Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Nama Inul Daratista di Facebook

Waspada akun palsu mencatut nama Inul Daratista membagi-bagikan hadiah di Facebook.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Sep 2020, 14:30 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2020, 14:30 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Inul Bagi-bagi Hadiah di Facebook
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Inul Bagi-bagi Hadiah di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan akun Facebook mengatasnamakan Inul Daratista bernama Inul Da yang tengah membagikan hadiah pada Jumat 4 Agustus 2020.

Dalam unggahannya Facebook Inul Da memasang foto Inul Daratitsta. Akun itu juga menyertakan tata cara bagi warganet yang ingin mendapatkan hadiah.

Syaratnya peserta wajib untuk mengikuti dua akun lain di Facebook dan mengunduh aplikasi kemudian memasukkan kode yang tertera di halaman Facebook:

"Yang belum dapet hadiah

SPAM P 50X

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/good.gaming.714

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/sapar.zack.10

Ambil hadiah nya Di sinihttps://www.facebook.com/100009616088328/posts/2645224439141400/?app=fbl

WAJIB ADD FB DI ATASTIDAK ADD FB KAMI ANGGAP GUGUR," tulis akun Facebook Inul Da.

Konten yang disebarkan akun Facebook Inul Da telah 1 kali dibagikan dan mendapat 889 komentar warganet.

 

 


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Inul Daratis membagi-bagikan hadiah lewat akun Facebook Inul Da. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Inul Daratista.

Inul mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membagi-bagikan hadiah lewat akun Facebook. Menurut Inul, pihaknya tidak punya akun Facebook apalagi menggunakan akun Facebook untuk bagi-bagi hadiah.

"Management Inul dan bu Inul tidak main Facebook dan tidak buat giveaway,” kata Inul saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (9/4/2020).

 

 


Kesimpulan

Klaim Inul Daratista membagi-bagikan hadiah lewat akun Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Inul tidak punya akun Facebook dan diduga bagi-bagi hadiah mencatut nama Inul merupakan modus penipuan.

 

(Indah Suci Safitri)

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya