Cek Fakta: Hoaks Layanan Gratis dari Netflix Selama Pandemi Covid-19

Pesan itu mengklaim adanya layanan gratis dari Netflix selama pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 08 Des 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 08 Des 2020, 15:00 WIB
Hoaks Layanan Gratis dari Netflix Selama Pandemi Covid-19
Hoaks Layanan Gratis dari Netflix Selama Pandemi Covid-19. (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesan berantai beredar di Facebook hingga WhatsApp. Pesan itu mengklaim adanya layanan gratis dari Netflix selama pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung.

Salah satu akun Facebook atas nama Richard Nield membagikan tangkapan layar berupa pesan yang mengklaim adanya layanan gratis dari Netflix selama pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung.

Begini narasinya:

"Due to the CoronaVirus pandemic worldwide, Netflix is ​giving some free pass for their platform during the period of isolation. Run on the site cause it will end quick!"

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Karena pandemi CoronaVirus yang terjadi, Netflix memberikan akses langganan gratis selama masa isolasi. Segera kunjungi situs di bawah ini sebelum kehabisan!"

Pesan berantai itu juga membagikan sebuah link, yakni: "https:// netflix-usa. net/? free-isolation-period".

Lalu, benarkah klaim itu berasal dari Netfilx yang disebut gratis selama pandemi covid-19 masih berlangsung?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya dengan menggunakan Google Search. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Snopes dengan artikel berjudul: "Is Netflix Giving Away Free 1-Year Subscriptions Due to COVID-19?".

Dalam artikel yang dipublikasikan oleh Snopes pada 6 Desember 2020, Netflix tidak membuat penawaran seperti yang diklaim. Faktanya, pada Oktober 2020, Netflix sudah tidak menawarkan layanan gratis untuk calon pelanggan mereka.

Situs Snopes juga menjelaskan, dalam penipuan terkait Netflix lainnya, beberapa masyarakat melaporkan menerima email dan pesan teks dari penipu yang menyamar sebagai perwakilan Netflix, memberi tahu mereka bahwa mereka perlu memperbarui akun mereka.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs resmi Netflix. Disebutkan kalau mereka sering dicatut oleh para pelaku phishing. Netflix pun membagikan beberapa cara mudah mengenali pesan yang dikirimkan secara resmi dari mereka atau yang palsu.

"Kami tidak pernah meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi dalam teks atau email. Ini termasuk nomor kartu kredit, nomor rekening bank, hingga kata sandi Netflix," begitu bunyi pernyataan resmi perusahaan.

"Kami juga tidak akan pernah meminta pembayaran melalui vendor atau situs web pihak ketiga. Jika teks atau email tertaut ke URL yang tidak Anda kenali, jangan ketuk atau klik. Jika Anda sudah melakukannya, jangan masukkan informasi apa pun di situs web yang dibuka," Netflix menegaskan.

 


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim aadanya layanan gratis dari Netflix selama pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung adalah informasi hoaks.

Faktanya, sejak Oktober 2020, Netflix sudah meniadakan layanan gratis kepada calon pelanggan mereka.

 


Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya