Mbak Rara Tidak Dipakai di MotoGP Mandalika 2024

Mbak Rara tidak diperbantukan untuk mencegah hujan selama MotoGP Mandalika 2024.

oleh Thomas diperbarui 28 Sep 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 23:00 WIB
Aksi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika
Pawang hujan yang diketahui bernama Mbak Rara berkeliling melakukan ritual untuk mencegah hujan terjadi dengan berbagai sesajen di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Hujan membuat balapan MotoGP Mandalika ditunda. (Liputan6.com/Thomas)

Liputan6.com, Jakarta- Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka memastikan tidak memakai jasa pawang hujan Rara Istiati Wulandari atau biasa dikenal dengan panggilan Mbak Rara pada perhelatan MotoGP 2024 yang akan memainkan balapan puncaknya pada Minggu 29 September 2024.

Rangkaian MotoGP Mandalika 2024 sudah berlangsung sejak Kamis. Dari tiga hari awal ini cuaca di Sirkuit Mandalika panas terik. Namun ramalan cuaca memperkirakan adanya kemungkinan hujan akan turun pada balapan utama pada hari Minggu yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Cuaca hujan di Sirkuit Mandalika akan membuat pecinta balap dan masyarakat Indonesia terkenang situasi pada edisi pertama MotoGP di Mandalika tahun 2022 lalu. Saat itu nama Mbak Rara viral keseluruh dunia.

Hujan lebat disertai petir melanda di sekitar Sirkuit Mandalika tepat sesaat sebelum balapan utama MotoGP 2022 dimulai. Balapan pun harus ditunda. Saat semua cemas, tiba-tiba Mbak Rara berjalan ke arah paddock dan melakukan ritual agar hujan berhenti.

Aksi Mbak Rara ini disiarkan langsung oleh MotoGP ke seluruh dunia. Kameramen MotoGP terus mengikuti Mbak Rara melakukan ritual sembari berjalan di tengah hujan. Tak berselang lama hujan reda dan balapan bisa dilanjutkan.

Nama Mbak Rara pun mendunia sejak saat itu. Namun panitia MotoGP Indonesia 2024 tidak mau lagi memakai jasa Mbak Rara. Mereka menyerahkannya kepada Tuhan dan meminta masyarakat Indonesia mendoakan agar MotoGP Mandalika 2024 bisa berjalan lancar, aman dan tanpa hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pede Tak Pakai Jasa Mbak Rara

Aksi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika
Pawang hujan yang diketahui bernama Mbak Rara berkeliling melakukan ritual untuk mencegah hujan terjadi dengan berbagai sesajen di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Hujan membuat balapan MotoGP Mandalika ditunda. (Liputan6.com/Thomas)

"Tidak. Kita manusia berTuhan. Kita serahkan kepada Tuhan. Agaam kita boleh beda tapi kita punya Tuhan masing-masing. Kita minta untuk dibantu. Alhamdulillah rasanya bisa dibantu. Event-evet seperti ini dibantu. Rara tidak," tutur Troy kepada wartawan di Sirkuit Mandlaika, Sabtu (28/9/2024) sore.

"Kita percayakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan itu agar aman, lancar, dan cuacanya bersahabat. Tapi yang paling penting aman. Walau ada beberapa pembalap yang inginnya hujan. Karena jagoan becek," ujar Troy.


Mbak Rara Sudah Tidak Dipakai Sejak MotoGP 2023

MotoGP Mandalika memang sudah tidak memakai jasa Mbak Rara lagi sejak tahun 2023. Tapi saat itu Mbak Rara tetap hadir di Sirkuit Mandalika sebagai tamu undangan untuk menonton balapan dari salah satu perusahaan motor yang memiliki tim balap di MotoGP.

Saat itu Mbak Rara tidak beraksi menangkal hujan. Dia cuma memprediksi pemenang balapan MotoGP 2024. Prediksinya yang diungkap beberapa hari sebelum balapan tepat dimana Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya