Siapa sih, Duo Pemilik Inter Selain Erick Thohir? Ini Jawabannya

Mereka cukup dikenal di dunia bisnis tapi masih belum cukup terkenal di dunia olahraga Indonesia yaitu Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo.

oleh jeffrey diperbarui 17 Okt 2013, 13:07 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2013, 13:07 WIB
2-penguasa-131017b.jpg

Klub sepak bola Italia, Inter Milan, menjadi klub Eropa terbaru yang diambil alih oleh investor asing. Tiga pengusaha asal Indonesia yang dipimpin oleh pengusaha media Erick Thohir resmi membeli 70% saham di klub tersebut.

Klub tersebut tidak mengungkap nilai pembelian saham tersebut, tetapi beberapa laporan memperkirakan jumlahnya mencapai 250 juta hingga 300 juta euro atau sekitar Rp 3,8 triliun hingga Rp 4,5 triliun.

Setelah resmi memiliki Inter, banyak orang bertanya siapakah sosok dua rekan bisnis Erick dalam usahanya mendapatkan Inter? Dua partner itu adalah Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo.

Mereka cukup dikenal di dunia bisnis tapi masih belum cukup terkenal di dunia olahraga Indonesia khususnya sepakbola. Jadi siapakah mereka? Inilah jawaban dua sosok pengusaha asal Indonesia seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2013):

1. Rosan Roeslani

Bicara soal bisnis tak bisa lepas dari sosok Rosan Perkasa Roeslani, Presiden Direktur dan Direktur dari PT. Berau Coal Energy Tbk. Tak ada niat untuk menekuni bidang ini, dia sendiri menyebutnya sebagai kecelakaan.

Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993. Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

Di sana, dia bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang finance, mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia.

Mulanya banyak mencibir usahanya, namun mereka tetap berusaha meyakinkan akan membuat financial restructure. Apalagi pada pertengahan 1997, boleh dibilang hampir semua perusahaan di Indonesia butuh restrukturisasi.

Rosan Roeslani aktif juga di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjabat sebagai Wakil Ketua, Perbankan dan Keuangan. Rosan menjabat sebagai Komisaris PT. Mahaka Media Tbk sejak tahun 2008.

Saat ini, dia masih aktif sebagai President Director Recapital Advisor serta Dewan Komisaris PT Lativi Mediakarya (TV One). Dia juga mitra Thohir dalam pembelian klub DC United di MLS.

2. Handy Soetedjo

Pengusaha Indonesia yang berinvestasi di sektor batu bara, minyak dan gas serta real estate dan berbagai perusahaan media. Handy juga mitra bisnis dari Thohir di Mahaka Group.

Handy Soetedjo adalah lulusan MBA dari the Katz Graduate School of Business di University of Pittsburgh. Dia pun ikut terlibat dalam pembelian Philadelphia 76ers dari NBA pada tahun 2011.

Sosoknya simpel, kalem, namun teliti. Cocok dengan latar belakang pendidikan finance di University of Pittsburgh Katz Graduate School of Business, AS. Handy Purnomo Soetedjo, bersama dengan Erick Thohir, adalah part owner klub NBA Philadelphia 76ers, yang sedang merajai divisi Atlantik musim 2011/12.

Tiga pengusaha asal Indonesia yang dipimpin oleh pengusaha media Erick Thohir resmi membeli 70% saham di klub tersebut.


Baca juga:

1. Zanetti Tak Akui Erick Thohir Sebagai Presiden Inter
2. Erick Thohir Akan Beli Pemain Berdarah Indonesia, Siapa?
3. Januzaj Geram Atas Ucapan Pelatih Timnas Belgia
4. Ini Dia Kandidat Pengganti RD di Arema
5. Guardiola Minta Pemain Muenchen Terima Idenya
(Def)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya