. Bermula dari operan dari sisi kanan, bola yang gagal dihalau bek Kolombia diteruskan Enciso dengan sontekan ke sudut gawang.

Kolombia kembali mencoba menguasai permainan dengan meningkatkan lagi serangan. Menit 75 tendangan kencang Diaz hanya menyamping di sisi gawang Paraguay.

Menit 83 wasit sempat memeriksa VAR setelah pemain Paraguay dinilai melanggar Yerry Mina di depan gawang. Namun setelah berdiskusi cukup lama, wasit tak menunjuk titik putih.

Kolombia dan Paraguay masih gencar melakukan serangan di masa tambahan waktu. Namun, sampai pertandingan berakhir skor 2-1 untuk Kolombia tetap bertahan.


Susunan Pemain

Copa America 2024
Jefferson Lerma dari Kolombia merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua tim pada pertandingan Grup D CONMEBOL Copa America 2024 antara Kolombia dan Paraguay di Stadion NRG pada 24 Juni 2024 di Houston, Texas. Hector Vivas/Getty Images/AFP

Kolombia (4-2-3-1): Camilo Vargas; Daniel Munoz, Jhon Lucumí, Davinson Sánchez, Johan Mojica; Richard Rios, Jefferson Lerma; Jhon Arias, James Rodríguez, Luis Díaz; Rafael Borre.

Pelatih: Nestor Lorenzo.

Paraguay (4-3-3): R Morinigo; Gustavo Velázquez, F Balbuena, Omar Alderete, Matías Espinoza; Mathias Villasanti, Andrés Cubas, H Caballero; Miguel Almirón, A Arce, Julio Enciso.

Pelatih: Daniel Oscar Garnero.

Banner Grafis Copa America 2024 Grup D : Brasil, Kolombia, Paraguay, Kosta Rika
Banner Grafis Copa America 2024 Grup D : Brasil, Kolombia, Paraguay, Kosta Rika (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya