3 Winger Termahal Sepanjang Masa: Termasuk Rekrutan Gagal Barcelona

Barcelona pernah menciptakan 2 dari 3 winger termahal beberapa tahun silam. Klub raksasa Catalan rela menggelontorkan dana jor-joran untuk mencari pengganti Neymar yang pindah ke PSG pada 2017.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Sep 2024, 00:04 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 00:04 WIB
Foto: 5 Pembelian Keliru yang Pernah Dilakukan Klub, termasuk Liverpool, sebagai Solusi akibat Menjual Pemain Bintangnya
Barcelona melepas Neymar ke PSG pada awal musim 2017/2018 dengan nilai transfer sebesar 222 juta euro. Selama 4 musim berseragam Blaugrana, ia total tampil dalam 186 laga di semua ajang dengan torehan 105 gol dan 76 assist. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona hingga kini menjadi salah satu klub populer di kancah sepak bola Eropa. Reputasinya sebagai tim papan atas terbangun berkat keberhasilan mereka mengoleksi total 27 gelar LaLiga sepanjang masa disertai 5 trofi Liga Champions.

Tak ayal nama Barca pun kerap menjadi magnet bagi kepindahan bintang-bintang papan atas Eropa. Sayangnya, tak semua pembelian Blaugrana berjalan sesuai rencana.

Klub yang kini kental dengan aroma krisis finansial itu punya beberapa kisah menggelontorkan dana besar-besaran demi merekrut penggawa incaran yang gagal menunjukkan performa terbaik di Camp Nou.

Beberapa dari antara rekrutan tak berhasil Barcelona menempati posisi winger di klub. Tim raksasa Catalan memang sempat jor-joran merogoh kocek demi menambal pos tersebut pasca kepergain Neymar Jr ke Paris Saint-Germain.

Ousmane Dembele jadi salah satu nama winger gagal yang pernah dimiliki Blaugrana. Meski secara skill mumpuni, dia kerap dilanda cedera, sehingga sulit menunjukkan performa terbaik di klub LaLiga.

Termasuk pembelian Dembele oleh Barcelona, berikut 3 winger dengan nilai transfer termahal sepanjang masa, sebagaimana dinukil dari Football Transfers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Neymar (Barcelona ke PSG - 222 Juta Euro)

Foto: Daftar 5 Pembelian Termahal Unai Emery Bersama Klub yang Pernah Dibesutnya, Termasuk Neymar yang Jadi Rekor Sejagat
Aston Villa baru saja mendapatkan Unai Emery sebagai pengganti Steven Gerrard yang dipecat. Unai Emery sendiri telah berpengalaman membesut beberapa klub besar Eropa, seperti PSG, Sevilla dan Arsenal. Beberapa pemain top dan mahal pun pernah didatangkannya, terutama saat bersama PSG dan Arsenal. Berikut daftar 5 pembelian termahal Unai Emery hingga kini. (AFP/Franck Fife)

Neymar sempat menjalani musim yang begitu gemilang bersama Barcelona. Pria asal Brasil memperkuat klub Catalan dari periode 2013 hingga 2017, dan berhasil membukukan total 105 gol disertai catatan 76 assists dalam 186 pertandingan di berbagai kompetisi.

Hanya saja terlepas dari catatan gemilangnya Neymar kal itu masih saja ada di balik bayang-bayang megabintang Argentina Lionel Messi. Alhasil, pesepak bola berusia 32 tahun memutuskan cabut dari Barca dan berlabuh di klub raksasa Prancis Paris Saint-Germain.

PSG sendiri rela membayar mahal demi menebus pemain yang tampil moncer bersama Barca. Les Parisiens menggelontorkan total 222 juta euro bagi Neymar, yang sekaligus menjadikan dia sebagai winger dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah.


2. Ousmane Dembele (Borussia Dortmund ke PSG - 135 Juta Euro)

Foto: Meski Relatif Muda, 5 Pesepak Bola yang sudah Dipercaya Menggunakan Jersey Bernomor Punggung 7, termasuk Youngster Arsenal
Ousmane Dembele. Striker berusia 24 tahun yang rentan cedera ini dipercaya mengenakan jersey nomor punggung 7 oleh Barcelona mulai musim 2021/2022 ini. Sebelumnya nomor tersebut adalah milik Antoine Griezmann yang musim ini dipinjamkan ke Atletico Madrid. (Foto: AFP/Cristina Quicler)

Ousmane Dembele merupakan pemain yang coba didatangkan Barcelona untuk menjadi pengganti Neymar. Klub Catalan rela merogoh kocek senilai total 135 juta euro (menurut situs Transfermarkt) demi megamankan jasanya dari Borussia Dortmund pada 2017.

Sayangnya, pembelian mahal Barca tak berjalan mulus sesuai harapan. Pesepak bola asal Prancis langsung mengalami cedera serius beberapa minggu setelah bergabung dengan klub.

Setelahnya, Deembele juga terus dikenal sebagai pemain rentan cedera, yang membuatnya sulit mengeluarkan penampilan terbaiknya di Camp Nou. Walau begitu, dia bertahan cukup lama dengan Barcelona, sebelum cabut ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2023.


3. Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona - 135 Juta Euro)

Foto: 5 Pemain yang Tampil Flop usai Didatangkan Barcelona dari Klub Liga Inggris, Bagaimana Nasib Andreas Christensen dan Raphinha?
Philippe Coutinho. Sayap kiri Brasil berusia 30 tahun ini baru saja dilepas permanen Barcelona ke Aston villa pada bursa transfer musim panas 2022/2023 usai berstatus pinjaman selama setengah musim. Selain pernah dipinjamkan ke Aston Villa, ia juga sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen selama 1 musim pada 2019/2020 akibat kesulitan beradaptasi usai didatangkan dari Liverpool pada tengah musim 2017/2018 dengan nilai transfer fantastis 135 juta euro. Bersama Barcelona, ia total tampil dalam 105 laga di semua ajang dengan torehan 24 gol dan 13 assist. (AFP/Lluis Gene)

Kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool menuju Barcelona terjadi hanya setengah musim setelah perekrutan Ousmane Dembele. Selain jadi amunisi tambahan untuk menambal kepergian Neymar, Football Transfers juga menyiratkan sang pemain hendak dijadikan pendamping Dembele yang rentan cedera di klub.

Usut punya usut, transfer Coutinho tersebut memakan total biaya 135 juta euro (menurut situs Transfermarkt). Akan tetapi, kepindahannya tetap tak lebih dari sekadar bencana, dengan dia berujung dipinjamkan ke Bayern Munchen pada Agustus 2019, sebelum akhirnya dijual murah meriah ke Aston Villa pada 2022 dengan harga cuma 20 juta euro.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya