Calvin Verdonk Bocorkan Cara Rayu Mees Hilgers agar Gabung Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk mengungkap strategi merayu Mees Hilgers agar bergabung dengan Timnas Indonesia.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 10 Okt 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 17:00 WIB
Calvin Verdonk
Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk menceritakan strateginya merayu Mees Hilgers agar bergabung dengan skuad Garuda dalam konferensi pers jelang laga melawan Bahrain pada Rabu (9/10/2024) malam WIB. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk rupanya punya andil penting di balik bergabungnya Mees Hilgers dengan skuad Garuda. Penggawa NEC Nijmegen itu terang-terangan mengaku dirinya pernah "merayu" Hilgers saat masih di FC Twente agar sama-sama memperkuat pasukan Merah Putih.

Sebagaimana diketahui, Calvin Verdonk merupakan pemain keturunan yang mengeklaim status Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi pada pertengahan tahun ini.

Dia mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (4/6/2024) malam WIB, dan langsung debut bersama Timnas Indonesia saat laga kontra Filipina dalam putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sepekan berselang.

Sejauh ini, Verdonk sudah menorehkan 3 caps untuk skuad Garuda di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dia bermain penuh waktu bagi Timnas Indonesia dalam dua laga perdana fase Grup C FIFA World Cup Qualifiers 2026 melawan Arab Saudi dan Australia.

Menariknya, kehadiran Calvin Verdonk tak semata-mata ditujukan untuk memperkuat skuad Garuda. Dia juga berperan menambah amunisi tim dengan menggaet mantan rekan seklubnya agar turut bergabung bersama Timnas Indonesia.

Mees Hilgers Tergoda Ajakan Verdonk

Mees Hilgers
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeklaim pihaknya bakal fokus pada pemulihan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang belum lama ini tiba di Bahrain usai melakukan perjalanan jauh dari Belanda. (Dok. PSSI)

Adalah Mees Hilgers yang tergoda dengan ajakan Calvin Verdonk untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Keduanya sempat bertemu di FC Twente ketika Verdonk menjalani masa pinjaman dari Feyenoord pada periode 2019 sampai 2020.

Hilgers, yang kala itu masih menjadi bagian dari tim kelompok umur Twente, memberi sambutan positif atas "rayuan" Verdonk. Dia pun akhirnya resmi menuntaskan proses naturalisasi usai mengambil sumpah bersama Eliano Reijnders di Brussel, Belgia pada 30 September 2024.

"Soal Mees, saya pernah main dengan dia di Twente. Kami memang bicara soal membela Timnas Indonesia," ungkap Verdonk dalam konferensi pers jelang duel Bahrain vs Timnas Indonesia, Rabu (9/10/2024) malam WIB.

"Saya hanya bertanya bagaimana kalau kita berdua main buat Timnas Indonesia dan dia setuju dengan saya. Makanya dia di sini sekarang, dan saya senang dengan keberadaannya di sini (di Timnas Indonesia)," tambah dia.

Potensi Debut Mees Hilgers

Foto: Pemain Abroad Sudah Bergabung dengan Timnas Indonesia Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2025, Maarten Paes Masih OTW ke Bahrain
Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Asnawi Mangkualam (kiri ke kanan) mengikuti latihan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2025 melawan Bahrain di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Senin (07/10). (Dok. PSSI)

Adapun Mees Hilgers berpotensi debut saat Timnas Indonesia menantang Bahrain dalam fase grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia bersama Eliano Reijnders dipanggil untuk pertama kalinya oleh Shin Tae-yong dan langsung melakukan perjalanan panjang dari klub masing-masing di Belanda menuju Bahrain.

Juru taktik Timnas Indonesia sebelumnya memaparkan pihaknya masih fokus melakukan pemulihan pada duo penggawa. Walau demikian, STY berharap Mees dan Eliano bisa fit untuk duel kontra Bahrain.

"Mees Hilgers (dan Eliano Reijnders) datang kemarin, mereka melakukan perjalanan jauh dan lama, jadi fokusnya memang ke pemulihan saja," ucap Shin Tae-yong saat dalam sesi latihan di Hamad Town Youth & Sports Ground, Selasa (8/10/2024) malam waktu setempat.

"Harapan saya, (mereka) harus bagus (kondisinya) dalam tim," sambung pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya