Hasil Korea Open 2024: Jinakkan Wakil Tuan Rumah, Leo/Bagas Rengkuh Gelar Juara

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana berhasil merengkuh gelar juara ajang BWF Super 500 Korea Open 2024 setelah menaklukkan wakil tuan rumah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dengan rubber game 18-21, 21-9, dan 21-8.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 01 Sep 2024, 12:42 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 12:42 WIB
Korea Open 2024
Ganda putra Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana berhasil merengkuh gelar juara Korea Open 2024 setelah menjinakkan jagoan tuan rumah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dengan 18-21, 21-9, 21-8 pada Minggu (1/9/2024) siang WIB. (Dok. PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana berhasil merengkuh gelar juara ajang BWF Super 500 Korea Open 2024.

Kepastian ini didapat setelah duo yang baru dipasangkan itu menjinakkan wakil tuan rumah sekaligus unggulan pertama turnamen Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dalam pertarungan yang digelar di Mokpo Indoor Stadium, Mopo, Korea Selatan pada Minggu (1/9/2024) siang WIB.

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana menang rubber game dengan 18-21, 21-9, dan 21-8 setelah berduel selama 48 menit. Hasil ini sekaligus menandai peningkatan performa setelah keduanya terhenti di semifinal Japan Open 2024 pekan lalu.

Menanggapi kemenangan ini, Leo pun mengaku bersyukur lantaran bisa bermain dengan baik dan tampil sebagai juara untuk kali perdana dengan tandem baru.

Pebulu tangkis berusia 23 tahun mengaku ia dan pasangannya tak ingin terlalu lama larut dalam euforia kemenangan. Pasalnya, mereka harus segera fokus lagi mempersiapkan diri guna menghadapi turnamen di Hong Kong dan China.

"Alhamdulillah bisa bermain baik seperti yang diinginkan dan bisa tampil sebagai juara untuk kali pertama sebagai pasangan baru. Pekan lalu di Japan Open, kami tertahan di semifinal, dan di Korea Open kami juara," ucap Leo selepas kemenangannya atas Kang/Seo.

"Setelah ini, kami akan fokus lagi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya di Hong Kong dan China. Maklum, setelah turun podium kami tidak boleh berpikiran akan jadi juara terus," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puji Permainan Leo

Korea Open 2024
Sebelum menang di Korea Open 2024, Leo/Bagas sempat mengikuti ajang Japan Open 2024. Namun, kala itu, langkah mereka terhenti di babak semifinal. (Dok. PBSI)

Sementara itu, Bagas Maulana yang sebelumnya berpasangan dengan Muhammad Shohibul Fikri juga mengaku bersyukur atas gelar juara yang mereka peroleh.

Dia turut memuji permainan Leo yang begitu apik di area depan, sehingga bisa membantu mereka mencapai podium tertinggi, meski dalam perjalanannya Leo/Bagas harus memulangkan rekan sendiri, Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.

"Alhamdulillah, saya sangat senang bisa juara Korea Open. Akirnya kami bisa pecah telur setelah selama ini dijuluki manusia silver. Hari ini, akhirnya bisa jadi manusia emas. Saya sangat bersyukur bisa diberi kemenangan ini," ujar Bagas.

"Permainan Leo di area depan memang sangat bagus. Servisnya juga bagus sekali. Saya banyak dibantu. Saya bisa enak sekali bermain dari sektor belakang, karena dari permaina depan kami sudah unggul, kami bisa menyerang. Kondisi terseut membuat kami makin percaya diri di gim kedua dan ketiga (melawan pasangan Korea Selatan),: pungkas dia.


Jadwal dan Hasil Final Korea Open 2024

Korea Open 2024
Gelar juara Korea Open 2024 menjadi yang pertama buat Leo/Bagas sejak dipasangkan sebagai tandem. (Dok. PBSI)

Pertandingan ke-1: Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia) vs Guo Xin Wa/Li Qian (China); 17-21, 21-13, 21-13

Pertandingan ke-2: Kim Ga-eun (Korea Selatan) vs Wang Zhi Yi (China); walkover

Pertandingan ke-3: Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan); 18-21, 21-9, 21-8

Pertandingan ke-4: Lu Guang Zu (China) vs Chia Hao Lee (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-5: Tan Pearly/Thinaah Muralitharan (Malaysia) vs Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korea Selatan)

Catatan: pertandingan pertama dimulai pukul 09.05 WIB

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya