Hasil Piala Presiden 2024 Borneo FC vs PSM Makassar: Drama Gol Menit Akhir Patahkan Asa Juku Eja ke Semifinal

PSM Makassar gagal menang atas Borneo FC dalam laga pemungkas grup A Piala Presiden 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Kamis (25/7/2024) sore WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 25 Jul 2024, 17:43 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 17:43 WIB
Borneo FC Samarinda melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024.
Borneo FC Samarinda sukses menahan imbang PSM Makassar di laga terakhir grup A Piala Presiden 2024 pada Kamis (25/7/2024). (Dok.Instagram Borneo FC).

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar gagal menang atas Borneo FC dalam laga pemungkas grup A Piala Presiden 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Kamis (25/7/2024) sore WIB.

Sempat memimpin cukup lama berkat gol Latyr Fall di babak pertama, harapan Juku Eja untuk membuka peluang melaju ke semifinal mendadak musnah usai Pesut Etam mencetak gol penyeimbang yang mengubah kedudukan menjadi 1-1 di menit-menit akhir lewat aksi Dika Kuswardani.

Berkat hasil ini, Borneo FC sukses mengukuhkan rekor tidak terkalahkan sepanjang fase penyisihan dan melaju ke empat besar dengan status juara grup. Sementara itu, skuad racikan Bernardo Tavares harus rela tersingkir dari kompetisi.

Menilik jalannya pertandingan, Borneo FC dan PSM Makassar diliputi kebuntuan pada awal babak pertama. Tak ada gol yang mampu diciptakan hingga pertandingan berjalan lebih dari 15 menit.

Gebrakan baru berhasil dibuat oleh Juku Eja pada menit 17. Diawali dengan kombinasi kerja sama para pemain, umpan dari Syahrul Lasinari langsung dituntaskan oleh Latyr Fall sehingga mengubah kedudukan sementara menjadi 0-1.

Borneo FC coba mengejar ketertinggalan setelahnya. Namun mereka nampak masih sulit melancarkan serangan ke kubu pertahanan Juku Eja.

Pesut Etam mendapat kesempatan terbaik lewat Dwiky Hardiansyah pada menit 30. Dia mengirim tembakan dari jarak ideal untuk membobol jaring PSM Makassar, tetapi si kulit bundar kirimannya msih bisa diamankan oleh kiper Hilman Syah.

Pesut Etam kembali memperoleh peluang emas di menit 38. Kali ini giliran Ronaldo Rodrigues yang coba menyundul bola, tetapi jaring Juku Eja masih selamat dari kebobolan berkat mistar gawang.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di pengujung babak pertama. Injury time 5 menit gagal dimaksimalkan oleh duo kesebelasan, sehingga skor 0-1 untuk keunggulan PSM Makassar bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Borneo FC vs PSM Makassar

Habibi Akbar Yusuf
Pemain Borneo FC, Habibi Akbar Yusuf, menggiring bola saat berhadapan dengan Persib Bandung pada lanjutan Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Soreang, Bandung, Senin (22/7/2024). (Bola.com/Nandang Permana)

Memasuki awal babak kedua, Borneo FC masih sulit mengejar ketertinggalan. Mereka berupaya mencari celah untuk menembus lini pertahanan PSM Makassar, tetapi tak kunjung berhasil pecah telur.

Malah Okello yang nyaris mencetak angka kedua bagi timnya usai lepas dari perangkap offside pada menit 52. Keuntungan bagi Pesut Etam lantaran eksekusi tersebut belum terlalu matang, sehingga masih bisa dihalau dan dipantulkan Angga Saputro.

Kebuntuan kembali menyelimuti kedua tim memasuki 20 menit akhir pertandingan waktu normal. Borneo mencoba menghadirkan gebrakan dengan memasukkan penggawa-penggawa penting mereka, tetapi belum membuahkan perubahan signifikan.

Wasit memberi tambahan waktu 6 menit di masa injury time. Periode tersebut akhirnya mampu dimanfaatkan oleh Juku Eja untuk mencetak angka penyeimbang lewat finishing tajam Dika Kuswardani.

Peluit panjang dibunyikan tak lama setelahnya. Borneo FC selamat dari kekalahan berkat hasil imbang 1-1 melawan PSM Makassar.


Susunan Pemain Borneo FC vs PSM Makassar

Borneo FC vs Madura United: Leg Kedua Semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024
Pemain Borneo FC, Muhammad Sihran menguasai bola saat menghadapi Madura United pada laga leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (19/5/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Borneo FC: Angga Saputro; Rahmad Dandy Sonriza, Diego Michiels, Ronaldo Rodrigues De Souza, Gavin Kwan Adsit; Christophe Nduwarugira; Muhammad Narendra Tegar Islami, Muhammad Dwiky Hardiansyah; Risman Ariyanto Maring, Habibi Jusuf, M. Sihran H. Amrullah

PSM Makassar: Hilman Syah; Victor Luiz, Yuran Fernandes Syahrul Lasinari, Aloisio Soares Neto, Abdul Rahman; Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Latyr Fall; Tito Okello, Nermin Haljeta

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya