Prediksi Euro 2024 Georgia vs Portugal: Berharap Belas Kasihan Cristiano Ronaldo Cs

Georgia butuh menang saat melawan Portugal untuk mendapatkan satu tiket ke babak 16 besar Euro 2024.

oleh Thomas diperbarui 26 Jun 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 12:00 WIB
Georges Mikautadze Euro 2024
Penyerang Georgia Georges Mikautadze merayakan gol ke gawang Turki pada laga grup F Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park (AP)

Liputan6.com, Jakarta- Laga pamungkas Grup F Euro 2024 akan mempertemukan debutan Georgia melawan Portugal di Veltins Arena, Kamis (27/6/2024) dini hari pukul 02.00 WIB. Georgia butuh kemenangan sehingga berharap belas kasihan dari Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Pertandingan melawan Georgia sudah tidak mempengaruhi nasib Portugal. Mereka sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dan mengamankan status sebagai juara Grup F setelah memenangi dua laga awal melawan Turki dan Republik Ceko.

Sedangkan Georgia butuh menang untuk bisa lolos ke babak 16 besar entah sebagai peringat dua atau salah satu dari peringkat tiga terbaik. Saat ini Georgia baru mendapat satu angka dari dua laga yang dilakoni di Piala Eropa 2024.

Melihat kondisi ini, Georgia sangat berharap pelatih Portugal Roberto Martinez mau melepas laga ini dengan memainkan para pemain lapis keduanya.

Yang jadi pertanyaan besar apakah Martinez akan berani menyimpan Ronaldo. Dengan usia sudah 39 tahun, Ronaldo sebenarnya perlu istirahat agar bugar 100 persen saat 16 besar dimulai. Namun selama ini Ronaldo dikenal selalu ingin bermain. Apalagi pemain Al-Nassr itu masih mandul di Euro 2024 ini.

Tentu saja Georgia akan menjadi sasaran empuk bagi Ronaldo untuk membuka keran golnya di Piala Eropa 2024 ini.

Dalam pernyataan jelang pertandingan, Martinez mengindikasikan tidak akan memberi belas kasihan kepada Georgia. Dia mempertimbangkan memainkan Ronaldo kembali sejak menit pertama kala melawan Georgia.

“Ronaldo adalah pemain penting. Dia menjalani musim yang sangat konsisten dan memainkan setiap pertandingan, bermain banyak menit. Untuk melanjutkan laju kompetitif, bukanlah ide yang baik untuk menghentikannya bermain sekarang dan mengaktifkannya kembali dalam enam hari berikutnya," ujar Martinez.

"Lawan di babak 16 besar tidak penting sekarang. Fokus kami adalah pada pertandingan Georgia. Kami ingin menang dan memberikan yang terbaik," sambung Martinez seperti dikutip dari Mirror.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ancaman Georges Mikautadze

Foto: Cristiano Ronaldo Kembali Cetak Assist Kontra Turki, Portugal Jadi Tim Ketiga yang Melaju ke Babak 16 Besar Euro 2024
Para pemain starting XI Timnas Portugal berfoto bersama jelang dimulainya laga matchday kedua Grup F Euro 2024 menghadapi Timnas Turki di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman, Sabtu (22/6/2024). (AP Photo/Darko Vojinovic)

Kemungkinan Martinez hanya akan melakukan sedikit rotasi saja. Salah satu yang sudah pasti tidak bermain adalah Rafael Leao. Pemain depan yang merumput AC Milan itu bakal absen karena terkena skorsing.

Posisi Leao akan digantikan oleh Pedro Neto atau Joao Felix. Jaoao Palhinha juga hampir pasti disimpan Martinez. Pemain Fulham ini rawan terkena skorsing di 16 besar karena sudah mendapat satu kali kartu kuning.

Jika bisa menang atas Georgia, Portugal akan mengikuti jejak Spanyol sebagai satu-satunya tim yang bisa menyapu bersih fase grup Euro 2024.

Untuk bisa membuat sejarah baru langsung lolos ke babak 16 besar, Georgia akan berharap banyak pada dua pemain depannya winger Khvicha Kvaratskhelia dan penyerang Georges Mikautadze.

Georges Mikautadze secara mengejutkan berpeluang meraih Sepatu Emas Euro 2024. Pemain Ajax Amsterdam itu saat ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan dua gol bersama Jamal Musiala, Niclas Fullkrug dan Ivan Schranz (Slovenia).

Mikautadze sangat perlu membawa Georgia melaju ke 16 besar agar bisa menambah pundi-pundi golnya. Pasalnya Musiala dan Fullkrug sudah pasti akan berlaga di 16 besar dimana Jerman menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos.


Prakiraan Susunan Pemain Georgia vs Portugal

Georgia: Mamardashvili; Kverkveliya, Kashia, Dvali; Kakabadze, Mekvabishvili, Kochorashvili, Tsitaishvili; Davitashvili, Kvaratskhelia; Mikautadze

Portugal: Costa; Semedo, A Silva, Dias, Cancelo; Neves, Palhinha; B Silva, Fernandes, Felix; Ronaldo

Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F
Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya