Bursa Transfer Ditutup, Manchester United Berhasil Tendang Pemain Tak Berguna ke Klub Rival

Manchester United sukses menendang pemain tak berguna ke klub rival di detik-detik akhir bursa transfer musim panas 2024. Chelsea kabarnya setuju mengangkut Jadon Sancho sebagai pinjaman disertai kewajiban membeli pada tahun depan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 31 Agu 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 11:00 WIB
Manchester United
Manchester United konon berhasil mendepak pemain tak bergunanya, Jadon Sancho, ke klub rival mereka di Liga Inggris, Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer musim panas 2024 ditutup 30 Agustus untuk klub-klub Liga Inggris. Di detik-detin akhir, Manchester United akhirnya berhasil mendepak pemain tak bergunanya Jadon Sancho ke klub rival.

Laporan David Ornstein dari The Athletic—sebagaimana dilansir Football Transfers—mengungkap Chelsea telah mencapai persetujuan untuk mengangkut pesepak bola asal Inggris ke London Barat. 

Klub besutan Enzo Maresca konon bakal lebih dulu meminjam Sancho musim ini, disertai kewajiban untuk mempermanenkan eks bintang Borussia Dortmund pada musim panas tahun depan. 

Pakar transfer Fabrizio Romano mengeklaim kepindahan pemain buangan MU secara permanen akan menelan biaya di kisaran 30 juta euro. Angka tersebut menurun drastis dibanding banderol Sancho ketika pertama kali dibeli Setan Merah dari klub Bundesliga seharga kurang lebih 85 juta euro. 

Terlepas dari hal itu, kepergian Jadon Sancho membuat Manchester United mampu mengurangi beban surplusnya di awal kampanye 2024/2025. 

Winger berusia 24 tahun sudah tak terpakai dalam skuad racikan Erik ten Hag usai pernah terlibat perselisihan dengan sang pelatih dan berujung dipinjamkan ke klub lamanya Dortmund pada Januari. 

Ten Hag sendiri sebenarnya sempat mengintegrasikan Sancho ke skuad saat sesi pramusim. Pelatih Belanda juga mengaku sepakat untuk menyudahi persoalan di masa lampau dan memulai awal yang baru dengan anak asuhnya.

Akan tetapi, situasi itu rupanya tak menjamin nasib Jadon Sancho di Theatre of Dreams. Dia tak sekali pun ditampilkan dalam pertandingan Liga Inggris MU musim ini, sehingga praktis menyiratkan sang pemain tak punya masa depan lagi bersama Setan Merah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Diincar Juventus

Foto: 5 Pemain Manchester United yang Layak Dipertahankan Erik Ten Hag pada Musim Depan
Sempat kesulitan tampil maksimal di lini serang MU, Jadon Sancho mulai nyetel saat kehadiran Ralf Rangnick. Sejak bergabung pada musim panas tahun 2021, ia diketahui telah mencetak lima gol dan tiga assist dari 33 penampilan untuk Setan Merah. (AFP/Paul Ellis)

Sebelum diklaim mencapai kesepakatan dengan Chelsea, Jadon Sancho sejatinya juga sempat diincar oleh klub Serie A Juventus.

Si Nyonya Tua telah menggelar pembicaraan dengan Setan Merah terkait prospek kepindahan pemain Inggris dengan mekanisme pinjaman diikuti kewajiban pembelian pada akhir kontrak.

Hanya saja masalah finansial disebut menyulitkan Juventus untuk menuntaskan kesepakatan. Meski sudah menjual Federico Chiesa ke Liverpool, jurnalis Italia Gianluca Di Marzio mengeklaim Juve tetap tak mampu menyegel transfer untuk eks bintang Dortmund.


Diselamatkan Chelsea

Foto: Deretan Pemain dengan Upah Tertinggi di Liga Inggris pada 2022, Didominasi Pemain MU
Jadon Sancho - Pemain berusia 21 tahun itu belum juga menunjukkan kemampuan terbaiknya hingga saat ini di Manchester United. Meski begitu mantan bintang Bundesliga ini tetap menerima gaji sebesar 350 ribu pound sterling atau senilai Rp6,8 miliar per pekan. (AFP/Oli Scarff)

Alhasil, Manchester United cuma bisa berharap diselamatkan oleh Chelsea di detik-detik akhir bursa transfer musim panas. Klub rival MU memang sudah santer diklaim berminat menyewa jasa Jadon Sancho dengan melibatkan Raheem Sterling dalam skenario pertukaran.

Akan tetapi menurut Football Transfers, mantan penggawa Manchester City itu tak jadi diikutkan dalam kesepakatan sebab dia masih ingin menyelesaikan detail kontraknya bersama Chelsea. Manchester United juga tak lagi menganggap kepindahan itu menarik sebab mereka pada dasarnya cuma mau mengontrak Sterling jika mendapat harga super miring.

Alhasil Chelsea dan Manchester United hanya menjalin kesepakatan biasa soal perekrutan Jadon Sancho. Alih-alih pertukaran, pesepak bola Inggris akan pergi sepihak ke The Blues sebagai pinjaman, sebelum dibeli permanen oleh klub yang performanya nyaris kacau selama beberapa musim terakhir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya