Rebut Podium Tertinggi di ARRC Sepang, Pembalap Astra Honda Berkuasa di Puncak Klasemen

Hasil gemilang diraih Herjun Atna Firdaus di kelas AP250. Herjun menjadi juara ARRC 2024 Sepang.

oleh Thomas diperbarui 14 Sep 2024, 19:39 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 19:39 WIB
Herjun menjadi juara ARRC 2024 Sepang.
Herjun menjadi juara ARRC 2024 Sepang.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Astra Honda lanjutkan tren podium di kelas Asia Production (AP) 250 race pertama putaran kelima Asia Road Racing Championship atau ARRC 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu, 14 September 2024.

Astra Honda Racing Team (AHRT) turun dengan kekuatan penuh di Sepang. Hasil gemilang diraih Herjun Atna Firdaus di kelas AP250. Herjun menjadi juara. Sedangkan M. Kiandra Ramadhipa harus puas finis di urutan lima.

Atas hasil ini pada kelas AP250, dalam klasemen pembalap Ramadhipa masih menduduki posisi puncak dengan 122 poin dan Herjun di posisi kedua dengan 119 poin.

Tampil perkasa di sesi kualifikasi yang berlangsung pada Sabtu Pagi (14/9), M. Kiandra Ramadhipa dan Herjun Atna Firdaus berhasil mengantongi posisi pertama dan kedua starting grid. Begitu lampu start menyala, Ramadhipa berhasil melakukan start yang mulus dengan memacu CBR250RR.

Pemuda asal Sleman, Yogyakarta ini pun langsung melesat meninggalkan rival-rivalnya dan memimpin balapan. Sementara Herjun terus membuntuti Ramadhipa dengan mengisi posisi ketiga.

Memasuki tiga lap terakhir, tekanan dari pembalap lain pun mulai gencar. Dengan aturan potongan rpm yang didapat keduanya, kedua pembalap muda Indonesia ini tetap berjibaku mempertahankan posisi podium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Herjun Menangi Persaingan Sengit

Aksi Herjun di Sirkuit Sepang
Aksi Herjun di Sirkuit Sepang pada ARRC 2024

Jelang finis, CBR250RR yang ditunggangi Herjun pun terus ditempel pembalap lain. Persaingan sengit pada balapan yang berlangsung 8 lap ini diakhiri dengan gemilang saat Herjun berhasil mengakuisisi posisi pertama pada tikungan akhir.

Hasil balapan pun menunjukan Herjun berhasil meraih podium tertinggi, terpaut 0,005 detik dari pembalap di belakangnya. Sementara Ramadhipa yang mengalami insiden senggolan di tikungan akhir, harus puas finis di posisi lima.

"Alhamdulillah saya berhasil meraih posisi 1 di race 1 hari ini. Sepanjang balap saya coba mengatur ritme agar tetap bisa bersama rombongan depan, hingga akhir di lap terakhir saya mampu memaksimalkan potensi CBR250RR untuk mengunci kemenangan di race 1 ini. Besok saya akan kembali berusaha untuk meraih kemenangan lagi untuk Indonesia," ujar Herjun seusai balapan.


Kelas Supersports 600

Sementara itu dikelas Supersports 600, AHRT yang turun dengan tiga pembalap turut memberikan suguhan balap yang menegangkan pada ARRC Sepang. Dari hasil sesi kualifikasi, M. Adenanta Putra mengisi posisi keempat pada starting grid, sementara Veda Ega Pratama di posisi ketujuh dan Rheza Danica Ahrens di posisi kesepuluh.

Berlangsung dalam 10 lap, Adenanta dan Veda berupaya untuk bersaing di grup depan. Petaka hampiri Adenanta saat bersaing di lap kedua, ia terjatuh akibat senggolan dengan pembalap lain namun masih dapat melanjutkan balap dan finish di posisi 11.

Veda yang terus berjuang memperebutkan posisi ketiga harus puas finis di posisi kelima, sementara Rheza yang terus berupaya bersaing di grup depan harus mengakhiri balapan di posisi ketujuh.

Pada kelas SS600, Adenanta mengisi posisi kedua dengan 121 poin, Rheza di posisi keenam dengan 77 poin dan Veda di posisi ketujuh dengan 73 poin.

"Mohon maaf saya belum bisa meraih podium di race 1 ini. Kesalahan yang saya lakukan akhirnya membuat saya harus jatuh. Namun, saya masih tetap berusaha hingga akhirnya finis di posisi 11. Di race 2 besok saya akan berusaha untuk meraih hasil yang lebih baik lagi. Mohon doa dan dukungannya," tutur Adenanta.

Balapan kedua seri kelima ARRC Sepang, Malaysia akan berlangsung Minggu (15/9/2024) pada pukul 13:30 WIB dan 14:20 WIB. Kedua balapan dapat disaksikan pada channel Youtube Asia Road Racing Championship.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya