4 Pihak yang Dirugikan usai Manchester United Rekrut Wonderkid Prancis Leny Yoro

Ada setidaknya 4 pihak yang dirugikan dari langkah perekrutan Leny Yoro oleh Manchester United. Siapa saja mereka?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Jul 2024, 00:06 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 00:06 WIB
Pemain Lille, Leny Yoro
Pemain Lille, Leny Yoro, segera menjadi milik Manchester United di bursa transfer musim panas 2024. Setan Merah berhasil mengalahkan Real Madrid dalam perburuan tanda tangan wonderkid berusia 18 tahun tersebut. (Sameer Al-Doumy/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United selangkah lagi bakal resmi memiliki bek muda asal Prancis Leny Yoro. Setan Merah kabarnya setuju mengeluarkan dana 52 juta poundsterling demi mendanai kepindahan sang wonderkid dari Lille.

Kedatangan Yoro sekaligus menjadi bukti makin getolnya usaha MU dalam melakukan perombakan skuad di jendela transfer musim panas kali ini.

Manchester United memang santer diklaim ingin mendongkrak kualitas timnya jelang kampanye 2024/2025, setelah sempat menelan hasil kurang memuaskan dalam sejumlah ajang musim lalu.

Adapun sebelum Yoro, Setan Merah sudah lebih dulu mendapatkan striker Bologna Joshua Zirkzee. Kehadirannya dimaksudkan untuk menjadi pelapis sekaligus pesaing bagi Rasmus Hojlund di lini depan.

AC Milan sejatinya sempat digadang-gadang sudah begitu dekat dengan kepindahan pemuda Belanda. Akan tetapi, Manchester United sanggup menyalip Rossoneri dalam perburuan dan dilaporkan rela membayar 42,5 juta euro sebagai mahar kepada Bologna.

Layaknya perekrutan Zirkzee yang mematahkan hati AC Milan, kedatangan Leny Yoro di Old Trafford juga menyebabkan kerugian bagi sejumlah pihak. Beberapa di antaranya merupakan klub yang turut menyimpan minat terhadap sang pemain, sementara sisanya ialah penggawa yang jadi tumbal perekrutan sang wonderkid.

Simak ulasan mengenai 4 pihak yang dirugikan usai Manchester United mengangkut Leny Yoro dari Lille pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Real Madrid

Foto: Deretan 5 Pelatih Top Italia Terakhir yang Berkiprah di Liga Inggris, Brighton Datangkan Nama Baru
Carlo Ancelotti. Pelatih berusia 63 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membesut Real Madrid di periode keduanya ini tercatat pernah menangani 2 klub di Liga Inggris, yaitu Chelsea dan Everton. Ia mengarsiteki Chelsea selama 2 musim pada 2009/2010 dan 2010/2011. Sementara bersama Everton ia bertahan selama 1,5 musim mulai pertengahan musim 2019/2020 hingga akhir musim 2020/2021. (AFP/Pool/Peter Powell)

Sudah bukan rahasia bahwa Real Madrid sebelumnya santer dikaitkan dengan kepindahan Yoro. Namun, klub raksasa LaLiga kalah saing dari Manchester United lantaran dia hanya bersedia membayar mahar lebih rendah kepada Lille untuk mengangkut sang pemain.

Kegagalan Los Blancos mengangkut Yoro memang tak terlihat sebagai kerugian besar untuk saat ini. Namun, dengan potensi yang dimiliki Leny Yoro, Real Madrid bisa saja menyesal tak memenangkan perburuan tanda tangan sang pemain apabila dia bersinar dalam beberapa tahun ke depan.


2. Liverpool

Foto: Arne Slot, Sang Suksesor Jurgen Klopp setelah Berpisah dengan Liverpool
Arne Slot Slot diperkenalkan sebagai pelatih kepala, bukan manajer seperti Klopp. Peran Slot ini menandai era baru dalam struktur manajemen Liverpool. The Reds baru-baru ini diketahui tengah melakukan restrukturisasi di sisi manajemen. (AFP/John Thys)

Layaknya Real Madrid, Liverpool juga sempat berminat mengangkut Leny Yoro ke markasnya. Namun, kabar yang beredar menyebut The Reds memutuskan mundur dari pengejaran usai mengetahui preferensi Yoro bermain di Santiago Bernabeu.

Laporan Football Transfers juga mengeklaim pihak klub memang pernah mengaku kepada wartawan bahwa mereka tidak akan merasa terlalu buruk apabila kehilangan bek muda tersebut akibat Real Madrid.

Namun, fakta bahwa rival sengitnya Manchester United yang berhasil memenangkan perburuan Yoro membuat Liverpool menjadi salah satu pihak yang berpotensi merasa rugi di tengah situasi ini.


3. Matthijs de Ligt

Foto: Debut Manis Sadio Mane dan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang DC United
De Ligt tak ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor di awal babak kedua. Pemain asal Belanda itu melepaskan sepakan voli kaki kiri ke pojok atas gawang DC United. (Tim Nwachukwu/Getty Images/AFP)

Matthijs de Ligt merupakan bek lain yang santer menjadi incaran Manchester United di bursa transfer musim panas 2024. Dia semula dilaporkan sudah sangat siap untuk menanti kepindahan ke Old Trafford dan rela mendapat penurunan gaji dibanding saat memperkuat Bayern Munchen.

Laporan Football Transfers mengungkap diskusi kesepakatan untuk De Ligt antara MU dengan klub Bundesliga juga sudah berkembang pesat, sebelum Setan Merah mendahulukan kedatangan Leny Yoro yang membuyarkan situasi.

De Ligt kini terpaksa menunda transfernya menuju Manchester United. Pakar transfer Fabrizio Romano mengungkap Setan Merah masih tertarik pada sang pemain, tetapi perlu lebih dulu menjual penggawa tak terpakai agar bisa mendanai kepindahannya.


4. Harry Maguire

Hasil Coventry City vs Manchester United
Manchester United berhasil unggul berkat gol Scott McTominay, Harry Maguire dan Bruno Fernandes. (AP Photo/Alastair Grant)

Mantan kapten Manchester United Harry Maguire turut terkena dampak buruk kedatangan Leny Yoro di Old Trafford. Pria berusia 31 tahun berpotensi makin sulit mendapat kesempatan di tim utama asuhan Erik ten Hag.

Seperti diketahui, posisi Maguire memang makin merosot dalam kasta kekuasaan lini belakang Setan Merah. Dia kerap kali cuma dijadikan pemain pengganti sepanjang mengarungi kompetisi musim 2023/2024.

Hadirnya Yoro tak ayal berpeluang membuat Maguire makin kekurangan waktu bermain di Old Trafford. Alhasil pemain kelahiran 1993 kemungkinan harus mencari klub baru jika ingin mendapatkan lagi menit bermain reguler.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya